x

4 Catatan Menarik Laga Man City Usai Hentikan Bayern Munchen di Liga Champions

Kamis, 20 April 2023 09:07 WIB
Penulis: Miftahul Huda | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Aksi penyerang Manchester City, Erling Haaland, saat melawan Bayern Munchen di Liga Champions. Foto: REUTERS/Heiko Becker.

INDOSPORT.COM - Manchester City berhak melaju ke semifinal Liga Champions 2022-23. The Citizens berhasil menghentikan langkah Bayern Munchen meski hanya bermain imbang.

Bermain di Allianz Arena, Kamis (20/4/23) dini hari WIB. Manchester City yang bermodal keunggulan 3-0 dari leg pertama nyaris unggul di babak pertama, andai penalti Erling Haaland tidak gagal.

Gol Haaland di menit ke-57 membuka keunggulan City sebelum Bayern Munchen menyamakan skor lewat penalti Joshua Kimmich di menit ke-82.

Skor imbang 1-1 bertahan hingga laga usai dan Manchester City berhak melaju ke babak semifinal dengan agregat 4-1.

Selanjutnya, tim besutan Pep Guardiola itu akan menghadapi Real Madrid, namun tidak ada salahnya menilik sejumlah catatan ajaib yang terjadi dalam laga Bayern vs Man City.

Baca Juga

Tuchel Kena Kartu Merah

Pelatih Bayern Munchen, Thomas Tuchel, terpaksa diusir wasit karena mendapati kartu merah dalam pertandingan.

Tepatnya pada menit ke-58 atau tiga menit setelah Joshua Kimmich mencetak gol penyama skor.

Baca Juga

Kartu merah yang didapat Tuchel itu sekaligus mencoreng lima pertandingan eks pelatih Chelsea itu bersama Die Roten sejak menggantikan Julian Nagelsmann.

Pep Guardiola Pecah Rekor

Keberhasilan Manchester City ke semifinal Liga Champions musim ini sekaligus membuat rekor tersendiri bagi Pep Guardiola.

Entrenador asal Spanyol itu kini telah mengoleksi 10 kali semifinal sepanjang sejarah. Ia menduduki catatan terbanyak, melewati rekor Carlo Ancelotti (9 kali semifinal).

Baca Juga

1. Haaland sang Alien

Laju Erling Haaland di Liga Champions masih sulit dibendung. Foto: Reuters/Phil Noble.

Jadi Top Scorer

Penampilan Erling Haaland dalam laga Bayern vs Man City pada leg kedua fase perempat final Liga Champions 2022-23, patut diacungi jempol.

Berkat gol semata wayang di laga tersebut, kini Haaland mengoleksi 12 gol dan melaju sendirian sebagai top scorer sementara musim ini.

Angka itu jadi rekor bagi pemain asal Liga Inggris dan menyamai catatan Ruud van Nistelrooy.

Tidak ada pemain dari Liga Inggris yang mencetak lebih banyak gol di Liga Champions dalam satu musim, selain Erling Haaland.

Pertama Kali Gagal Penalti

Erling Haaland gagal mengeksekusi penalti untuk pertama kalinya dalam kariernya di Manchester City saat bertandang ke markas Bayern Munchen dini hari tadi.

Baca Juga

The Citizens punya kans unggul pada menit ke-38 saat wasit Clement Turpin memberi hadiah penalti, setelah bek Bayern Munchen yakni Dayot Upamecano melakukan handball di kotak terlarang.

Penyerang asal Norwegia itu yang menjadi algojo gagal mencetak gol. Bola eksekusi penaltinya melambung di atas mistar.

Baca Juga

Haaland sejauh ini sudah delapan kali mengeksekusi penalti dan hanya satu yang meleset.

Performa tersebut membuat sejumlah klub-klub top Eropa mulai melirik sosoknya. Tak sedikit yang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk merekrut Haaland.

Tapi sang pemain sudah menegaskan bahwa dirinya akan menyelesaikan masa baktinya terhadap Manchester City hingga 2025 mendatang.

Baca Juga

Sumber: Twitter/WilliamHill, Sports Illustrated

Manchester CityLiga ChampionsBayern MunchenPep GuardiolaErling Braut Haaland

Berita Terkini