x

Liga 1: Rumor Pemain Bintang Gabung PSS, Seto Isyaratkan Perombakan Besar-besaran

Sabtu, 15 April 2023 10:35 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro, mengisyaratkan akan terjadinya perombakan besar-besaran di tubuh timnya pada Liga 1 2023-2024.

INDOSPORT.COM - Pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro, mengisyaratkan akan terjadinya perombakan besar-besaran di tubuh timnya pada Liga 1 2023-2024.

Akhirnya spekulasi soal keadatangan pemain berlabel bintang ke skuad Super Elja pun semakin santer terasa.

Prestasi PSS Sleman musim ini jauh di luar harapan sehingga wajar apabila manajemen kemudian merencanakan pemugaran berskala masif.

Andai musim ini regulasi degradasi diterapkan, maka PSS termasuk tim yang terlempar dari Liga 1 ke Liga 2.

PSS menghuni pos tiga terbawah bersama Dewa United dan RANS Nusantara FC. PSS mencatatkan sepuluh kemenangan, empat hasil seri dan menelan 19 kali kekalahan.

Baca Juga

Manajemen PSS sesumbar bahwa perburuan pemain sudah dilakukan. Beberapa pemain bintang yang jadi bidikan sudah diajak bernegosiasi.

Namun begitu, belum diketahui apakah Seto tetap jadi pelatih musim depan atau terjadi pergantian. Kejelasan baru akan terlihat setelah partai pamungkas musim ini melawan Persija Jakarta, Sabtu (15/4/23) malam.

Baca Juga

Saat hadir dalam sesi jumpa pers sebelum laga melawan Persija, Seto mengaku telah memberikan rekomendasi tentang siapa-siapa saja yang layak dipertahankan.

"Saya belum bisa pastikan (persentase skuat), tapi memang ada beberapa catatan yang saya rekomendasikan ke manajemen, entah siapapun nanti yang terlibat di sana," kata Seto, Jumat (14/4/23).

"Saya hanya merekomendasikan yang menurut pandangan saya masih layak," tambah pria 48 tahun itu.

Baca Juga

1. Pertahankan 4 Pemain Saja?

Winger PSS Sleman, Todd Rivaldo Ferre. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

Bila target PSS musim depan adalah menembus papan atas, maka skuat 2022-2023 bisa terkuras. Seto menilai ada banyak perubahan yang perlu dilakukan dari sektor belakang hingga depan.

"Sedikit mungkin ya (yang dipertahankan), karena mungkin dengan melihat prestasi tahun ini, artinya untuk ke depan akan lebih baik , harus ada banyak perombakan," tutur Seto.

Namun, Seto tak menyebut nama-nama pemain yang bakal dipertahankan musim depan. Beberapa nama yang sering jadi pilihan Seto musim ini adalah Kim Kurniawan, Todd Rivaldo Ferre dan Ifan Nanda Pratama.

Ifan menjadi satu-satunya pemain yang sudah diumumkan PSS menjadi skuat musim depan. Ia mendapat perpanjangan kontrak yang durasinya masih dirahasiakan.

Selain tiga nama itu, ada pula Ricky Cawor. Rekrutan PSS pada putaran kedua ini baru moncer setelah Yevhen Bokhashvili cedera dan Ricky sering dimainkan jadi pilihan utama.

Baca Juga

Ricky Cawor mencetak tiga gol beruntun melawan Borneo FC, PSIS Semarang dan Bali United. Besar kemungkinan Ricky masuk daftar yang direkomendasikan.

Eks Persija Jakarta dan Persipura Jayapura itu diyakini sudah menjadi salah satu pemain kesayangan Seto.

Baca Juga

"Untuk persentase belum bisa saya bicarakan, tapi yang jelas, seandainya musim depan ingin lebih baik, akan ada perombakan (skuat)," ucap Seto.

Saat ini, beberapa nama bintang yang dirumorkan merapat ke PSS Sleman adalah Jonathan Bustos, Septian David Maulana, Ezra Walian hingga Nick Kuipers yang semuanya termasuk nama besar Liga 1.

Manajemen PSS Sleman belum angkat bicara terkait rumor-rumor pemain tersebut. Bisa jadi PSS kini masih "berperang" nilai kontrak dengan klub lain yang juga ingin berprestasi musim depan.

Baca Juga
PSS SlemanLiga IndonesiaSeto NurdiantoroLiga 1

Berita Terkini