x

Persiapan Lawan Burundi, Timnas Indonesia Senior Latihan Bareng Timnas U-20

Jumat, 17 Maret 2023 15:09 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, menyampaikan Timnas Indonesia senior akan berlatih bareng Timans U-20 jelang FIFA Matchday 2023.

INDOSPORT.COM - Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, menyampaikan Timnas Indonesia akan berkumpul pada 20 Maret untuk persiapan FIFA match day lawan Burundi pada 25 dan 28 Maret mendatang. Menariknya, skuad Garuda akan latihan bareng Timnas U-20.

Timnas Indonesia senior dan U-20 akan latihan bersama lantaran masih sama-sama ditangani pelatih Shin Tae-yong. Itu untuk memanfaatkan waktu karena Timnas U-20 sembari menunggu visa karena akan menjalani pemusatan latihan di Korea Selatan untuk persiapan Piala Dunia U-20 2023.

"Tim senior tanggal 20 sudah kumpul. Iya (sama) dengan Timnas U-20 yang persiapan untuk TC ke Korea karena perlu pembuatan visa dan mereka latihan dulu kurang lebih sepuluh hari. Kumpulnya sama tanggal 20 juga," kata Indra Sjafri.

"Iya, ada dua tim sekaligus yang nanti tim pelatih akan menangani," ujarnya.

Baca Juga

Untuk persiapan lawan Burundi, Shin Tae-yong telah memanggil 28 pemain. Beberapa di antaranya berasal dari Timnas U-20 dan juga U-22 yang sedang bersiap untuk tampil di SEA Games 2023.

Indra Sjafri mengatakan ada setidaknya lima nama dari tim senior yang akan dibawa ke SEA Games 2023. Tapi, ia belum merilis siapa saja nama pemain yang dimaksud.

Baca Juga

Kemungkinan lima nama tersebut adalah Witan Sulaeman, Rizky Ridho, Dzaky Asraf, Ramadhan Sananta dan Pratama Arhan. Sedangkan untuk Elkan Baggott, Indra Sjafri memilih tidak membawanya agar lebih fokus di klubnya.

"Kan ada FIFA match day, jadi pemain pemain akan bermain di FIFA Matchday, kalau enggak salah ada lima pemain yang kelahiran 2001. Kami akan pantau perkembangan mereka di senior," ujarnya.

Baca Juga

1. Uji Coba Timnas Indonesia vs Burundi

Latihan Timnas Indonesia Senior jelang laga Piala AFF 2022 melawan Kamboja di Stadion GBK, Selasa (20/12/22).

Sementara itu, uji coba Indonesia vs Burundi akan digelar di Stadion Patriot, Bekasi. Pertandingan dijadwalkan pada malam hari setelah salat tarawih karena sudah memasuki bulan puasa.

Secara peringkat FIFA, Burundi lebih unggul ketimbang Timnas Indonesia. Tim tamu berada di ranking 141 FIFA, sedangkan Indonesia di urutan 151.

PSSI berharap Timnas bisa meraih kemenangan atas Burundi. Hal itu akan membuat skuad Garuda meraup poin dan mendongkrak ranking FIFA.

“Karena itu FIFA matchday kita berharap banyak penonton yang datang dan tentu harapannya kita menang karena FIFA match day ini untuk memperbaiki peringkat kita,” harap Waketum PSSI, Zainudin Amali.

Burundi disebut bukan lawan mudah karena punya banyak pemain berkarier di Eropa. Tim asal Afrika itu akan tiba di Indonesia pada 22 Maret nanti dan membawa skuad senior.

Baca Juga

Burundi pun telah mengumumkan 30 pemain Timnas Burundi untuk beruji coba dengan Timnas Indonesia. Ada nama beken seperti Youssouf Ndayishimiye yang bermain sebagai bek untuk OGC Nice di Liga Prancis.

Ada pula gelandang, Jospin Nshimirimana, yang memperkuat Yeni Maltyaspor di Liga Turki. Pemain 21 tahun ini menjadi salah pemain kunci Yeni Maltyaspor pada musim 2022-2023.

Baca Juga

Lalu striker Saido Berahino diketahui pernah merintis karier di Liga Inggris. Tercatat, ia pernah membela West Bromwich Albion, Brentford, Perborough dan Stoke City.

Ada pula bek kiri, Marco Weymans yang saat ini tengah bermain untuk Beerschot, tim divisi kedua Liga Belgia.

Uji coba pertama Timnas Indonesia vs Burundi di FIFA Matchday akan dilangsungkan pada 25 Maret dan uji coba kedua digelar pada 28 Maret 2023 di Stadion Patriot, Bekasi.

Baca Juga
Indra SjafriTimnas IndonesiaLiga IndonesiaBurundiBerita Timnas IndonesiaTimnas Indonesia U-20

Berita Terkini