x

Menilik Perbandingan Ranking FIFA Burundi dan Timnas Indonesia, Siapa Tertinggi?

Sabtu, 11 Maret 2023 21:51 WIB
Penulis: Miftahul Huda | Editor: Isman Fadil
Selebrasi pemain Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan usai mencetak ke gawang Vietnam di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

INDOSPORT.COM - Perbandingan ranking FIFA Burundi dan Timnas Indonesia menarik untuk diulas. Pasalnya keduanya dijadwalkan bertemu dalam laga bertajuk FIFA Matchday Maret ini.

Timnas Indonesia akan berhadapan dengan salah satu negara asal benua Afrika, Burundi pada FIFA Matchday bulan Maret 2023.

Kedua kubu akan bentrok sebanyak dua kali pada 25 dan 28 Maret 2023 mendatang. Dua laga FIFA Matchday tersebut digelar di Indonesia.

Namun untuk venuenya, Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) belum menentukan secara resmi.

"Timnas Indonesia akan melawan Burundi dan mereka sudah siap datang ke Indonesia," kata Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, dikutip dari laman resmi PSSI, Sabtu (11/3/23).

Baca Juga

Tahun lalu, Timnas Indonesia juga melakoni dua laga FIFA Matchday. Skuad Garuda sukses menang atas Curacao dengan skor 3-2, (24/9/22) dan skor 2-1, (27/9/22).

Edisi kali ini, skuad Garuda bakal melanjutkan kiprahnya di FIFA Matchday dengan menjamu Burundi. Tentunya, laga ini sangat penting kedua tim untuk meningkatkan ranking FIFA masing-masing.

Baca Juga

Lantas saat ini tim mana yang memiliki peringkat lebih tinggi di FIFA? Berikut ulasan lengkapnya.

Secara peringkat, Burundi tidak terlalu berbeda dengan Indonesia. Dalam rilis terbaru FIFA, Burundi berada di rangking 141 dunia dengan torehan 1.075.27 poin.

Sedangkan Timnas Indonesia berada sepuluh tingkat di bawah Burundi dalam ranking FIFA saat ini. Tim Garuda ini masih berkutat di posisi ke-151 dunia dengan 1.0333.9 poin.

Baca Juga

1. Rekor Kedua Tim

Skuat Timnas Burundi. (Foto: Instagram@ffburundi)

Prestasi terbaik Burundi di ranking FIFA terjadi pada Agustus 1993, di mana kala itu mereka berhasil menduduki posisi ke-96 dunia.

Adapun rekor terbaik Timnas Indonesia juga tak kalah mengesankan. Skuad Garuda pernah bertengger di peringkat 76 ranking FIFA pada September 1998.

Untuk prestasi terendah, Burundi sempat terperosok ke posisi 160 dunia di tahun 1998, dan Timnas Indonesia menduduki 191 dunia pada tahun 2016.

Meski termasuk negara termiskin, Burundi rupanya memiliki sejumlah pemain bintang yang berkarier di liga top Eropa.

Kini yang paling menjadi sorotan adalah sosok Youssouf Ndayishimiye yang memperkuat klub OGC Nice Ligue 1 Prancis.

Baca Juga

Youssouf bergabung dengan OGC Nice pada bursa transfer Januari 2023 kemarin. Walaupun terbilang baru, ia sudah menjadi salah satu pemain kunci di klubnya.

Ia bermain sebagai bek tengah dan gelandang bertahan. Jika berhadapan dengan Timnas Indonesia, otomatis Marc Klok cs harus memutar otak untuk melewati bek tangguh ini.

Baca Juga

Menilik klasemen Ligue 1, OGC Nice juga buka tim papan bawah, mereka berada di peringkat ke-7 dengan torehan 42 poin.

Lebih lanjut, OGC Nice memiliki rekor dalam lima laga terakhir belum menuai kekalahan.

Hal ini bisa menjadi bukti kuat, bahwa siapapun yang bermain di OGC Nice adalah pemain hebat.

Baca Juga
FIFATimnas IndonesiaBola InternasionalBurundiBerita Timnas Indonesia

Berita Terkini