x

Liga Inggris: 3 Alasan Tak Terbantahkan Bukayo Saka Layak Jadi Bintangnya Arsenal vs Everton

Kamis, 2 Maret 2023 09:53 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Bukayo Saka jadi aset berharga bagi Arsenal. Foto: David Price/Arsenal FC via Getty Images.

INDOSPORT.COM - Bukayo Saka jadi salah satu pemain yang layak disorot di pertandingan Liga Inggris (Premier League) Arsenal vs Everton, Kamis (02/03/23) dini hari WIB.

Duel The Gunners menghadapi The Toffees ini digelar di Emirates Stadium dan berakhir dengan skor 4-0 untuk kemenangan tuan rumah.

Berkat hasil ini, Arsenal yang sudah melengkapi 25 matchday-nya masih betah bertengger di puncak klasemen Liga Inggris dengan raihan 60 poin, disusul Manchester City di tempat kedua.

Dengan jumlah pertandingan yang sama, tim asuhan Pep Guardiola menempel lumayan ketat dengan 55 poin dan siap melakukan kudeta kapan saja.

Meski begitu, Arsenal nampaknya tidak perlu khawatir karena selisih poin tersebut masih bisa mereka pertahankan asal terus bermain konsisten.

Baca Juga

Bukan hal yang mudah memang, namun Mikel Arteta punya senjata-senjata ampuh nan berharga yang bisa ia andalkan seperti Bukayo Saka misalnya.

Pemain yang satu ini merupakan jebolan akademi Arsenal yang mentas ke tim utama pada 2018 lalu. Sejak saat itu, ia pun terus berkembang ke arah yang lebih baik.

Baca Juga

Usianya pun masih sangat muda, 21 tahun, yang tentu saja menjadi keuntungan tersendiri bagi The Gunners. Mereka bisa menyimpannya sebagai aset masa depan.

Sempat beberapa kali mencuri perhatian bersama skuad Mikel Arteta di sejumlah pertandingan, kini Bukayo Saka pun bersinar di partai Arsenal vs Everton.

Bahkan, rasa-rasanya tidak berlebihan apabila menyebutnya sebagai salah satu highlight utama di balik kesuksesan Arsenal menang dengan skor besar semalam.

Baca Juga

1. Ikut Andil Cetak Gol

Bukayo Saka jadi aset berharga bagi Arsenal. Foto: Reuters/Peter Cziborra.

Mencatatkan nama di papan skor adalah cara paling mudah bagi seorang pemain untuk menjadikan dirinya bintang dalam sebuah pertandingan sepak bola.

Begitu pula Bukayo Saka yang turut menyumbang gol di pertandingan Arsenal vs Everton. Ia berhasil membuka keunggulan tim di babak pertama.

Berbekal assist dari Oleksandr Zinchenko, ia kemudian melepas tembakan dari sudut sempit yang tidak mampu dihalau kiper Everton, Jordan Pickford.

Gol indah yang spektakuler dari kaki kanannya itu pun langsung menarik perhatian banyak penikmat Liga Inggris dan para warganet jagat maya.

Bahkan, Mikel Arteta pun sangat mengapresiasi kontribusi salah satu anak asuhnya tersebut. Bahkan, ia menyebut gol Bukayo Saka berhasil membuka permainan Arsenal.

Baca Juga

“Saat kami mencetak gol pertama, permainan pun dimulai. Kami butuh momen penting dan Bukayo menciptakannya,” ucap Mikel Arteta dikutip dari Mirror.

“Setelah itu, kami berkembang dan layak memenangkan pertandingan,” tambahnya lagi terkait hasil akhir Arsenal vs Everton dengan skor 4-0.

Baca Juga

Bukayo Saka kini telah mencatatkan 10 gol di Liga Inggris 2022-2023. Jumlah ini sama banyak dengan Rodrigo (Leeds) dan Miguel Almiron (Newcastle United).

Hanya saja, Bukayo Saka masih harus bersaing dengan rekan setimnya, Gabriel Martinelli, yang saat ini masih jadi top skor Arsenal di liga.

Gabriel Martinelli telah menorehkan 11 gol di Liga Inggris, yang dua di antaranya juga ia cetak di laga Arsenal vs Everton semalam. 

Baca Juga

2. Alasan-Alasan Lainnya

Bukayo Saka jadi aset berharga bagi Arsenal. Foto: Reuters/Peter Cziborra.

Catat Sejarah

Gol Bukayo Saka di pertandingan Arsenal vs Everton tadi tidak hanya membantu timnya meraih poin penuh, tetapi juga sangat berharga bagi sang pemain.

Pasalnya, ia menyodok masuk ke daftar pemain termuda Liga Inggris yang telah mencetak 50 gol plus assist di Premier League.

Berdasarkan catatan Opta Joe, Bukayo Saka berhasil menyusul nama-nama besar seperti Chris Sutton, Michael Own, Robbie Fowler, dan Wayne Rooney.

Selain itu, seniornya di Arsenal, Cesc Fabregas juga berada di daftar ini. Tidak ayal, Bukayo Saka pun menjadi aset berharga yang harus dipertahankan.

Bukayo Saka telah mencatatkan 27 gol dan 25 assist di Liga Inggris. Jumlah tersebut, sudah termasuk satu gol dan satu assist-nya di laga Arsenal vs Everton.

Sejarah Lainnya

Bukan hanya menjadi salah satu pemain termuda di Liga Inggris yang sudah menembus 50 gol plus assist, Bukayo Saka juga mencetak sejarah lainnya.

Gelandang Timnas Inggris ini menjadi salah satu pencetak gol terbanyak dari lima liga top Eropa, yang berusia 21 tahun ke bawah.

Masih dari catatan Opta Joe, Bukayo Saka yang mencetak 10 gol, berada di empat besar pemain U-21 dengan gol terbanyak dari lima liga besar Benua Biru.

Ada pula bintang Bayern Munchen, Jamal Musiala (11 gol), serta dua pemain lain yang uniknya juga berasal dari Arsenal: Gabriel Martinelli (11 gol) dan Folarin Balogun (15).

Meski begitu, 15 gol Folarin Balogun tersebut dicetak di Ligue 1 Liga Prancis, di mana ia bermain untuk Stade Reims sebagai pinjaman dari Arsenal.

Sumber: mirror.co.uk, premierleague.com, opta joe

ArsenalEvertonLiga Primer InggrisLiga InggrisBerita Liga InggrisBukayo Saka

Berita Terkini