x

PT LIB Pastikan Play-off PSM Makassar vs Bali United Digelar Home and Away

Jumat, 14 April 2023 14:39 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Prio Hari Kristanto
Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus, menegaskan laga play-off perebutan tiket ke Liga Champions Asia akan dilakukan dengan format home and away.

INDOSPORT.COM - Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (PT LIB), Ferry Paulus, menegaskan laga play-off perebutan tiket ke Liga Champions Asia akan dilakukan dengan format home and away.

Dua jawara Liga 1 dari musim yang berbeda yakni PSM Makassar (juara Liga 1 musim ini) akan bersua dengan Bali United sebagai jawara Liga 1 musim lalu. 

Pertemuan keduanya tak lepas untuk bertanding dalam laga play-off memperebutkan tiket siapa yang akan tampil di ajang kualifikasi Liga Champions Asia musim 2023-2024.

Ferry Paulus sebagai Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru selaku operator kompetisi Indonesia merencanakan laga ini akan berlangsung selepas Hari Raya Idul Fitri. 

Jadwal ini pun sekaligus mengonfirmasi kabar yang sebelumnya beredar bahwa laga play-off akan berlangsung pada 18 April dan dengan sistem single match.

Baca Juga

“Tadinya kita mau geser ke tanggal 18 April, sementara kita sudah punya izin kompetisi sampai tanggal 16 April. Kita mau pepetin lagi tapi terlalu mepet,” ucap Ferry Paulus.

Selain itu, Ferry menambahkan laga ini pun terpaksa diundur karena memang tidak mendapatkan izin dari pihak kepolisian.

Baca Juga

Pihak kepolisian sendiri sudah terfokus untuk pengamanan Hari Raya Idul Fitri. Sehingga hal ini membuat PT LIB memundurkan jadwal tersebut.

“Terus kita terkendala dengan izin kepolisian karena sudah mau lebaran, ada operasi ketupat,” kata Ferry.

“Jadi kita sepakat dengan semua tim, karena memang kalau setelah lebaran nanti bisa home-away,” lanjutnya.

Baca Juga

1. Sistem Home-Away Berikan Keuntungan

Laga liga 1 antara Bali United vs PSIS Semarang di Stadion Maguwoharjo (Yogyakarta), Rabu (12/04/23). (Foto: MO Bali United)

Dengan dilaksanakan dengan sistem home and awal, Ferry pun menilai laga ini akan bagus dari sisi broadcasting.

Hasil ini jauh lebih baik dibandingkan dengan sistem single match dan dilaksanakan di tepat netral sangat tidak bagus untuk sisi broadcasting.

“Ini tentunya dari valuasi (keuntungan) play-off-nya kan jadi bagus,” ujarnya.

“Liga juga dapat dampak broadcast yang baik juga terhadap ini. Beda kalau single-match dan di tempat netral lagi,” tukas dia.

Baca Juga

Tak hanya menentukan play-off untuk Liga Champions Asia, PT LIB juga akan melakukan hal serupa untuk tim yang tampil di Piala AFC melalui jalur kualifikasi sendiri adalah mereka yang finis di posisi dua Liga 1 2022-2023.

Untuk posisi ini masih ada dua tim yakni Persija Jakarta dan Persib Bandung yang tengah bersaing siapa yang akan jadi wakil Indonesia.

Baca Juga

Baik Persija maupun Persib masih sama-sama memiliki peluang karena pertandingan terakhir pada pekan ke-34 Liga 1 2022-2023 yang akan menentukan.

Persib Bandung hanya beda satu poin dari Persija Jakarta yang berada di posisi kedua klasemen Liga 1. 

Baca Juga
Ferry PaulusPSM MakassarBali UnitedLiga IndonesiaPT Liga Indonesia Baru (PT LIB)

Berita Terkini