x

Timnas Indonesia vs Burundi: Elkan Baggott Waspadai Striker Jebolan Liga Inggris

Jumat, 24 Maret 2023 07:20 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Elkan Baggott

INDOSPORT.COM - Bek Timnas Indonesia, Elkan Baggott menyatakan sudah dalam kondisi terbaik setelah beradaptasi dengan cuaca di Tanah Air. Dia siap beraksi pada FIFA match day lawan Burundi pada 25 dan 28 Maret nanti di Stadion Patriot, Bekasi.

Elkan sudah ikut latihan bersama skuad Garuda sejak Selasa (21/03/23) lalu. Pemain Cheltenham Town tersebut mulai enjoy bergabung dengan rekan-rekannya setelah absen pada Piala AFF 2022 lalu.

"Ya, kondisi lebih baik dari yang saya pikirkan. Saya mencoba menghabiskan banyak waktu untuk beradaptasi dengan cuaca dan matahari, tapi semuanya bagus," ujarnya.

Elkan mengaku sudah mengetahui kekuatan Burundi, terutama Saido Berahino yang pernah bermain di Liga Inggris bersama Stoke City dan West Bromwich Albion. Selain itu, ada beberapa nama lain yang juga beraksi di klub Eropa.

Baca Juga

"Ya, salah satu pemain yang saya tahu adalah Saido yang pernah bermain di Liga Inggris. Tentu saja mereka membawa beberapa pemain berkualitas," tuturnya.

Selain Saido, Burundi punya nama beken seperti Jospin Nshimirimana yang memperkuat Yeni Maltyaspor di Liga Turki. Pemain 21 tahun ini menjadi salah pemain kunci Yeni Maltyaspor pada musim 2022-2023.

Baca Juga

Ada pula bek kiri, Marco Weymans yang saat ini tengah bermain untuk Beerschot, tim divisi kedua Liga Belgia.

Meski demikian, Elkan Baggott tak gentar. Dia sudah punya pengalaman melawan pemain dari Afrika saat berkompetisi di Liga One atau kasta ketiga Liga Inggris.

"Di Inggris saya dapat banyak pengalaman bermain melawan pemain dari negara-negara berbeda. Mereka pasti kuat, cepat, mereka juga punya pemain berkualitas, jadi kami harus siap untuk tantangannya," ujar pemain 20 tahun itu.

Baca Juga

1. Incar Kemenangan

Latihan perdana Timnas Indonesia Senior sebagai persiapan laga FIFA Matchday melawan Burundi di Lapangan PTIK, Jakarta, Senin (20/03/23).

Lebih lanjut, Elkan mengincar kemenangan atas Burundi, meski negara Afrika tersebut peringkatnya di atas Indonesia. Burundi saat ini berada di peringkat 141 FIFA, sedangkan Indonesia berada di posisi 151 FIFA.

Kemenangan tidak hanya berpengaruh terhadap ranking FIFA, tapi juga jadi modal bagus bagi Indonesia yang akan tampil di Piala Asia 2023.

Baca Juga

"Tentu saja memenangkan kedua pertandingan. Memperkuat kemistri sebagai tim untuk menuju Piala Asia (AFC) yang akan diikuti nanti," ujar Elkan Baggott.

Untuk persiapan lawan Burundi, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong memanggil 28 pemain. Tapi, Shayne Pattynama belum bisa bergabung dan jalani debut lantaran perpindahan federasi dari KNVB ke PSSI belum rampung.

Baca Juga

Shin Tae-yong mengaku sedikit kesulitan menganalisa kondisi pemain lantaran kepastian jadwal dan lawa uji coba Timnas baru dipastikan pekan lalu.

Baca berita sepak bola dan olahraga lainnya di Google News

Timnas IndonesiaBola InternasionalLiga IndonesiaBurundiElkan BaggottBerita Timnas Indonesia

Berita Terkini