x

Usai Coret Indonesia, FIFA Langsung Temui Argentina Bahas Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Kamis, 30 Maret 2023 05:05 WIB
Editor: Juni Adi
Presiden FIFA, Gianni Infantino saat memberikan sambutan di kongres tahunan FIFA.

INDOSPORT.COM - FIFA disebut bakal segera melakukan pertemuan dengan Argentina membahas gantikan Indonesia jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Federasi tertinggi di sepak bola dunia, FIFA, baru saja mengumumkan nasib Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 pada Rabu (29/03/23) malam WIB.

Dalam keterangan resminya di laman mereka, FIFA resmi mencoret Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Artinya, tidak akan digelar di Tanah Air.

Keputusan itu dibuat setelah FIFA bertemu perwakilan PSSI termasuk Ketum Erick Thohir di Doha, Qatar.

"Menyusul pertemuan antara Presiden FIFA Gianni Infantino dan Presiden PSSI Erick Thohir, FIFA telah memutuskan, mengingat situasi saat ini, untuk membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah FIFA U-20 World Cup 2023.

Baca Juga

"Tuan rumah baru akan diumumkan sesegera mungkin, dengan tanggal turnamen tidak berubah. Potensi sanksi untuk PSSI kemungkinan juga akan diputuskan di kemudian hari," bunyi pernyataan FIFA.

Rencananya turnamen antar negara paling bergengsi untuk level kelompok umur ini akan digelar di Indonesia pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023 mendatang, namun gagal.

Baca Juga

Meski FIFA tidak memberikan alasan pasti mengapa mereka mencoret Indonesia dalam keterangan resminya itu, namun publik berspekulasi kalau gelombang penolakan terhadap timnas Israel menjadi pemicunya.

Seperti kita ketahui, Israel merupakan salah satu peserta Piala Dunia U-20 yang lolos dari babak kualifikasi pada 2022 lalu.

Hubungan yang kurang harmonis antara Indonesia dengan Israel karena tindakan sewenang-wenang mereka kepada Palestina, membuat masyarakat menolak.

Akibatnya, FIFA membatalkan acara drawing pembagian babak penyisihan grup Piala Dunia U-20 2023 di Bali sebelum akhirnya benar-benar batal digelar di Indonesia.

Baca Juga

1. Argentina Jadi Kandidat

Rakyat Argentina tumpah ruah di jalanan utama Buenos Aires menyambut kedatangan para pemain timnas Argentina usai menang Piala Dunia 2022.

FIFA menang belum mengumumkan tuan rumah baru menggantikan Indonesia. Tetapi sejumlah kandidat sudah bermunculan, yang paling kuat adalah Argentina.

Negara yang baru saja menjadi juara dunia di Piala Dunia 2022 itu dilirik oleh FIFA untuk jadi tuan rumah penyelenggaraan.

Bahkan Presiden FIFA, Gianni Infantino, disebut siap melakukan pertemuan dengan federasi sepak bola Argentina di Uruguay membahas soal ini.

"Besok Presiden Federasi Sepak Bola Argentina (AFA), Chiqui Tapia, akan melakukan pertemuan dengan Infantino  di Uruguay untuk menentukan apakah Argentina memang layak jadi tuan rumah Piala Dunia U-20," tulis jurnalis lokal, @rialjorge di akun Twitternya.

Andai FIFA memilih Argentina, hal tersebut menjadi kabar gembira untuk mereka. Sebab status tuan rumah akan membuat timnas Argentina U-20 tampil otomatis di Piala Dunia U-20.

Baca Juga

Padahal timnas Argentina U-20 sendiri tidak lolos ke Piala Dunia U-20 2023 usai kalah bersaing di babak Kualifikasi zona Amerika Selatan. 

Alasan lain kenapa AFA tertarik maju sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 2023 adalah terkait visi menuju 2030. Argentina berambisi mencalonkan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia 2030.

Baca Juga

Negara yang beribu kota di Buenos Aires itu akan berkolaborasi dengan Chile, Paraguay, dan Uruguay.

Keempat negara itu secara resmi sudah melayangkan permintaan resmi untuk maju bersaing memperebutkan hak sebagai tuan rumah Piala Dunia 2030.

Baca Juga
ArgentinaFIFAPSSIErick ThohirGianni InfantinoBola Internasional

Berita Terkini