x

Hokky Caraka Beri Pesan Menohok Soal Nasib Suram Piala Dunia U-20 Indonesia

Selasa, 28 Maret 2023 13:21 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Bintang Timnas Indonesia U-20, Hokky Caraka, ikut angkat bicara terkait nasib Piala Dunia U-20 2023 yang terancam batal digelar di Indonesia.

INDOSPORT.COM – Bintang timnas Indonesia U-20, Hokky Caraka, ikut angkat bicara terkait nasib Piala Dunia U-20 2023 yang terancam batal digelar di Indonesia.

Nasib Piala Dunia U-20 yang dijadwalkan digelar di Indonesia pada 20 Mei-11 Juni mendatang tampak suram setelah FIFA membatalkan drawing grup turnamen tersebut.

Pembatalan tersebut tak lepas dari sentimen publik di Tanah Air terhadap Israel yang mengerucut pada penolakan timnas asal negara Timur Tengah tersebut berpartisipasi dalam hajatan akbar Piala Dunia U-20.

Puncaknya, muncul rumor bahwa hak Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 dicabut dan akan dialihkan ke sejumlah negara seperti Argentina, Qatar, hingga Peru.

Isu batalnya Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia tersebut memancing kegelisahaan sejumlah pihak. Shin Tae-yong selaku pelatih timnas Indonesia U-20 salah satunya.

Baca Juga

Pelatih asal Korea Selatan tersebut mengaku kerja keras yang dia lakukan dengan para pemain timnas U-20 akan sia-sia jika kejuaraan dua tahun ini dibatalkan.

“Saya sudah bekerja keras dari 2020 untuk Piala Dunia U-20. Jadi saya mau dapat tetap tampil di Piala Dunia nanti," ucap pelatih berusia 52 tahun itu.

Baca Juga

Pernyataan Shin Tae-yong ini pun memancing reaksi salah satu anak didiknya, Hokky Caraka. Hokky Caraka  merupakan salah satu pemain timnas Indonesia untuk Piala Dunia U-20.

Dalam unggahan di Story akun Instagram pribadinya, Hokky Caraka menyebut batalnya Piala Dunia U-20 2023 sama saja membunuh mimpi anak-anak bangsa.

Pesan menohok Hokky Caraka soal Nasib Piala Dunia U-20 2023. (Foto: Instastory@hokkycaraka)

“Berjuang untuk kemerdekaan negara-negara lain, tetapi kalian semua merusak mimpi-mimpi anak-anak bangsa. Mimpi indah kawan semoga bertemu kembali,” tulis Hokky Caraka.

Baca Juga

1. Pesan Pilu Hokky Caraka

Selebrasi gol keempat Timnas Indonesia U-20 yang dicetak Hokky Caraka.

Lewat unggahan tersebut, pemain PSS Sleman tersebut tampaknya ingin menunjukkan keinginannya agar bisa tampil di Piala Dunia U-20 2023 seperti yang direncanakan.

Sejauh pantauan INDOSPORT, tampaknya hanya Hokky Caraka yang baru berani menuliskan pendapatnya soal isu pembatalan Piala Dunia U-20 2023.

Sementara rekan setimnya, Arkhan Kaka juga mengunggah story berseragam timnas Indonesia dengan kalimat misterius.

“Kita berencana, Tuhan yang menentukan,” tulis Arkhan Kaka.

Pesan ini menunjukkan Arkhan Kaka hanya akan pasrah jika apa yang sudah timnas Indonesia U-20 persiapkan bersama Shin Tae-yong sia-sia saja.

Baca Juga

Sementara itu, pihak PSSI belum mendapatkan alasan resmi yang menyebabkan FIFA membatalkan acara drawing tersebut.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir akan berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri sebagai penanggung jawab diplomasi dan politik luar negeri Indonesia.

Baca Juga

Demikian juga dengan Kemenpora sebagai INAFOG atau penanggung jawab pelaksana di Indonesia.

Jika pembatalan drawing ini berbuntut pada pembatalan Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U-20, akan ada sanksi berat yang menanti.

Salah satunya, Indonesia bisa dibekukan oleh FIFA alias timnas Indonesia tidak bisa mengikuti kegiatan yang berhubungan dengan kalender FIFA.

Baca Juga
IndonesiaPiala Dunia U-20Bola InternasionalLiga IndonesiaPiala Dunia U-20 2023Shin Tae-yongHokky Caraka

Berita Terkini