x

Indonesia Ajukan Syarat Agar Israel Bisa Tampil di Piala Dunia U-20, FIFA Menolak!

Senin, 27 Maret 2023 19:05 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Prio Hari Kristanto
Indonesia sudah mengajukan syarat kepada FIFA agar Israel bisa tetap ikut Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia, tetapi FIFA dikabarkan menolak.

INDOSPORT.COM - Indonesia sudah mengajukan syarat kepada FIFA agar Israel bisa tetap ikut Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia. Namun FIFA dikatakan menolak syarat yang diajukan oleh Indonesia.

Kabar pemberian syarat terhadap Israel sendiri diutarakan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Muhadjir Effendy.

Gelombang penolakan terhadap keikutsertaan Israel di ajang Piala Dunia U-20 memang terus berdatangan. Bahkan karena adanya penolakan ini acara drawing Piala Dunia U-20 pun terpaksa dibatalkan.

Drawing Piala Dunia U-20 2023 sejatinya dijadwalkan berlangsung pada 31 Maret di Bali. Namun karena derasnya gelombang penolakan keikutsertaan Israel membuat kegiatan drawing pun urung dilakukan.

Plt Menpora Muhadjir sendiri sejatinya sangat menyayangkan adanya gelombang penolakan terhadap Israel. Indonesia sendiri sejatinya sudah memberikan opsi syarat tetapi syarat tersebut ditolak oleh FIFA.

Baca Juga

"Tentu sangat menyayangkan, kondisi atau syarat-syarat yang kita ajukan ke FIFA kelihatannya tidak mendapatkan kesepakatan," ucap Muhadjir. 

Saat disinggung mengenai syarat yang diajukan, Muhadjir enggan menjabarkan. Namun memang itu semua tidak disetujui oleh FIFA.

Baca Juga

"(soal syarat) Adalah, tapi kan enggak perlu disampaikan pada teman-teman. Pokoknya yang kita pegang itu bahwa ini masalah bukan kebijakan tapi soal kepatuhan terhadap konstitusi," jelas Muhadjir. 

"Dalam konstitusi kita di preambule alinea pertama bahwa sesungguhnya kemerdekaan hak segala bangsa, itu yang menjadi faktor yang kita pegang," beber Muhadjir.

"Karena itu ketika ada negara yang timnya kita indikasikan kategori itu, harus ada syarat khusus dan itu yg kita ajukan ke FIFA. kelihatannya tidak ada titik temu," kata Muhadjir.

Baca Juga

1. Digantikan Argentina?

Logo Piala Dunia U-20 2023.

Sebagai informasi perhelatan Piala Dunia U-20 dijadwalkan berlangsung pada 20 Mei hingga 11 Juni mendatang.

Untuk menggelar pesta sepak bola ini, Indonesia menyiapkan enam stadion di enam kota sebagai venue pelaksanaan Piala Dunia U-20 2023.

Venue yang dimaksud Stadion Utama Gelora Bung Karno (DKI Jakarta), Stadion Jakabaring (Palembang), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali).

Gelombang penolakan Timnas Israel ikut serta Piala Dunia U-20 2023 tengah bergejolak di Indonesia. Hal ini pun membuat nama Argentina ikut terseret.

Seperti diketahui, sejumlah pihak di Indonesia menolak kedatangan Timnas Israel, dengan sejumlah alasan yang dipegang kuat oleh masing-masing.

Baca Juga

Akibatnya, sepak bola Tanah Air terancam sejumlah sanksi FIFA, seperti dicabutnya status tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Menanggapi polemik ini, Asosiasi Sepak bola Argentina (AFA) disebut-sebut menawarkan diri untuk bisa menggelar Piala Dunia U-20 2023. Jika demikian, mereka tak hanya mempersiapkan segalanya, tapi turut andil dalam kompetisi bergengsi tersebut.

Baca Juga

Andai benar, tentu bakal diadakan kualifikasi se-Amerika Selatan, sebagaimana dilansir dari mundoalbiceleste, Senin (27/03/23).

Kabar pengambilalihan status tuan rumah Piala Dunia U-20 ini memang tengah menjadi isu, termasuk dari unggahan salah satu jurnalis Argentina, Gaston Edul, melalui akun Twitter-nya.

Menurut Gaston, perhelatan Piala Dunia U-20 semakin dekat dan harus segera terlaksana, sedangkan pemerintah Indonesia masih mencari solusi dalam penyelesaian masalah politik terkait Israel. 

Baca Juga
FIFAPSSIIsraelPiala Dunia U-20Bola InternasionalLiga Indonesia

Berita Terkini