x

Erick Thohir Sudah Lobi 4 Negara untuk FIFA Match Day, Timnas Lawan Argentina?

Minggu, 19 Maret 2023 21:47 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Subhan Wirawan
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong pertandingan Timnas Indonesia vs Kamboja pada laga Piala AFF 2022 di Stadion Gelora Bung Karno, Jumat (23/12/22).

INDOSPORT.COM - Ketua umum PSSI, Erick Thohir menyampaikan telah menjalin komunikasi dengan federasi dari empat negara untuk proyek FIFA match day Timnas Indonesia. Tapi, ia enggan membocorkan negara mana yang jadi kandidat. 

Menurut Erick Thohir, sejauh ini baru Palestina yang memberikan jawaban bersedia menjalani laga uji coba dengan Timnas Indonesia.

Bahkan, Federasi Sepak Bola Palestina melalui Sekjen, Firas Abu Hilal sudah mengirimkan surat balasan ke PSSI tentang kesediaan mereka ikut FIFA match day pada 14 Juni. 

Namun, untuk empat negara lainnya Erick Thohir belum membocorkan karena belum ada kesepakatan secara resmi. Lobi-lobi masih dilakukan PSSI dengan harapan mendapat lawan tangguh.

"Kan sudah diumumkan, Palestina 14 Juni. Sisanya belum bisa diumumkan karena belum teken (tanda tangan), yang pasti ada pembicaraan dengan 3 sampai 4 negara," katanya.

Baca Juga

Empat negara itu bisa saja jadi lawan skuad Garuda untuk FIFA match day pada pada 4-12 September, lalu 9-17 Oktober dan terakhir 13-21 November.

"Ini seperti yang kita mau, kan FIFA match day ini sampai akhir tahun harus terisi. Tapi kalau belum ada black and white-nya (tanda tangan di atas kertas) kita tak mau umumkan," jelas Erick Thohir.

Baca Juga

Saat hadir di Kontres FIFA ke-73 di Rwanda, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir dilaporkan menjalin komunikasi dengan sejumlah negara. Mereka berdiskusi soal berbagai hal untuk mengembangkan sepak bola. 

"Kita ketemu Arab Saudi, ketemu Argentina, ketemu Inggris, kita banyak diskusi," ucap Erick Thohir.

Sementara itu, Wakil ketua umum PSSI, Zainudin Amali sempat membocorkan jika PSSI sedang menjalin komunikasi dengan federasi sepak bola Argentina untuk uji coba saat FIFA match day. Tapi, hal tersebut belum bisa dipastikan.

Baca Juga

1. Rencana Timnas Hadapi Argentina

Pertandingan Timnas Indonesia vs Curacao di Stadion Pakansari, Selasa (27/09/22).

“Tapi ini (Argentina) masih rencana, nanti tunggu ketum gak usah di sebar dulu. Lalu dengan Jepang dan Saudi Arabia juga komunikasi, kalau Jepang juga komitmen akan bantu kita, itu luar biasa,” tutur Zainudin Amali.

“Ya gak tau ya kan ini bisa aja U-23 atau berapa kan kita belum tau. Tapi komitmen ketum akan bawa tim-tim terbaik ke sini, tergantung gimana kita,” imbuhnya.

Untuk FIFA match day pada 21-28 Maret nanti, PSSI telah memastikan Burundi jadi lawan skuad Garuda. Kedua negara akan bertemu dua kali pada 25 dan 28 Maret di Stadion Patriot, Bekasi.

Pelatih Shin Tae-yong telah memanggil 29 pemain untuk lawan Burundi. Ada tiga pemain naturalisasi yang diikutsertakan yakni Shayne Pattynama, Jordi Amat. 

PSSI bahkan telah menyiapkan rencana untuk uji coba tahun depan. Hal itu dilakukan dengan harapan agar Timnas Indonesia tidak lagi terburu-buru mencari lawan.

Baca Juga

Untuk FIFA match day, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong menginginkan lawan yang tangguh, minimal berada di di atas 100 ranking FIFA seperti Curacao yang jadi lawan tahun lalu.

Timnas Indonesia butuh lawan tangguh agar bisa menguji kualitas pemain. Jika menang, maka poin yang diperoleh pun cukup banyak sehingga bisa mengangkat peringkat di ranking FIFA.

Baca berita sepak bola dan olahraga lainnya di Google News

ArgentinaPSSIErick ThohirTimnas IndonesiaBola Internasional

Berita Terkini