x

3 Calon Pelatih Baru Persik Kediri, Opsi 'Barter' Teco!

Senin, 17 April 2023 12:14 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Prio Hari Kristanto
Persik Kediri yang kini tanpa pelatih tengah mencari arsitek anyar untuk musim depan, nama Stefano Cugurra Teco pun muncul ke permukaan. (Foto: MO Persik Kediri)

INDOSPORT.COM - Persik Kediri dipastikan menjadi salah satu tim yang tanpa dipimpin head coach alias pelatih kepala setelah merampungkan Kompetisi Liga 1 musim 2022/2023.

Bertepatan dengan kekalahan 0-1 dari Persis Solo di Stadion Maguwoharjo Sleman Kamis (13/04/23) lalu, Divaldo Alves menyatakan tak lagi stay.

Ada banyak faktor yang berpengaruh terhadap keputusan kedua belah pihak untuk berpisah. Kendati Divaldo banyak mendapatkan dukungan untuk bertahan.

Dukungan dari banyak kalangan itu memang tak lepas dari performa cemerlang Persik di putaran kedua. Termasuk saat memenangkan sembilan laga secara beruntun.

Tim berjulukan Macan Putih itu lantas dikait-kaitkan dengan sejumlah nama pelatih. Bahkan, salah satunya ada kemungkinan menempuh opsi barter.

Baca Juga

1. Joko Susilo

Mencuatnya nama Joko Susilo memang tak lepas dari rekam jejak kariernya sebagai pelatih di Liga 1. Dia sebelumnya menangani Persik periode 2020-2021.

Kiprahnya memang biasa saja. Pada musim perdana, dia baru memimpin tim selama 3 laga yang berujung 2 poin, sebelum Liga 1 berhenti karena pandemi covid-19.

Baca Juga

Sementara pada musim kedua, Joko Susilo menyumbang 5 poin dari 1 kali kemenangan, 2 hasil imbang dan 3 kali kalah pada 6 pekan awal.

Kontrak Joko Susilo kemudian disudahi oleh klub. Alfiat kemudian memimpin tim dalam beberapa pekan, sebelum kehadiran pelatih asal Chile, Javier Roca.

Lagipula, statusnya saat ini sudah bebas klub, setelah merampungkan tugas sebagai Pelatih Arema FC pada sembilan laga terakhir di Liga 1. Plus, Joko memang dikenal sebagai pelatih spesialis tim Jawa Timur. 

Baca Juga

1. 2. Fabio Lefundes

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco dalam banner Back to Back di Bali United Megastore. Foto: Nofik Lukman Hakim/Indosport.com

Pakem permainan Persik Kediri yang condong lebih cocok dengan arsitek tim asal Brasil, lantas memunculkan nama Fabio Araujo Lefundes.

Sebelumnya, Lefundes mengabdikan diri selama 1,5 tahun untuk Madura United. Tangan dinginnya sempat membawa MU bersaing di jalur juara.

Sayang, beragam dinamika membuat performa Madura United anjlok. Padahal, tatanan Tim Laskar Sape Kerrab sudah terbangun dari para orang Brasil.

Pada musim 2022/2023, Fabio Lefundes turut menyumbang 42 poin dari hasil 12 kemenangan, 6 kali imbang dan 9 kekalahan.

Terlebih, Persik Kediri juga tampaknya tak akan mengubah pakem ala Brasil. Indikasi itu menguat dengan bertahannya Anderson Nascimento dan Rohit Chand.

Baca Juga

3. Stefano Cugurra

Prediksi ini memang terbilang paling kecil peluangnya terjadi. Tapi, kedatangan pelatih yang akrab disapa Teco itu bukan mustahil terjadi ke Persik Kediri.

Bahkan, transfer Teco bisa menempuh opsi barter. Pasalnya, Divaldo Alves sedang deras diisukan menuju Bali United pasca tak lagi stay di Persik.

Baca Juga

Sementara pada saat ini, Teco juga sedang diisukan menyudahi kebersamaan dengan Bali United setelah mengabdi empat musim terakhir sejak 2019 silam.

Namun yang jelas, keinginan mendaratkan Teco memaksa Tim Macan Putih mesti mematok budget lumayan besar. Hal ini berkaitan dengan prestasinya.

Teco sebelumnya meraih Juara Liga 1 bersama Persija Jakarta musim 2018, sebelum melanjutkannya di Bali United pada 2019 dan 2021/2022.

Baca Juga
Persik KediriLiga IndonesiaStefano Cugurra TecoLiga 1TRIVIABerita Liga 1Fabio Araujo Lefundes

Berita Terkini