x

Tsunami Gelar! 4 Trofi yang Masih Bisa Diraih PSM Makassar Pasca Juara Liga 1

Kamis, 6 April 2023 19:15 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Laga Liga 1 antara Madura United vs PSM Makassar di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan (Pamekasan), Jumat (31/03/23).

INDOSPORT.COM – Pasca meraih gelar Liga 1 2022-2023, PSM Makassar masih berpeluang besar meraih empat gelar lainnya. Gelar apa saja itu?

Seperti yang diketahui, PSM berhasil menjadi kampiun Liga 1 2022-2023 tepatnya di pekan ke-32 kala bertandang ke markas Madura United, Selasa (04/04/23).

Dalam lawatannya itu, tim berjuluk Juku Eja ini berhasil mengunci gelar pasca meraih kemenangan 3-1 atas tuan rumah tersebut.

Tiga gol kemenangan PSM masing-masing dicetak oleh dua gol Willem Jan Pluim di menit ke-4 dan ke-10 serta satu gol dari Kenzo Nambu.

Sedangkan satu gol dari kubu Madura United itu dicetak oleh Hugo Gomes di menit ke-51, yang membuat laga berkesudahan dengan skor 1-3.

Baca Juga

Berkat kemenangan 3-1 atas Madura United itu, PSM Makassar pun berhasil menjadi kampiun Liga 1 2022-2023. Terlebih di laga yang sama, Persib Bandung selaku pesaingnya tumbang dari Persija Jakarta.

Keberhasilan menjuarai gelar Liga 1 musim ini pun mengakhiri puasa gelar PSM yang telah berlangsung selama 23 tahun lamanya.

Baca Juga

Tercatat tim yang juga memiliki julukan Ayam Jantan dari Timur ini terakhir kali menjuarai liga pada musim 1999-2000 lalu saat liga masih bernama Liga Indonesia.

Terlepas dari catatan gemilang itu, PSM ternyata masih bisa memenangkan gelar-gelar lainnya di Liga 1 musim ini. Gelar-gelar yang dimaksud adalah gelar individu.

Lalu, apa saja gelar individu yang masih bisa didapatkan oleh PSM Makassar usai menjuarai Liga 1 2022-2023? Berikut rangkuman INDOSPORT.

Baca Juga

1. Gelar bagi PSM

Laga Liga 1 antara Madura United vs PSM Makassar di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan (Pamekasan), Jumat (31/03/23).

1. Pemain Terbaik

PSM Makassar masih bisa mengawinkan gelar juara dengan gelar pemain terbaik Liga 1 2022-2023 lewat sang kapten, Willem Jan Pluim.

Pemain berusia 34 tahun itu dijagokan bisa memenangi gelar pemain terbaik Liga 1 musim ini berkat penampilan impresifnya bagi PSM.

Sepanjang Liga 1 musim ini, pemain berpaspor Belanda itu telah tampil sebanyak 25 laga hingga pekan ke-32 dengan torehan 10 gol dan 9 assist.

Selain karena sumbangan gol dan assistnya, kepemimpinan Pluim pantas diacungi jempol, sehingga mampu membawa para pemain muda PSM memiliki mental juara.

Jika berhasil meraih gelar pemain terbaik, maka ini menjadi gelar individu bagi Pluim sepanjang kariernya di sepak bola Indonesia.

Baca Juga

2. Pelatih Terbaik

Selain bisa meraih gelar pemain terbaik, PSM juga bisa mengawinkan gelar juara Liga 1 musim ini dengan gelar pelatih terbaik lewat Bernardo Tavares.

Bernardo Tavares bisa dikatakan menjadi otak di balik kesuksesan PSM musim ini, berkat racikannya dan kemampuan taktisnya di atas lapangan.

Baca Juga

Pelatih berusia 42 tahun itu padahal baru datang di awal musim. Dan musim ini, menjadi musim pertamanya melatih di Asia Tenggara dan Indonesia.

Kemampuan taktis eks pemandu bakat FC Porto dan kemampuannya dalam mengembangkan potensi pemain pun layak diberi apresiasi.

Sehingga, wajar jika Bernardo Tavares didapuk sebagai pelatih terbaik, berkat catatannya bagi PSM yang menang 21, imbang 9 kali, dan hanya kalah 2 kali saja.

Baca Juga

2. Gelar Lainnya

Selebrasi penyerang belia PSM Makassar, M Ramadhan Sananta, setelah mencetak gol keduanya ke gawang Persib Bandung pada pekan ketujuh BRI Liga 1 2022/23

3. Pemain Muda Terbaik

Untuk gelar pemain muda terbaik, PSM memiliki jagoan pada diri bomber mudanya, yakni Ramadhan Sananta.

Pemain berusia 20 tahun ini menjadi perbincangan di Liga 1 musim ini, mengingat dirinya berangkat dari Liga 3 sebelum bermain untuk PSM.

Selain itu, Sananta juga mampu menunjukkan ketajamannya berkat sumbangan 11 gol dan 2 assist dari 22 laga bagi PSM hingga pekan ke-32.

Torehan itu pun membuatnya masuk sebagai salah satu nominasi pemain muda terbaik untuk Liga 1 musim 2022-2023 ini.

4. Kiper Terbaik

Gelar individu lainnya yang bisa didapatkan penggawa PSM adalah kiper terbaik lewat penjaga gawang utamanya, Reza Pratama.

Meski baru berusia 22 tahun, Reza mampu menjadi elemen penting dari sulitnya gawang PSM dibobol oleh lawan-lawannya musim ini.

Tercatat dalam 32 penampilan di Liga 1 hingga pekan ke-32, Reza telah mencatatkan 13 Clean Sheet atau nirbobol dan hanya kebobolan 24 gol saja.

Ia pun termasuk dalam lima daftar kiper dengan penyelamatan terbanyak di Liga 1 musim ini, dengan total 83 penyelamatan dari 32 pertandingan.

PSM MakassarLiga IndonesiaLiga 1Willem Jan PluimBernardo TavaresRamadhan Sananta

Berita Terkini