x

Jalani Debut Profesional di Liga 1 sebelum ke SEA Games, Begini Tanggapan Kiper Timnas U-20

Selasa, 11 April 2023 21:27 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Juni Adi
Daffa Fasya, kiper Timnas U-20. (Foto: Instagram@PSSI)

INDOSPORT.COM - Penjaga gawang muda milik Borneo FC, Daffa Fasya menjalani debut profesionalnya saat menghadapi RANS Nusantara FC di pekan ke-33 Liga 1 2022/23, Minggu (09/04/23) di Stadion Segiri, Samarinda.

Kiper 18 tahun mencatatkan beberapa penyelamatan penting, meskipun harus kebobolan dua gol. 

Daffa sangat bersyukur bisa diberikan kesempatan berharga oleh pelatih Pieter Huistra. Apalagi dia diturunkan sebagai starting eleven.

"Saya amat sangat bersyukur dengan pertandingan pada hari ini. Kali ini debut saya pertama kali di Liga 1. Saya berterima kasih kepada pelatih telah memercayai saya untuk bermain dari awal sampai akhir," ujar Daffa.

Pemain bernomor punggung 63 itu mengakui penampilannya jauh dari kata sempurna. Laga dua hari lalu harus dijadikan pelajaran buat karirnya di masa  depan.

Baca Juga

Daffa senang karena mendapat dukungan dan motivasi dari para pemain senior, sehingga itu makin membangkitkan mentalnya.

"Untuk saya, ini pengalaman yang sangat berharga buat saya.Pemain senior juga amat membantu saya, menyemangati saya supaya mental saya tidak jatuh," tuturnya.

Baca Juga

"Masih banyak kesalahan di pertandingan tadi yang saya harus perbaiki lagi ke depannya," pungkas Daffa.

Daffa Fasya merupakan salah satu dari tujuh pemain dari Timnas Indonesia U-20 yang dipanggil ke Timnas Indonesia U-22 untuk persiapan ke SEA Games 2023 di Kamboja. Tapi, dia belum bergabung karena diizinkan oleh tim pelatih Timnas U-22.  

Pelatih Timnas U-22, Indra Sjafri menjelaskan, jika pemain yang dipanggil ke Timnas U-22 dapat jaminan bermain di klub, maka dia mengizinkan absen sementara waktu. Para pemain itu dapat bergabung setelah kompetisi selesai.

Baca Juga

1. Target Timnas Indonesia U-22

Latihan Timnas Indonesia U-22 sebagai persiapan menuju SEA Games 2023 di Lapangan Senayan, Jakarta, Rabu (05/04/23).

"Jadi pemain-pemain, sesuai dengan kesepakatan dengan pelatih klub, kalau dia bermain reguler silakan bermain di klubnya. Kalau gak bermain reguler, datang ke TC. Dan ini pemain-pemain yg gak bermain sudah datang semua," jelasnya.

Pelatih 60 tahun itu mengatakan absennya para pemain yang masih membela klub tak menggangu program di Timnas U-22.

Masih ada waktu sekitar sepekan untuk bergabung dan adaptasi bersama Timnas Indonesia U-22, sebelum keberangkatan ke SEA Games 2023 pada tanggal 25 April.

Baca Juga

Pada SEA Games 2023, Timnas Indonesia U-22 ditargetkan meraih emas. Indonesia sudah puasa selama 32 tahun, setelah terakhir naik podium pertama pada 1991 di Filipina. 

Berdasarkan hasil drawing beberapa hari lalu, skuad Garuda Muda berada di Grup A bersama Kamboja, Myanmar, Filipina dan Timor Leste.

SEA Games 2023 akan digelar pada 5-17 Mei 2023. Namun untuk cabang olahraga sepak bola bakal dimainkan lebih awal pada 29 April 2023. 

Baca Juga
Indra SjafriSEA GamesBorneo FCLiga IndonesiaLiga 1Timnas Indonesia U-22SEA Games 2023

Berita Terkini