x

Juara Liga 1 2022-2023, Pelatih PSM Makassar Disorot Media Olahraga Ternama Portugal

Selasa, 18 April 2023 18:17 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Kesuksesan mengantar PSM Makassar meraih gelar juara Liga 1 2022-2023 membuat Bernardo Tavares menarik perhatian media olahraga di negara asalnya, Portugal.

INDOSPORT.COM – Kesuksesan mengantar PSM Makassar meraih gelar juara Liga 1 Indonesia 2022-2023 membuat Bernardo Tavares menarik perhatian media olahraga di negara asalnya, Portugal.

Hal ini diketahui lewat cuitan Bernardo Tavares di akun Twitter pribadinya pada Selasa (18/4/23). Sang pelatih mengunggah beberapa foto berita soal dirinya.

Beberapa media Portugal yang diunggah Bernardo Tavares seperti O Bola, Record dan O Jogo mengabarkan Tavares sukses membawa PSM juara Liga 1 musim ini.

Bernardo Tavares pun sangat senang dan berterima kasih karena masih ada media olahraga di negara asalnya yang mengikuti kiprahnya di sepak bola Indonesia.

“Terima kasih kepada surat kabar A Bola, Rekam dan O Jogo yang telah mengikuti perjalanan karier saya di Indonesia,” tulis Bernardo Tavares.

Baca Juga

Salah media yang diunggah Bernado Tavarez menyebut bahwa Tavares berhasil “meraih gelar juara di negeri 17.000 pulau”, yang merupakan julukan Indonesia.

Media lainnya menyebut Bernardo Tavares mengaku “senang usai memimpin PSM meraih gelar juara.”

Baca Juga

Media A Bola juga menyoroti keberhasilan PSM Makassar juara Liga 1 bersama Bernardo Tavares ini mengakhiri penantian gelar selama 23 tahun.

“Pelatih Portugal mematahkan puasa gelar PSM Makassr selama 23 tahun. Dirayakan dua hari menjelang akhir, setelah menang tandang. “Kami melakukan keajaiban nyata bersama”,” kata Bernardo Tavares kepada A Bola.

Sorotan media-media Portugal terhadap Bernardo Tavares tersebut memang cukup wajar. Mengingat, Tavares jadi pria Portugal pertama yang berhasil memenangkan gelar liga di Indonesia sebagai pelatih.

Baca Juga

1. Pelatih Terbaik Liga 1

Laga Liga 1 antara Madura United vs PSM Makassar di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan (Pamekasan), Jumat (31/03/23).

Sebelumnya, Indonesia juga memiliki beberapa pelatih Eropa yang mampu membawa timnya juara Liga 1 namun tidak satu pun mereka dari Portugal.

Henk Wullems adalah pelatih Eropa pertama asal Belanda yang berhasil juara Liga 1 bersama Pelita Bandung Raya pada 1996.

Selanjutnya ada Sergei Dubrovin dari Balti (Petrokimia Putra), Robert Rene Alberts dari Belanda (Arema FC), dan Simon McMenemy dari Skotlandia (Bhayangkara FC).

PSM Makassar di bawah asuhan Bernardo Tavares memang tampil meyakinkan sejak awal hingga akhir musim Liga 1 2022-2023.

Klub berjulukan Pasukan Ramang tersebut memastikan gelar juara Liga 1 musim ini setelah mengalahkan tuan rumah Madura United dengan skor 3-1, Jumat (31/3/23) malam.

Baca Juga

Selanjutnya, PSM Makassar sempat kalah 4-0 dari PSIS Makassar namun menang 3-2 atas Borneo pada dua pertandingan terakhir musim ini.

Tambahan enam poin dari tiga pertandingan terakhir itu membuat PSM menutup musim ini dengan raihan 75 poin dari 34 laga yang mereka mainkan.

Mereka unggul jauh 13 poin dari pesaing terdekatnya, Persija Jakarta yang finish di posisi kedua dengan torehan 66 poin.

Penyerahan trofi juara Liga 1 Indonesia kepada sang kampiun PSM Makassar berlangsung dengan meriah di Stadion Gelora BJ.  Habibie, Minggu (17/04/23).

Baca Juga

Selain mengantarkan tim asuhannya juara liga, Bernardo Tavares juga berhasil memenangkan penghargaan individu, yakni Pelatih Terbaik Liga 1.

Juru taktik berusia 42 tahun  itu menyisihkan tiga finalis lainnya. Mereka adalah Luis Milla (Persib Bandung), Thomas Doll (Persija Jakarta), dan Aji Santoso (Persebaya Surabaya).

Di sisi lain, Wiljan Pluim difavoritkan terpilih sebagai pemain terbaik dan Ananda Raehan sebagai pemain muda terbaik Liga 1 2022/2023.

Baca Juga
PortugalPSM MakassarLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1Liga 1 2022-2023Bernardo Tavares

Berita Terkini