x

Pernah Terpuruk di PSM Makassar, Jebolan Garuda Select Kini Ukir Sejarah Juara Liga 1

Sabtu, 1 April 2023 15:18 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Muhammad Rafli Asrul, pemain jebolan Garuda Select yang juga menjadi bagian dari PSM Makassar saat juara Liga 1 2022-2023.

INDOSPORT.COM - Pernah terpuruk di PSM Makassar, pemain jebolan Garuda Select 2, Muhammad Rafli Asrul akhirnya mengukir sejarah menjuarai BRI Liga 1 2022-2023.

Sebagaimana diketahui, PSM Makassar berhasil jadi juara Liga 1 musim ini setelah mengalahkan tuan rumah Madura United dengan skor 3-1, Jumat (31/03/23) malam.

Tambahan tiga poin dari laga ini membuat PSM mengoleksi 72 poin. Torehan tersebut membuat angka PSM tidak akan bisa dikejar oleh Persib Bandung di sisa Liga 1 musim ini.

PSM Makassar membuka skor dengan cepat di menit ke-4 dan ke-10, keduanya melalui kaki legiun asing, Wiljam Plium, usai memanfaatkan umpan dari Yance Sayuri.

Di babak kedua, skuat besutan Bernardo Tavares kembali melesatkan gol ke gawang Madura United di menit ke-48, melalui sepakan Kenzo Nambu.

Baca Juga

Madura United kemudian memperkecil ketertinggalan di menit ke-51 melalui gol Hugo Gomes. Skor 1-3 untuk keunggulan PSM bertahan hingga peluit akhir berbunyi.

Tak pelak, euforia kemenangan dirayakan oleh penggawa PSM Makassar yang sedang berada di Madura, hingga suporter Juku Eja yang melalukan konvoi di Sulawesi Selatan.

Baca Juga

PSM Makassar akhirnya menuntaskan penantian 23 tahun dengan mengangkat trofi Liga Indonesia, gelar yang terakhir diraih pada musim 1999-2000 silam.

Hasil ini juga menjadi catatan sejarah bagi pemain muda PSM Makassar, Rafli Asrul. Gelandang jebolan Garuda Select itu bisa membawa tanah kelahirannya juara Liga 1.

Baca Juga

1. Ungkapan Haru Rafli Asrul Bawa PSM Juara

Laga Liga 1 antara Madura United vs PSM Makassar di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan (Pamekasan), Jumat (31/03/23). Kemenangan di laga ini memastikan Juku Eja meraih titel juara Liga 1 2022-2023.

Pemain muda PSM Makassar, Muhammad Rafli Asrul mengaku terharu bisa menjadi bagian dari skuat Juku Eja yang kini menjuarai Liga 1 2022-2023.

Pasalnya, pada musim lalu, Rafli Asrul juga merasakan bagaimana PSM Makassar harus bersusah payah menyelamatkan diri dari ancaman degradasi.

Pada musim Liga 1 2021-2022 lalu, PSM Makassar finish di peringkat 14 klasemen akhir, dua tangga di atas zona degradasi.

"Musim lalu pernah merasakan berada di zona degradasi bersama PSM Makassar, dan alhamdulillah tahun ini bisa (menjadi) bagian dari sejarah PSM," kata Rafli Asrul.

Sekadar informasi, Rafli Asrul merupakan salah satu pemain jebolan program Garuda Select di Inggris. Rafli juga pernah melawat hingga ke Italia.

Baca Juga

Rafli Asrul sejatinya berposisi sebagai gelandang serang. Namun, nalurinya dalam mencetak gol sangat tinggi, sehingga ia pun dijuluki sebagai 'Jorginho' oleh pelatih.

Bersama Garuda Select 2, Rafli mengemas sembilan gol di sepanjang musim, meskipun ia sempat terlibat cedera dan program ini dihentikan lebih cepat akibat pandemi.

Baca Juga

Memasuki program Garuda Select 3 di tahun 2021, Rafli Asrul kembali dipanggil oleh pelatih untuk bermain di Inggris. 

Sepanjang musim, Rafli berkontribusi membukukan empat gol bersama skuat Garuda Select 3. Setelah itu, Rafli juga sempat menjalani trial di klub Yunani.

Namun, Rafli Asrul akhirnya masih berjodoh dengan PSM Makassar. Gelandang 20 tahun itu kemudian menjadi salah satu bagian dari sejarah Juku Eja juara BRI Liga 1 2022-2023.

Baca Juga
PSM MakassarLiga IndonesiaLiga 1Garuda SelectBerita Liga 1Rafli AsrulLiga 1 2022-2023

Berita Terkini