x

Liga 1: Pelatih PSIS Bicara Kembalinya Pemain Inti dan Ketiadaan Suporter Persija

Rabu, 15 Maret 2023 22:45 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Pertandingan antara PSIS Semarang vs Persija Jakarta BRI Liga 1 di Stadion Maguwoharjo (Yogyakarta). (Foto: Media Persija)

INDOSPORT.COM - Pelatih PSIS Semarang, Gilbert Agius, lebih senang andai partai melawan Persija Jakarta di Stadion Wibawa Mukti, Bekasi, Kamis (16/3/23), bisa dihadiri suporter. Namun, PSIS tetap antusias dengan kembalinya para pemain penting di laga pekan ke-31 Liga 1 2022-2023.

PSIS mengunggah proses latihan terbaru di Bekasi. Ternyata, dalam latihan itu sudah hadir nama-nama, seperti Wahyu Prasetyo, Hari Nur Yulianto hingga Alfeandra Dewangga.

Kembalinya nama-nama itu jelas memberi sebuah kelegaan. Pasalnya, para pemain langganan tim senior itu bisa memberi kekuatan lebih dalam melakoni pertandingan Liga 1.

Hal itulah yang membuat Gilbert Agius menyatakan kesiapan timnya melawan Persija. Namun, pelatih asal Malta ini sebenarnya lebih senang pertandingan bisa dihadiri penonton.

"Sebenarnya akan lebih menarik dan bagus ketika suporter bisa datang ke stadion, untuk menambah daya tarik, baik itu dari suporter tuan rumah maupun PSIS. Tapi dengan situasi pada izin terbaru, kita sikapi dengan tetap mempersiapkan tim 100 persen," kata Gilbert Agius.

Baca Juga

"Kita sangat senang dengan pemain-pemain yang bergabung, setelah sebelumnya absen melawan Borneo karena akumulasi atau proses recovery dari cedera," lanjut Gilbert Agius.

Namun, Gilbert Agius tak memungkiri bahwa kekalahan 1-6 atas Borneo FC sangat sulit untuk diterima. Skor itu terlalu mencolok untuk sebuah pertandingan.

Pelatih asal Malta ini hanya berusaha meyakinkan PSIS Semarang untuk bangkit setelah kekalahan itu serta enam laga beruntun tanpa menang.

Baca Juga

"Tentu sangat sulit untuk menjaga motivasi, tapi kita sudah melakukan beberapa improvisasi dan belajar dari kesalahan. Kita tetap positif thinking untuk menerapkannya dalam pertandingan melawan Persija," papar Gilbert Agius.

Gilbert Agius telah mempelajari permainan Persija Jakarta dari video rekaman pertandingan sebelumnya. Skuat Thomas Doll merupakan tim yang tak bisa diremehkan.

"Persija memiliki pemain-pemain yang bagus dan memiliki pola permainan yang rapi," ungkap Gilbert Agius.

Baca Juga

1. Alfeandra Dewangga Siap Terjun

Bek Timnas U-23, Alfeandra Dewangga. Foto: PSSI

Sementara itu, bek PSIS, Alfeandra Dewangga, menyatakan kesiapannya untuk kembali membela tim Mahesa Jenar. Saat timnya kalah dari Borneo FC, Dewangga absen karena akumulasi kartu kuning.

"Dalam masa persiapan ini yang penting kondisi pemain sehat dan fit untuk laga melawan Persija. Kita tahu Persija tim yang bagus, memiliki pelatih bagus dan organisasi permainan yang bagus, tapi kita siap melawan mereka," jelas Dewangga.

Persija memiliki segudang pemain yang kerap keluar masuk Timnas Indonesia, baik itu di level senior maupun junior. Dewangga tak memiliki sosok khusus untuk dimatikan dalam permainan.

Baca Juga

"Semua pemain bagus, tapi tidak ada yang perlu dikhawatirkan, yang penting kita lakukan organisasi yang bagus. Itu semua tidak ada masalah," tegas Dewangga.

PSIS Semarang butuh kemenangan untuk kembali masuk sepuluh besar Liga 1 2022/2023. Kesempatan terbuka lebar karena Persis Solo hanya bermain imbang kontra Arema FC 1-1.

Kini, PSIS Semarang ada di peringkat sebelas dengan 35 poin dari 28 pertandingan. Mereka hanya terpaut dua poin dari Laskar Sambernyawa yang ada di peringkat sepuluh.

Baca Juga

Sementara itu, Persija Jakarta butuh tiga poin untuk memperpendek jarak dengan PSM Makassar yang ada di puncak klasemen Liga 1 2022/2023.

Persija yang ada di peringkat tiga dengan 51 poin, terpaut 15 angka dari PSM serta dua poin dari Persib Bandung.

Baca Juga
Persija JakartaPSIS SemarangLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1Gilbert Agius

Berita Terkini