x

Hadapi PSIS Semarang, Eks Pelatih Persipura Bisa Jadi Caretaker Madura United

Senin, 6 Maret 2023 19:55 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Subhan Wirawan
Photo: Mantan pelatih Madura United, Fabio Araujo Lefundes. Skuad Madura United dipastikan dipimpin pelatih caretaker saat menantang PSIS, Selasa (07/03/23).

INDOSPORT.COM - Madura United dipastikan dipimpin pelatih caretaker saat menantang PSIS Semarang pada jadwal pekan ke-29 Liga 1 di Stadion Jatidiri, Selasa (07/03/23).

Situasi itu terjadi menyusul penghentian kerja sama antara klub dengan julukan Laskar Sape Kerrab terhadap Fabio Araujo Lefundes.

Ya, Madura United telah mengumumkan perpisahan dengan pelatih kebangsaan Brasil berusia 50 tahun itu sejak Sabtu (04/03/23) kemarin.

Penghentian kerjasama kontrak antara kedua pihak terjadi satu hari selepas Madura United dikalahkan Borneo FC 0-1 pada Jumat (03/03/23).

Sementara Slamet Nur Cahyo dkk sudah harus melanjutkan perjalanan di Liga 1 melawan PSIS Semarang pada pekan ke-29.

Baca Juga

Dan disisi lain, klub juga belum membuat pengumuman perihal siapa sosok pelatih yang sementara menggantikan Fabio Lefundes nanti.

"Sampai saat ini, manajemen belum menunjuk siapa pelatih caretaker (sementara)," ucap Media Officer Madura United, Ferdiansyah Alifurrahman kepada Indosport, Senin (06/03/23).

Baca Juga

Sementara untuk gambaran siapa pelatih baru yang akan ditunjuk Madura United, tentu saja masih gelap.

Klub tampaknya bersikap hati-hati dalam memilih siapa saja nama yang masuk ke dalam list untuk menempati posisi head coach baru.

"Sepertinya masih dievaluasi menunggu pertandingan (melawan PSIS Semarang) besok," Ferdi menambahkan.

Baca Juga

1. Mengarah ke Oswaldo Lessa

Eks Pelatih Persipura, Oswaldo Lessa.

Kendati masih belum mengumumkan, namun hampir pasti Madura United akan dipimpin Oswaldo Lessa Filho sebagai pelatih caretaker.

Pasalnya, pelatih yang juga berkebangsaan Brasil itu sebelumnya berpengalaman dalam memimpin sejumlah klub di tanah air.

Pihak klub juga menampik terhadap kemungkinan ini. Yang pasti, kendali kepelatihan untuk sementara dipimpin para asisten Fabio Lefundes.

"Kalau di pendaftaran, dia (Oswaldo Lessa) sebagai pelatih fisik. Tapi bisa jadi (pelatih caretaker)," Media Officer Madura United, Ferdiansyah Alifurrahman membeberkan.

Oswaldo Lessa terbilang lama berkarir di sepak bola Indonesia, mulai saat menjabat sebagai pelatih fisik Persipura Jayapura pada 2009.

Baca Juga

Dia kemudian ditunjuk sebagai pelatih kepala atau head coach pada musim 2015 karena memegang lisensi kepelatihan Conmebol A.

Pindah dari Persipura, Oswaldo Lessa bergabung ke Madura United sebagai asisten pelatih dari Gomes de Oliviera pada 2016.

Baca Juga

Sedangkan jabatan sebagai head coach kembali diembannya saat hijrah ke Sriwijaya FC pada musim pertama era Liga 1 2017 lalu.

Pelatih berusia 56 tahun itu sempat kembali ke Persipura pada 2018-2019 sebagai asisten pelatih dan berlanjut ke Persija Jakarta pada 2020.

Fabio Lefundes yang ditunjuk Madura United sebagai head coach, lantas membawanya kembali sebagai asisten sejak November 2021.

Baca Juga
PSIS SemarangOsvaldo LessaMadura United FCLiga IndonesiaLiga 1Fabio Araujo Lefundes

Berita Terkini