x

Didukung Pemerintah yang Solid, Piala Dunia U-20 Hampir Pasti Digelar di Argentina

Jumat, 31 Maret 2023 03:12 WIB
Editor: Juni Adi
Logo Piala Dunia U-20 2023.

INDOSPORT.COMFIFA resmi menerima pendaftaran Argentina sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 menggantikan Indonesia.

Otoritas tertinggi yang menaungi seluruh federasi sepak bola di dunia, FIFA, baru saja selesai menggelar pertemuan dengan pihak Argentina membahas soal Piala Dunia U-20 2023.

Seperti kita ketahui, FIFA baru saja mencabut status tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 dari Indonesia pada Rabu (29/03/23) lalu lewat laman resminya.

"Menyusul pertemuan antara Presiden FIFA, Gianni Infantino dan Presiden PSSI Erick Thohir, FIFA telah memutuskan, mengingat situasi saat ini, untuk membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah FIFA U-20 World Cup 2023.

Rencananya turnamen antar negara paling bergengsi untuk level kelompok umur ini akan digelar di Tanah Air pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023 mendatang, namun gagal.

Baca Juga

Meski FIFA tidak memberikan alasan pasti mengapa mereka mencoret Indonesia dalam keterangan resminya itu, namun publik berspekulasi kalau gelombang penolakan terhadap timnas Israel menjadi pemicunya.

Indonesia bukan tanpa upaya sebelum pengumuman itu dipublikasi oleh FIFA. Lewat ketua umum PSSI, Erick Thohir, ia menemui Presiden FIFA, Gianni Infantino di Doha, Qatar, guna melobi keputusan untuk tidak mencoret Indonesia.

Baca Juga

Namun pertemuan tersebut ternyata tidak membuahkan hasil. Indonesia pun resmi batal menggelar Piala Dunia U-20 2023.

Sehari setelah pertemuan dengan Erick Thohir, Gianni Infantino langsung bergegas menuju Uruguay untuk menghadiri kongres luar biasa Conmebol, Kamis (30/03/23).

Dalam sela-sela kunjungannya, Gianni Infantino menyempatkan diri bertemu dengan Presiden Conmebol terpilih, Alejandro Dominguez.

Bersama ketua federasi sepak bola Argentina (AFA), Claudio Tapia, membahas serius pendaftaran Argentina sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Baca Juga

1. Didukung Banyak Pihak

Fans terlihat saat parade usai Argentina meraih gelar Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: REUTERS/Hamad I Mohammed)

Dilansir dari media lokal, Doble Amarilla, dalam pertemuan itu Argentina secara resmi mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 menggantikan Indonesia ditandai dengan penyerahan tiga surat.

Tiga surat yang diajukan kepada FIFA itu terdiri dari surat resmi pengajuan tuan rumah dari AFA, dan dukungan dari sejumlah menteri antaranya Menteri Ekonomi, Sergio Massa.

Menteri Olahraga dan Pariwisata, Matias Lammens, serta surat jaminan keamanan dari pemerintah Argentina. 

"Hari ini Argentina resmi mencalonkan diri menjadi tuan rumah dan satu-satunya negara yang mencalonkan. Mereka juga dapat dukungan dari pemerintah," kata Gianni Infantino dalam konferensi pers.

Pencalonan Argentina sendiri sebagai tuan rumah tidak hanya didukung oleh Pemerintah, tetapi juga Conmebol, sehingga peluang negara Lionel Messi itu sangat besar menggelar Piala Dunia U-20.

Baca Juga

Dalam dua atau tiga hari kedepan, FIFA akan segera mengumumkannya tuan rumah yang baru. 

"Argentina memilik segalanya untuk menyelenggarakan Piala Dunia yang mendesak ini," ujar presiden Conmebol, Alejandro Dominguez.

Baca Juga

Andai FIFA memilih Argentina, hal tersebut menjadi kabar gembira untuk mereka. Sebab status tuan rumah akan membuat timnas Argentina U-20 tampil otomatis di Piala Dunia U-20.

Padahal timnas Argentina U-20 sendiri tidak lolos ke Piala Dunia U-20 2023 usai kalah bersaing di babak Kualifikasi zona Amerika Selatan. 

Alasan lain kenapa AFA tertarik maju sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 2023 adalah terkait visi menuju 2030. Argentina berambisi mencalonkan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia 2030.

Baca Juga
ArgentinaFIFAPiala Dunia U-20Gianni InfantinoCONMEBOLBola InternasionalPiala Dunia U-20 2023

Berita Terkini