x

3 Fakta dan Rekor Usai Big Match Liga 1 PSM vs Persis: Juku Eja Terlalu Perkasa!

Minggu, 5 Maret 2023 18:25 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Sederet fakta serta catatan menarik terjadi pasca pertandingan sengit Liga 1 antara PSM Makassar vs Persis Solo, Minggu (05/03/23) sore WIB.

INDOSPORT.COM – Sederet fakta serta catatan menarik terjadi pasca pertandingan sengit Liga 1 antara PSM Makassar vs Persis Solo, Minggu (05/03/23) sore WIB.

Bertanding di Stadion B.J.Habibie, Parepare dalam lanjutan pekan ke-28 Liga 1 22/23, tim tuan rumah PSM sukses raih poin penuh usai mengalahkan Persis dengan skor 3-2.

Tampil di hadapan pendukung sendiri, PSM sempat dikejutkan oleh gol Persis yang dicetak oleh Ryo Matsumura pada menit ke-32’ setelah memanfaatkan umpan Irfan Bachdim.

PSM yang tertinggal lebih dulu, langsung menaikkan tensi permainan namun skor 0-1 tetap berubah dan bertahan hingga babak pertama berakhir.

Di babak kedua, barulah serangan bertubi-tubi PSM membuahkan hasil setelah Yakob Sayuri mencetak gol penyama kedudukan menit 62’.

Baca Juga

Akan tetapi tiga menit berselang, Persis kembali membuat para pendukung PSM terdiam usai berbalik unggul lewat sontekan Fernando Rodriguez.

Tak patah semangat, magis Stadion B.J.Habibie terlihat setelah PSM berhasil membalikkan kedudukan lewat gol Wiljan Pluim dan Everton dalam tempo 15 menit.

Baca Juga

Berawal dari gol penyama kedudukan oleh sundulan Wiljan Pluim menit 69’, hingga akhirnya Everton membuat PSM unggul 3-2 melalui golnya menit 77’.

Hingga peluit panjang berbunyi, tak laga lagi gol tambahan tercipta dan membuat PSM sukses raih kemenangan pada pekan ke-28 Liga 1 sore ini.

Dengan raihan poin penuh atas Persis, membuat PSM kian kokoh di puncak klasemen usai mengumpulkan 62 poin. Mereka unggul 10 angka dari Persib yang jadi pesaing terdekat.

Pasca duel PSM vs Persis, terdapat sejumlah catatan serta rekor menarik yang tercipta terutama dari kubu Juku Eja. Lantas apa sajakah itu? Berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas:

Baca Juga

1. Kemenangan Beruntun Terbanyak

Pertandingan Liga 1 antara PSM Makassar vs Dewa United di Stadion Gelora B.J. Habibie (Lompoe), Rabu (01/03/23). (Foto: Dewa United)

Catatan pertama adalah jumlah kemenangan beruntun yang telah ditorehkan PSM Makassar sepanjang gelaran Liga 1 musim ini.

Tercatat, tambahan satu kemenangan atas Persis sore tadi membuat skuad asuhan Bernardo Tavares tersebut sudah torehkan 8 laga tak terkalahkan beruntun.

Raihan itu membuat PSM jadi satu-satunya klub di Liga 1 sejauh ini, yang berhasil menang beruntun terpanjang.

Selain PSM, klub dengan kemenangan terbanyak beruntun adalah Persib yang sukses raih 6 kemenangan sejak pekan 8 hingga 13.

Rekor kemenangan beruntun PSM dimulai saat Juku Eja mengalahkan RANS FC pada pekan 21. Setelah itu, 7 pertandingan setelahnya PSM selalu kembali raih kemenangan termasuk saat menghadapi Arema, Persib dan Persebaya.

Baca Juga

Rekor Stadion B.J.Habibie
Catatan berikutnya adalah, rekor laga PSM saat bertanding di Stadion B.J.Habibie sepanjang Liga 1 musim ini.

Dengan kemenangan atas Persis, membuat PSM sudah melakoni 15 pertandingan kandang dan sejauh ini baru telan satu kekalahan.

Baca Juga

Hebatnya lagi, Stadion B.J.Habibie berhasil memberikan 13 kemenangan buat PSM dan membantu Juku Eja menghasilkan 37 gol ke gawang lawan.

Melansir dari data Transfermarkt, diketahui bahwa PSM adalah tim dengan tingkat kemenangan terbanyak di Liga 1 musim ini, yakni sebanyak 13 kali dari 15 laga.

PSM hanya kalah dari Persija Jakarta, sebagai tim yang sejauh ini belum pernah rasakan kekalahan saat melakoni partai kandang.

Namun, skuad Macan Kemayoran cuma bisa meraih 11 kemenangan dari 14 partai kandang mereka musim ini.

Baca Juga

2. PSM Si Raja Epic Comeback

Pertandingan Liga 1 antara Arema FC vs PSM Makassar di Stadion PTIK, Jakarta, Sabtu (03/02/23).

Catatan terakhir adalah rekor PSM Makassar yang selalu sukses raih kemenangan meski sempat tertinggal lebih dulu dari tim lawan.

Seperti diketahui, pada laga menghadapi Persis tadi PSM tertinggal lebih dulu lewat gol Ryo Matsumura, namun Juku Eja berhasil comeback hingga akhirnya menang 3-2.

Melansir dari laman Transfermarkt, diketahui bahwa sepanjang musim 22/23 ini PSM sudah lima kali raih kemenangan dengan cara epic comeback.

Deretan kemenangan epic comeback yang ditorehkan PSM di Liga 1 musim ini diantaranya adalah, menang kontra Persib (1-2), Barito Putera (4-1), Rans FC (3-1 dan 1-2) serta Persis Solo (3-2).

PSM MakassarPersis SoloLiga 1

Berita Terkini