x

Menerka Ranking FIFA Timnas Indonesia andai Menang Lawan Burundi di Leg 2

Selasa, 28 Maret 2023 19:05 WIB
Penulis: Miftahul Huda | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Pertandingan FIFA Matchday antara Timnas Indonesia vs Burundi di Stadion Patriot Candranhaga, Bekasi, Sabtu (25/03/23). Foto: Herry Ibrahim/Indosport

INDOSPORT.COM -Timnas Indonesia getol menjalani laga internasional guna memperbaiki ranking FIFA. kalau menang atas Burundi di leg 2, skuad Garuda akan menempati posisi berapa?

Timnas Indonesia akan mendapat perlawanan dari Burundi dalam duel kedua FIFA Matchday di Stadion Patriot Candrabhaga, Selasa (28/3/23) malam WIB.

Pertandingan leg kedua ini tidak akan sama dengan leg pertama. Burundi disebut pelatih Shin Tae Yong akan menurunkan kekuatan terbaiknya.

Berbeda dengan pertama kemarin, kala itu Burundi memainkan pemain pelapis. Karena itu juga Timnas Indonesia bisa nyaman bermain di babak pertama hingga unggul 3-0.

Namun tempo permainan berubah di babak kedua. Burundi mulai memegang kendali dan bisa mencetak gol gun memperkecil kedudukan 3-1.

Baca Juga

Skuad Garuda patut waspada dengan Burundi untuk kedua ini. Solid pada pertahanan dan kompak dalam menyerang bisa menjadi kunci bagi tim Merah Putih.

Kemenangan di leg kedua ini tak hanya menjadi kebahagiaan tersendiri, tapi juga bisa memperbaiki ranking FIFA Timnas Indonesia.

Baca Juga

Saat ini, Timnas Indonesia menempati posisi 151 ranking FIFA dengan mengumpulkan 1.040,57 poin. Jika berhasil menang lagi atas Burundi, Indonesia akan mengumpulkan 1.047,24 poin.

Perolehan tersebut masih belum bisa menggeser posisi Liberia, negara yang ada di peringkat ke-150 ranking FIFA, mereka sudah mengumpulkan 1.049,66 poin.

Tapi jika Indonesia kalah atas Burundi, maka posisinya akan digeser oleh Republik Dominika yang baru saja memetik kemenangan 2-0 atas Belize.

Baca Juga

1. Persiapan Shin tae Yong

Shin Tae-yong di pertandingan FIFA Matchday antara Timnas Indonesia vs Burundi di Stadion Patriot Candranhaga, Bekasi, Sabtu (25/03/23). Foto: Herry Ibrahim/Indosport

Dengan kemenangan tersebut, Dominika mengumpulkan sebanyak 1,042, 43 poin. Sebelum laga leg kedua Timnas Indonesia vs Burundi, Republik Dominika ada di posisi ke-151.

Dalam menatap laga leg kedua, Shin tae Yong kemungkinan akan menggunakan fomasi berbeda.

"Kami berlatih formasi baru pada hari ini dengan sejumlah perubahan, dengan salah satu (formasi) yang siap dimainkan. Kita lihat saja mana yang akan dipilih pelatih pada besok," kata Jordi Amat, dikutip Antara.

Pada pertemuan sebelumnya, Indonesia tampil dengan formasi 3-4-3. Jordi, Elkan Baggot dan Rizky Ridho tampil sebagai starter dan tidak tergantikan hingga akhir laga.

Penampilan trio Jordi, Baggott dan Ridho cukup solid di sepanjang laga meski sempat kebobolan di babak kedua lewat aksi individu Pacifique Niyongabire.

Baca Juga

Jordi berharap Indonesia tak lagi kecolongan di laga kedua lawan Burundi. Namun, ia menegaskan bahwa hal itu hanya dapat terwujud berkat kerja keras semua pemain.

Meskipun kalah, Burundi menunjukkan penampilan solid dengan dibuktikan gol lewat aksi Pacifique Niyongabire.

Baca Juga

Bisa dipastikan dalam laga leg kedua ini Burundi akan tampil lebih mengganas dalam pertandingan nanti.

Indonesia (5-4-2-1): Syahrul Trisna; Rizky Ridho, Jordi Amat, Elkan Baggott; Asnawi Mangkualam, Rachmat Irianto, Marc Klok, Pratama Arhan; Yakob Sayuri, Stefano Lilipaly; Dendy Sulistiawan.

Pelatih: Shin Tae-yong.

Burundi (4-3-3): Fabien Mutombola; Rashid Harerimana, Collins Muhindo, Marco Weymans, Karim Nizigiyamana; Omar Moussa, Christope Nduwarugira, Styve Nzigamasabo; Bienvenue; Kanakimana, Pacifique Niyongabire, Saido Berahino.

Pelatih: Etienne Ndayiragije.

Baca Juga
FIFATimnas IndonesiaBola InternasionalBurundiBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yong

Berita Terkini