x

Bonfils-Caleb Bimenyimana, Bomber Tajam Burundi di Liga Afrika yang Bakal Jadi Ancaman Timnas Indonesia

Senin, 20 Maret 2023 21:52 WIB
Editor: Juni Adi
Skuat Timnas Burundi. (Foto: Instagram@ffburundi)

INDOSPORT.COM - Bonfils-Caleb Bimenyimana akan jadi salah satu pemain yang akan diwaspadai oleh barisan belakang timnas Indonesia timnas Indonesia  saat menghadapi Burundi. 

Duel seru tersaji di pertandingan FIFA Matchday antara Timnas Indonesia vs Burundi di Stadion Candrabaga yang akan digelar pada Sabtu (25/03/23) malam WIB.

Timnas Burundi sendiri masuk dalam syarat daftar PSSI dalam mencari lawan untuk bertanding di agenda FIFA pertandingan internasional.

Salah satu syarat PSSI dalam mencari lawan baru yakni harus berada di atas timnas Indonesia di daftar ranking FIFA sesuai keinginan pelatih Shin Tae-yong.

Saat ini, Timnas Indonesia sendiri bertengger di posisi ke-151 dalam ranking FIFA, sementara Burundi berada di peringkat ke-141 dunia.

Baca Juga

Sebetulnya, Burundi bukanlah satu-satunya lawan yang coba dijajaki oleh Skuad Garuda dalam laga yang akan digelar dalam dua pertemuan.

Laga pertama akan digelar dua pekan mendatang, atau pada 25 Maret 2023, sementara laga kedua akan digelar tiga hari setelahnya pada 28 Maret 2023.

Baca Juga

Saat ini pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong sendiri sudah memanggil 28 pemain yang akan dibawa menghadapi Burundi.

Daftar pemain itu diumumkan PSSI, Rabu (14/3/2023). Indonesia akan melawan Burundi di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi.

Dari 28 nama yang dipanggil, beberapa di antaranya pulang dari 'dinas luar negeri', seperti Elkan Baggott, Asnawi Mangkualam, Jordi Amat, Pratama Arhan, Shayne Pattynama, dan Saddil Ramdani. Sisanya merumput dalam negeri.

Meski diperkuat para pemain abroad, timnas Indonesia tetap saja perlu waspada karena timnas Burundi mempunyai banyak pemain berbahaya salah satunya adalah Bonfils-Caleb Bimenyimana.

Baca Juga

1. Diperkuat Striker Tajam Liga Afrika

Skuat Timnas Burundi. (Foto: Instagram@ffburundi)

Nama Burundi memang terdengar asing bagi banyak orang di Asia Tenggara khususnya Indonesia. Tetapi dalam urusan sepak bola, salah satu negara dari Benua Afrika ini tidak bisa dianggap remeh.

Bercokol di peringkat ke-141 dunia dalam ranking FIFA dimana terpaut 10 peringkat di atas Indonesia (151), menjadi bukti nyata kekuatan timnas Burundi cukup kuat.

Apalagi mereka juga banyak diperkuat pemain yang berkarier di Eropa membela klub-klub di liga top. Selain pemain luar negeri, Burundi juga mengandalkan pemain berkarier di benua lokal, benua Afrika.

Salah satunya adalah Bonfils-Caleb Bimenyimana. Pemain 25 tahun itu berposisi sebagai penyerang dengan 17 caps dan empat gol selama memperkuat Burundi.

Statistik yang terbilang biasa saja namun tidak halnya saat bermain di level klub. Saat ini Bonfils-Caleb Bimenyimana sedang membela Kaizer Chiefs, salah satu klub dari Afrika Selatan.

Baca Juga

Musim ini ia sudah tampil dalam 15 pertandingan dan mencetak 7 gol serta 1 assist. 

Dengan jumlah gol yang dilesakkan tersebut, Bimenyimana menjadi salah satu penyerang tajam di liga sepak bola Afrika Selatan.

Baca Juga

Bimenyimana saat ini hanya terpaut dua gol dari pemuncak daftar pencetak gol terbanyak di liga Afrika Selatan, Peter Shaulile dan Bradley Grobler.

Bimenyimana juga tercatat sebagai pemain paling produktif di klub Kaizer Chiefs yang saat ini menempati peringkat keempat.

Sebagai persiapan jelang duel persahabatan kontra Burundi kali ini, Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, menyampaikan Timnas Indonesia akan berkumpul pada 20 Maret.

Menariknya, skuad Garuda akan latihan bareng Timnas U-20 lantaran masih sama-sama ditangani pelatih Shin Tae-yong.

Selain itu, latihan ini tujuannya memanfaatkan waktu Timnas U-20 sembari menunggu visa ke Korea Selatan untuk pemusatan latihan sebagai persiapan Piala Dunia U-20 2023.

Baca Berita Sepak Bola dan Olahraga Lainnya di Google News

Baca Juga
FIFATimnas IndonesiaBola InternasionalBurundiShin Tae-yong

Berita Terkini