x

Kiper 45 Tahun Gianluigi Buffon Beri Kisi-kisi Kapan Pensiun, Akhirnya Sudah Puas?

Rabu, 22 Maret 2023 15:35 WIB
Penulis: Yudha Riefwan Najib | Editor: Prio Hari Kristanto
Eks penjaga gawang Juventus, Gianluigi Buffon, memberkan kisi-kisi waktu untuk pensiun dari dunia sepak bola.

INDOSPORT.COM – Eks penjaga gawang Juventus yang kini membela Parma, Gianluigi Buffon, memberkan kisi-kisi waktu untuk pensiun dari dunia sepak bola.

Gianluigi Buffon merupakan salah satu penjaga gawang fenomenal yang pernah ada dalam sejarah sepak bola Italia dan dunia.

Hal tersebut dikarenakan Gianluigi Buffon tercatat telah membukukan 427 clean sheet dari total 800 lebih pertandingan yang telah dijalani.

Buffon memulai karier porfesionalnya bersama dengan Parma pada tahun 1994 silam, mengingat dia merupakan produk akademi dari klub yang bermarkas di Stadion Ennio Tardini itu.

Permainan Gianluigi Buffon bersama dengan Parma selama tujuh tahun akhirnya memikat Juventus untuk merekrutnya ke Delle Alpi. .

Baca Juga

Pada 2001 silam, Gianluigi Buffon resmi diperkenalkan menjadi salah satu pemain dari La Vecchia Signora, julukan Juventus.

Penjaga gawang berpaspor Italia tersebut berhasil memenangkan banyak gelar bergengsi selama lebih kurang 19 tahun membela Juventus.

Baca Juga

Tercatat, Buffon telah mencatatkan 685 pertandingan dengan 61.412 menit yang dimainkan bersama Juventus di semua kompetisi.

Bahkan, Gianluigi Buffon berhasil mempersembahkan 10 trofi Liga Italia, 5 Piala Italia, dan 6 Piala Super Italia, untuk Juventus. Hanya trofi Liga Champions yang masih absen dalam kariernya. 

Saat ini, Gianluigi Buffon telah memasuki usia yang ke-45. Penjaga gawang yang saat ini membela Parma tersebut lantas membeberkan waktunya pensiun dari dunia sepak bola.

Baca Juga

1. Gantung Sepatu Usai Bawa Parma Naik ke Serie A

Enrico Chiesa dan Gianluigi Buffon saat masih membela Parma.

Meskipun prestasinya bersama Juventus menumpuk sebesar gunung, bukan berarti Gianluigi Buffon tak mempersembahkan apa-apa untuk Parma.

Gianluigi Buffon mempersembahkan beberapa gelar bergengsi dengan yang tak kalah pada saat dirinya masih membela Juventus.

Tercatat Buffon mampu mempersembahkan beberapa gelar juara, yakni Piala Italia 1998-1999, Piala Super Italia 1999-2000, dan UEFA Cup 1998-1999.

Bahkan, Gianluigi Buffon tidak lupa tentang cara berterima kasih kepada Parma yang menempa bakatnya hingga sukses bersama Juventus.

Terbukti, Buffon memutuskan kembali memperkuat Parma usai terpinggirkan dari kiper utama Paris Saint Germain dan Juventus.

Baca Juga

Penjaga gawang yang kini berusia 45 tahun tersebut berlabuh ke Parma pada 1 Juli 2021 lalu dengan status bebas transfer.

Kendati demikian, Buffon hanya mampu membawa Parma finis di urutan ke-12 Liga Italia divisi kedua, atau Serie B 2021-2022. Sementara musim ini Parma berada di urutan ke-9.

Baca Juga

Hal tersebut lantas membuat Gianluigi Buffon bertekad untuk membawa Parma naik ke kasta atas Liga Italia. Setelah itu, baru dirinya akan memutuskan untuk gantung sepatu.

“Jika kami kembali ke Serie A dengan Parma, mungkin saya akan pensiun dari dunia sepak bola karena masa saya sudah berakhir,” jelas Gianluigi Buffon.

“Jika fisik membantu saya, dengan energi dan kinerja ini, mengapa saya harus berhenti? Kecuali aku bosan bermain sepak bola,” pungkas Gianluigi Buffon dikutip dari Calciomercato.

Baca Juga

Sumber: Calciomercato

Baca berita sepak bola dan olahraga lainnya di Google News

JuventusGianluigi BuffonParmaSerie B ItaliaLiga ItaliaBerita Liga Italia

Berita Terkini