x

Gilbert Agius Lebih Percaya Diri Tatap Liga 1 Musim Depan Bersama PSIS Semarang

Jumat, 14 April 2023 19:14 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
Laga BRI Liga 1 antara Persikabo 1973 vs PSIS Semarang. (Foto: MO PSIS Semarang)

INDOSPORT.COM - Pelatih asal Malta, Gilbert Agius, merasa percaya diri menatap kompetisi Liga 1 musim depan bersama PSIS Semarang. Gilbert sudah beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Gilbert Agius merupakan pelatih yang diikat PSIS pada awal tahun ini. Mantan bomber Timnas Malta itu mengalahkan sederet kandidat yang mengirimkan curriculum vitae (CV) ke manajemen PSIS.

Perjalanannya memimpin PSIS tak berjalan mulus. Sejak hadir di Stadion Jatidiri dalam laga melawan Persis Solo, 17 Februari 2023 lalu, Gilbert hanya merasakan dua kemenangan.

Dua kemenangan itu didapatkan pada akhir kompetisi atas PSS Sleman 5-2 dan PSM Makassar 4-0. Sementara dalam sepuluh laga lainnya, PSIS mencatatkan tujuh kekalahan dan tiga hasil imbang.

Rentetan hasil jelek itu membuat PSIS tercecer di peringkat ke-13 pada musim ini. Mereka harus menerima kenyataan berada di bawah tim Jawa Tengah lain, Persis Solo yang ada di peringkat ke-10.

Baca Juga

Perjalanan awal itu menjadi pembelajaran bagi Gilbert Agius. Ternyata, ada banyak hal baru yang dia rasakan ketika pertama kali merantau ke Asia.

"Di Indonesia ada beberapa yang berbeda, seperti budaya, bahasa dan mentalitas (pemain). Itu berbeda," kata Gilbert Agius.

Baca Juga

Dari laga ke laga, Gilbert Agius coba beradaptasi dengan situasi yang baru. Hasilnya pun cukup menggembirakan. Meski sempat kalah dari Bali United 2-3, namun dalam laga itu PSIS sempat merepotkan.

"Perlahan PSIS terus improve. Dalam empat atau lima pertandingan terakhir, tim bermain lebih bagus dan pemain sekarang lebih percaya diri," tutur Gilbert Agius.

Deretan kemajuan itulah yang membuatnya lebih percaya diri menatap musim depan. Apalagi mayoritas pemain yang dimilikinya musim ini akan tetap bertahan.

Baca Juga

1. Rencana PSIS Semarang

Laga liga 1 antara Bali United vs PSIS Semarang di Stadion Maguwoharjo (Yogyakarta), Rabu (12/04/23). (Foto: MO Bali United)

Beberapa pilar penting yang sudah terikat kontrak dengan PSIS Semarang adalah Adi Satryo, Luthfi Kamal, Alfeandra Dewangga, Wahyu Prasetyo, Fredyan Wahyu, Taisei Marukawa, Carlos Fortes, Vitinho hingga Riyan Ardiansyah.

"Itulah hal-hal cukup baik yang akan kita aplikasikan pada musim depan," papar Gilbert Agius.

Setelah laga melawan Bali United di Sleman, Rabu (12/04/23), para pemain mendapat jatah libur panjang. Sementara tim pelatih langsung menggelar evaluasi bersama manajemen PSIS.

"Tentu ada rencana. Setelah ini kita akan evaluasi terlebih dahulu dengan manajemen, terkait bagaimana musim depan dan berpikir tentang musim depan," ungkap Gilbert Agius.

Dalam sarasehan sepak bola nasional di Surabaya pada awal Maret lalu, diwacanakan bahwa kompetisi musim depan bergulir pada bulan Juli.

Baca Juga

Andai wacana itu berjalan sesuai harapan, Gilbert Agius sudah memiliki bayangan tentang kapan tim akan dikumpulkan dan mulai bergerak.

"Kalau memang mulainya pertengahan bulan Juli, kta akan melakukan persiapan di awal Juni," jelas Gilbert Agius.

Baca Juga

PSIS Semarang masih akan berjuang keras untuk mengikat nama-nama bidikan pada musim depan. Pergerakan ini sejatinya sudah dimulai bulan ini, namun manajemen PSIS pilih menutup rapat setiap bidikan.

Baca Juga
PSIS SemarangLiga IndonesiaLiga 1Gilbert Agius

Berita Terkini