x

Timnas Indonesia vs Burundi, Ajang Bagi Sandy Walsh dan Saido Berahino si Wonderkid 'Gagal' Bereuni

Sabtu, 11 Maret 2023 20:57 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Dua partai timnas Indonesia vs Burundi di akhir Maret 2023 ini tidak cuma jadi ajang uji coba kedua tim namun juga reuni bagi Sandy Walsh dan Saido Berahino. (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Dua partai timnas Indonesia vs Burundi di akhir Maret 2023 ini tidak cuma jadi ajang uji coba kedua tim namun juga reuni bagi Sandy Walsh dan Saido Berahino.

Mungkin tidak banya yang tahu dan sadar, namun mereka memang sempat bermain untuk klub sama di Belgia yakni Zulte Waregem selama semusim.

2019/2020 adalah musim dimana Walsh dan Berahino bahu membahu dalam balutan kostum Zulte yang berkompetisi di kasta teratas negeri coklat.

Berahino yang kini menjabat sebagai kapten sangara Burundi datang sebagai rekrutan free agent di awal musim usai kontraknya bersama Stoke City habis.

Sang penyerang tengah direkrut Zulte yang melakukan perombakan lini depan besar-besaran. Pelatih Francky Duri menyambut setidaknya enam stiker baru di musim itu baik dengan kontrak permanen maupun pinjaman.

Baca Juga

Dengan pengalamannya di Liga Inggris dan reputasi sebagai mantan wonderkid, diharapkan Berahino dapat mengangkat performa Zulte Waregem secara masif.

Sedangkan Walsh sudah lebih dulu di Elindus Arena. Tepatnya di musim panas 2017 ketika sang bek sayap kelahiran Belgia, berdarah Belanda, dan kini berpaspor Indonesia itu datang sebagai free agent pula usai dilepas Genk.

Baca Juga

Usia Sandy Walsh dan Saido Berahino hanya terpaut setahun saja namun status keduanya di starting XI Zulte cukup timpang. Sang pemain naturalisasi timnas Indonesia kala itu masih jadi pelapis sedangkan rekannya langganan masuk tim inti.

Total di 2019/2020 Walsh memainkan 13 pertandingan lintas ajang dengan sumbangan satu assist dari 941 menit. Sementara Berahino punya 1760 menit dari 22 laga yang berbuah delapan gol dan tiga assist.

Dalam periode tersebut keduanya masuk dalam skuad pertandingan berbarengan sebanyak 24 kali namun hanya berbagi tujuh kali dengan rincian dua kali menang, dua kali imbang, dan sisanya tumbang.

Baca Juga

1. Batal Bersua Lagi?

Sandy Walsh di Kemenkumham untuk rampungkan proses naturalisasi menjadi WNI, Kamis (17/12/22). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

Di musim selanjutnya kebersamaan Sandy Walsh dan Saido Berahino tidak sampai berumur panjang. Memasuki pertengahan 2020/2021, sang striker menyebrang ke klub Belgia lain yakni Charleroi sebagai pinjaman.

Walsh juga hengkang namun lebih dini di bursa transfer musim panas menuju kesebelasannya saat ini, KV Mechelen, secara cuma-cuma dan di sanalah ia mulai menjadi starter yang diperhitungkan.

Saat Berahino hanya punya dua gol untuk Charleroi dan sering diturunkan sebagai cameo saja, Walsh justru menggila dengan tiga gol dan empat assust dari 31 pertandingan termasuk di babak play-off zona Eropa.

Keduanya sempat berjumpa sebagai lawan di laga Charleroi vs KV Mechelen, 16 Januari 2021, dengan Walsh bermain penuh dan mengantarkan timnya meraih kemenangan tipis 0-1 sementara Berahino cuma kebagian 24 menit sebagai subtitusi.

Sudah skeitar tiga tahun sejak laga tersebut dimainkan dan kini mereka punya peluang untuk berjumpa dan bertanding lagi saat timnas Indonesia menghadapi Burundi pada 25 dan 28 Maret 2023 nanti.

Baca Juga

Berahino sudah menjadi penggawa Burundi sejak 2018 dan memiliki 17 caps juga satu gol. Ia sebelumnya adalah pemain di internasional untuk Inggris junior sejak level U-16 hingga U-21 namun karena berbagai hal pendar kariernya memudar dan akhirnya tidak lagi dipanggil.

Sementara itu Walsh jika dipanggil dan dimainkan bakal memainkan partai debutnya untuk timnas Indonesia. Proses naturalisasi pria 27 tahun itu baru rampung dilakukan pada awal tahun ini.

Baca Juga

Sayangnya mungkin reuni Walsh dan Berahino akan terancam batal. Pasalnya meski Berahino sudah dipastikan masuk skuad Les Hirondelles (Burung Walet) namun Walsh bisa jadi batal medapatkan caps pertamanya bersama Tim Garuda.

Cedera panggul yang sudah menimpanya sejak Februari 2023 lalu jadi alasan. Ada kans yang cukup besar jika sang fullback harus kembali menunda mengenakan warna merah dan putih di lapangan hijau karena ini.

Tentunya jika demikian akan sangat disayangkan. Tidak cuma melewatkan pertemuan kembali dengan Saido Berahino di timnas Indonesia vs Burundi, namun Sandy Walsh juga belum kunjung bisa membuat leluhurnya bangga setelah disumpah setia menjadi warga NKRI yang sudah ia nantikan sejak lama.

Baca Juga

Sumber: Transfermarkt

Saido BerahinoTimnas IndonesiaBola InternasionalSandy WalshZulte WaregemBurundi

Berita Terkini