x

Piala Dunia U-20 Batal, Shin Tae-yong Resmi Bubarkan Timnas Indonesia U-20

Sabtu, 1 April 2023 19:05 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong, secara resmi membubarkan pemain skuad Garuda Nusantara mulai Sabtu (01/04/23) menyusul batalnya Piala Dunia U-20.

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong, secara resmi membubarkan pemain skuad Garuda Nusantara mulai Sabtu (01/04/23). Itu karena Piala Dunia U-20 tidak jadi dimainkan di Indonesia.

Timnas U-20 batal beraksi di Piala Dunia U-20 setelah FIFA mencoret status Indonesia sebagai tuan rumah. Keputusan diambil berdasarkan keadaan yang terjadi di Indonesia yakni maraknya aksi penolakan Timnas Israel U-20 bermain di Indonesia. 

Karenanya, dengan berat hati Shin Tae-yong memulangkan anak asuhnya untuk sementara ke klubnya masing-masing. Tidak ada lagi pemusatan latihan ke Korea Selatan, seperti yang diagendakan sebelumnya. 

"Setelah ini akan dibubarkan ya pemain yang dipersiapkan untuk Piala Dunia U-20 kemarin," buka Shin Tae-yong.

"Pak Presiden tadi bicara, beliau selalu nonton pertandingan-pertandingan timnas dan melihat perkembangan yang baik. Tapi sangat disayangkan karena Piala Dunia U-20 tidak bisa digelar, dan tidak bisa ikut," ujar STY selepas bertemu Presiden RI, Joko Widodo, Sabtu (01/04/23) di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta.

Baca Juga

Setelah memulangkan pemain Timnas U-20, Shin Tae-yong akan rehat sejenak. Dia akan fokus memantau pemain tim senior menuju FIFA match day pada Juni mendatang.

Juru taktik asal Korea Selatan itu tak bisa dampingi Timnas U-23 yang akan beraksi di SEA Games 2023. Skuad Garuda Muda sudah diserahkan ke Indra Sjafri sejak jauh hari karena fokus Shin Tae-yong adalah ke Timnas U-20 untuk Piala Dunia U-20 yang akhirnya dibatalkan.

Baca Juga

"Memang karena kemarin bentrok ya, SEA Games sama Piala Dunia U-20 jadi mau tidak mau enggak bisa pegang Timnas SEA Games," katanya.

"Jadi akhirnya sekarang coach Indra yang pegang (Timnas U-22) dan memang tidak ada jadwal apa-apa sampai tanggal 10 juni. Jadi mungkin harus dipikirkan agenda selanjutnya apa," kata Shin Tae-yong.

Baca Juga

1. Bertekad Loloskan Indonesia ke Piala Dunia

Presiden Joko Widodo bertemu Timnas Indonesia U-20 pasca batalnya piala dunia U-20.

Karena batal bertanding di Piala Dunia U-20, Shin Tae-yong berjanji akan berusaha membawa Timnas senior lolos kualifikasi Piala Dunia 2026. Pasalnya kejuaraan tiga tahun mendatang akan diikuti 42 negara dan Asia mendapatkan delapan slot.

Juru taktik 52 tahun itu bertekad menciptakan sejarah bersama skuad Garuda, sebagai tim ASEAN pertama yang lolos Piala Dunia.

Di sisi lain, Shin Tae-yong mengaku sangat kecewa setelah FIFA membatalkan Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia. Dia mengatakan sakit hati karena usaha dan persiapan selama ini sia-sia.

Baca Juga

Dia sudah mempersiapkan tim ini sejak 2020 lalu. Mereka telah bekerja keras lewat latihan baik di dalam maupun luar negeri.

Bahkan, juru taktik asal Korea Selatan itu harus membangun ulang Timnas Indonesia karena Piala Dunia U-20 sempat ditunda pada 2021 lalu akibat pandemi covid-19.

Baca Juga

Menurut Shin Tae-yong, Piala Dunia U-20 adalah kesempatan besar bagi sepak bola Indonesia untuk dilirik dunia. Hal itu bisa membantu masa depan pemain muda Indonesia.

Baca Juga
Piala Dunia U-20Timnas IndonesiaLiga IndonesiaPiala Dunia U-20 2023Berita Timnas IndonesiaShin Tae-yong

Berita Terkini