x

Ada Qatar dan Argentina, Ini 6 Negara yang Siap Gantikan Indonesia jadi Hots Piala Dunia U-20 2023

Senin, 27 Maret 2023 05:26 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Indonesia terancam akan dicabut haknya oleh FIFA untuk menjadi tuan rumah dari Piala Dunia U-20 2023 usai kontroversi sikap terhadap tim Israel.

INDOSPORT.COM - Indonesia terancam akan dicabut haknya oleh FIFA untuk menjadi tuan rumah dari Piala Dunia U-20 2023 usai kontroversi sikap terhadap tim Israel.

Penolakan terhadap kedatangan tim nasional U-20 Israel untuk mengikuti Piala Dunia U-20 2023 dari sebagian penduduk Indonesia rupanya berbuntut panjang.

Saat ini dilaporkan sederet kerugian besar baik dari segi materi maupun non-materi telah menanti.

Yang pertama adalah hujatan yang diterima dari berbagai belahan dunia pasca protes mengenai Israel membuat FIFA harus menunda pengundian babak grup meski kompetisi harusnya sudah akan berjalan pada 20 Mei mendatang.

Indonesia bersama federasi sepakbolanya, PSSI, dianggap tidak becus dan siap dalam menggelar ajang besar seperti Piala Dunia U-20.

Baca Juga

Hal itu belum seberapa. PSSI dari situs resmi mereka juga mengabarkan bahwa hukuman pembekuan seperti di era 2015-2016 lalu juga bisa kembali terulang.

Selain tidak bisa menggelar liga, timnas Indonesia di berbagai level pun dipastikan dilarang untuk mengikuti agenda yang berada di bawah wewenang FIFA.

Baca Juga

Untuk saat ini kemungkinan terburuk adalah dicabutnya hak Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Selain menodai reputasi negara, investasi yang sudah dilakukan juga bisa menjadi sia-sia.

Belum diketahui secara pasti apakah memang FIFA berniat demikian namun yang jelas sejumlah negara akan bersiap untuk menjadi penyelenggara pengganti.

Menurut kami setidaknya ada enam negara yang bakal punya peluang untuk menjadi serep terutama mereka yang bersama Indonesia mengikuti bidding tuan rumah pada 2021 silam.

Baca Juga

1. Qatar Paling Siap, Argentina Paling Bernafsu

Fans terlihat saat parade usai Argentina meraih gelar Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: REUTERS/Hamad I Mohammed)

Mereka adalah Bahrain, Brasil, Myanmar, dan juga Peru. Keempatnya sempat bersaing dengan Indonesia namun FIFA mempercayakan Piala Dunia U-20 2023 akan pantas dimainkan di Zamrud Khatulistiwa.

Akan tetapi karena persiapan yang mepet, mungkin saja baik Bahrain, Brasil, Myanmar, maupun Peru tidak akan siap.

Bukan hal mudah untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia bahkan di level junior sekalipun. Dalam dua tahun, Indonesia saja masih berlomba-lomba dengan waktu untuk menutupi kekurangan jelang dua bulan kick-off.

Maka dari itu kemungkinan akan ada kandidat penyelenggara pengganti lain terutama dari negara yang memang sudah siap.

Tidak lain dan tidak bukan adalah Qatar. Mereka di akhir 2022 lalu baru saja menggelar Piala Dunia senior yang mana banyak dianggap sebagai gelaran Piala Dunia terbaik sampai detik ini.

Baca Juga

Qatar tentnya masih punya banyak fasilitas yang dapat menunjang keberlangsungan Piala Dunia U-20 2023 dengan baik entah itu stadion, akomodasi tim serta fans, dan juga trasportasi.

Pengalaman mereka menggelar Piala Dunia juga jadi alasan kenapa Qatar cocok dijadikan tuan rumah darurat untuk saat ini. Itupun jika Argentina dianggap tidak cocok.

Baca Juga

Per Senin (27/03/23) dilaporkan oleh Doble Amarilla, media Argentina, bahwa negeri tango siap untuk menggantikan Indonesia.

Belum ada pernyataan apapun mengenai isu ini terutama dari AFA selaku federasi sepakbola mereka namun memang sama sekali tidak mustahil.

Argentina dalam prosesnya gagal untuk lolos ke putaran final Piala Dunia U-20 2023. Menjadi tuan rumah baru pengganti Indonesia akan sangat menguntungkan mereka karena akan mendapatkan tiket otomatis ke fase grup sebagai favorit.

Baca Juga

Baca berita sepakbola dan olahraga lainnya di Google News

ArgentinaFIFAQatarIndonesiaBola InternasionalPiala Dunia U-20 2023

Berita Terkini