x

Sebelum Mateo Retegui, Ini 3 Pemain Keturunan yang Pernah Bela Timnas Italia

Jumat, 24 Maret 2023 11:05 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Sebelum Mateo Retegui, berikut tiga penyerang keturunan yang pernah memperkuat Timnas Italia. Ada eks Inter Milan!

INDOSPORT.COM - Sebelum Mateo Retegui, berikut tiga penyerang keturunan yang pernah memperkuat Timnas Italia. Salah satunya sukses hadirkan sensasi di Eropa!

Nama Mateo Retegui belakangan memang sedang menjadi perbincangan, lantaran sang pemain berhasil menembus skuad utama Timnas Italia.

Mateo Retegui yang cuma tampil di kompetisi lokal Argentina bersama Tigre, mampu menarik perhatian RobertoRobeto Mancini sebagai pelatih Gli AzzurriAzzuri.

Jika melihat statistiknya, penampilan Mateo Retegui memang layak diberikan kesemapatan tampil di level internasional.

Tercacat, musim ini Mateo Retegui mampu mencetak 6 gol dari total 8 pertandingan yang telah dijalani dan membantu Tigre bertengger di papan tengah klasemen.

Baca Juga

Secara total, pemain berusia 23 tahun tersebut mampu mencetak 33 gol dari 80 pertandingan di ajang Primera Division sejak debut profesionalnya tahun 2018 lalu.

Nama Mateo Retegui bahkan semakin bersinar, setelah dalam laga debutnya di Timnas Italia mampu mencetak gol.

Baca Juga

Mateo Retegui yang turun sebagai starter saat Italia menghadapi Inggris di babak kualifikasi Piala Eropa, Jumat (23/03/23) dini hari WIB tadi, mampu cetak gol pada menit 56'.

Namun sayang, gol Mateo Retegui tak mampu membawa Italia menang lantaran Inggris berhasil cetak dua gol pada laga ini.

Berbicara soal Mateo Retegui yang bersinar, sejatinya Timnas Italia sempat beberapa kali diperkuat striker keturunan saat mentas di ajang FIFA. Lantas siapa sajakah mereka, berikut INDOSPORT coba merangkum:


1. Pablo Osvaldo

Mario Balotelli, striker Timnas Italia bersama Roberto Mancini.

Pablo Osvaldo adalah salah satu pemain kelahiran Argentina yang punya garis keturunan Italia. Kakek buyutnya orang Marche Italia yang pindah ke Argentina pada abad ke-19. 

Sejak usia belia meniti karir di Italia, Osvaldo pun memilih meninggalkan paspor Argentina miliknya. Hingga akhirnya dia dipanggil pertama kali bela Italia pada akhir 2011. 

Sejak saat itu, mantan striker AS Roma dan Juventus ini mencatat 14 penampilan untuk Gli Azzurri hingga pensiun pada 2020 lalu. 

Eder Citadin Martins

Eder Citadin Martins merupakan pemain yang lahir di Brasil namun punya darah orang Italia dari kakeknya. Eder sempat tenar kala membela Inter Milan pada 2016-2018 lalu. 

Dia pertama kali membela Italia di ajang resmi pada 2015 lalu, dengan total 26 penampilan hingga tahun 2017.

Baca Juga

Perannya di Gli Azzurri terlihat ketika Euro 2016 berlangsung. Dia mencetak satu gol masing-masing ke gawang Swedia dan Spanyol. 

Mario Balotelli

Terakhir adalah Mario Balotelli, striker keturunan Ghana yang mendapat kewarganegaraan Italia saat berusia 18 tahun dan sukses menjadi sensasi di Serie A.

Baca Juga

Dalam karier sepak bolanya, perjalanan Mario Balotelli berawal dari tim kecil Italia, Lumezzane, sebelum bergabung dengan tim U19 Inter Milan pada 2006. 

Hanya butuh satu tahun di tim akademi, Mario Balotelli berhasil dipanggil ke tim senior Inter Milan dan mampu mengumpulkan 86 pertandingan dan mencetak 28 gol buat La Beneamata.

Berkat penampilannya yang menawan, Balotelli kemudian dibeli klub kaya Manchester City pada 2010 seharga 29,5 juta euro. Selanjutnya, karena penampilannya yang kurang bersinar, ia beberapa kali pindah klub, antara lain ke AC Milan dan Liverpool.

Sementara di level internasional, pemain yang kini berusia 32 tahun tersebut mampu mengumpulkan 36 caps bersama Timnas Italia dan mencetak 14 gol di semua kompetisi.

Baca Juga

Baca berita sepak bola dan olahraga lainnya di Google News

InggrisItaliaPiala EropaKualifikasi EuroMateo Retegui

Berita Terkini