x

Di Ambang Kena Sanksi FIFA, Ranking Timnas Indonesia Justru Naik

Kamis, 6 April 2023 20:27 WIB
Penulis: Antonius Wahyu Indrajati | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
FIFA baru-baru ini telah merilis ranking paling mutakhir, di mana timnas Indonesia justru mengalami peningkatan meski di ambang terkena sanksi. Foto: Herry Ibrahim/Indosport

INDOSPORT.COM – FIFA baru-baru ini telah merilis ranking paling mutakhir, di mana timnas Indonesia justru mengalami peningkatan meski di ambang terkena sanksi.

Kegagalan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023, dikhawatirkan akan membuat sepak bola Tanah Air dikenai sanksi dari FIFA.

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir belum lama ini juga menyampaikan bahwa Indonesia tengah bersiap untuk menghadapi sanksi.

Harapannya adalah Indonesia tidak menerima sanksi berat yang berujung dengan dikucilkannya sepak bola Tanah Air dari FIFA.

Tapi, baru-baru ini FIFA justru merilis bahwa ranking timnas Indonesia mengalami peningkatan, meski di ambang terkena sanksi.

Baca Juga

Menurut laporan resmi dari FIFA, timnas Indonesia mengalami dua peningkatan yang semula berada di posisi 151 kini berada di urutan ke-149 dengan total 1046,14.

Usut punya usut, peningkatan dengan poin sebesar 12,24 didapatkan menyusul kesuksesan di FIFA Matchday melawan Burundi.

Baca Juga

Seperti diketahui, FIFA Matchday merupakan ajang uji coba resmi yang diselenggarakan langsung oleh FIFA untuk setiap negara peserta.

Karena FIFA Matchday masuk dalam kalender FIFA, maka setiap tim nasional memiliki kesempatan untuk memanggil pemainnya yang sedang berada di luar negeri.

Selain itu, pertandingan FIFA Matchday juga bisa membantu menaikkan ranking peserta andai memanfaatkan kesempatan tersebut dengan baik, seperti yang dilakukan Shin Tae-yong bersama timnas Indonesia.

Baca Juga

1. Peningkatan Ranking Timnas Indonesia

Stefano Lilipaly dan Yakob Sayuri di pertandingan FIFA Matchday antara Timnas Indonesia vs Burundi di Stadion Patriot Candranhaga, Bekasi, Sabtu (25/03/23). Foto: Herry Ibrahim/Indosport

Keberhasilan timnas Indonesia dalam memanfaatkan FIFA Matchday melawan Burundi Maret lalu, membuat pasukan Shin Tae-yong naik ke peringkat 149 dunia.

Pada pertandingan pertama melawan Burundi, Sabtu (25/3/23) skuad Merah Putih sukses meraih kemenangan dengan skor 3-1.

Tiga gol untuk kemenangan timnas Indonesia dicetak oleh Yance Sayuri (6’), Dendi Sulistyawan (14’) dan Rizky Ridho (44’).

Sementara pada pertandingan hari kedua, Selasa (28/3/23) timnas Indonesia hanya mampu bermain imbang dengan skor 2-2 yang dicetak oleh Witan Sulaeman (61’) dan Jordi Amat (90+4’).

Dua pertandingan tersebut terbukti telah membantu skuad Shin Tae-yong untuk mengamankan tambahan 12,24 poin, sekaligus membuat Indonesia naik dua peringkat ke posisi 149.

Baca Juga

Sedangkan negara tetangga, timnas Malaysia juga turut mengalami peningkatan cukup signifikan setelah berhasil mengamankan tambahan 15,53 poin.

Hasil tersebut membuat pasukan Harimau Malaya naik ke posisi 138 dunia dengan total poin sebesar 1082,13.

Baca Juga

Di sisi lain, Vietnam justru mengalami nasib unik karena mengalami peningkatan meski tidak tampil pada pertandingan FIFA Matchday.

Penyebabnya adalah hasil buruk yang diraih Kirgisztan setelah gagal meraih kemenangan saat melawan Myanmar dan India pada Maret 2023 lalu.

Sementara salah satu rival timnas Indonesia, Thailand telah mengalami penurunan tiga tingkat ke urutan 114 setelah hasil buruk di FIFA Matchday.

Baca Juga

Sumber: FIFA.com

FIFATimnas IndonesiaBola InternasionalBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yong

Berita Terkini