x

Profil Santiago Rublico Pemain Atletico Madrid, Bakal Repotkan Timnas Indonesia di SEA Games?

Jumat, 28 April 2023 15:09 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Timnas Indonesia U-22 bakal bersua Filipina di laga perdana sepak bola putra SEA Games 2023. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

INDOSPORT.COM - Mengenal lebih dekat sosok Santiago Rublico, pemain muda Atletico Madrid yang akan dihadapi Timnas Indonesia di SEA Games 2023.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-22 sebentar lagi bakal melakoni laga perdana Grup A di SEA Games 2023 Kamboja pada 29 April mendatang.

Ya, jadwal sepak bola putra sendiri memang sudah dimulai sebelum penyelenggara menggelar acara pembukaan pada 5 Mei nanti.

Pratama Arhan dkk berada di Grup A bersama sang tuan rumah, Kamboja, ditambah Myanmar, Timor-Leste, dan Filipina.

Sementara itu, di Grup B ada Thailand, Singapura, Laos, Malaysia, dan juara SEA Games 2021 yakni Vietnam.

Baca Juga

Timnas Indonesia bakal mengawali langkah mereka dengan menghadapi Filipina di Morodok Techo National Stadium, yang bisa disaksikan mulai pukul 16.00 WIB.

Di daftar pemain Filipina, ada satu nama yang cukup menarik untuk dibahas, yakni Santiago Rublico. Saat ini ia tengah berkarier di Liga Spanyol.

Baca Juga

Pemanggilan pemain yang satu ini ke SEA Games 2023 pun sudah diketahui oleh pelatih Timnas Indonesia U-22, Indra Sjafri.

Meski begitu, ia tidak ingin banyak berkomentar tentang Santiago Rublico, lantaran memilih pemain adalah kewenangan setiap pelatih termasuk Filipina.

"Kalau pemanggilan pemain Filipina, Saya gak bisa atur. Terserah dia mau panggil siapa pun," ujar Indra Sjafri.

Lantas, siapa sosok Santiago Rublico ini? Dirangkum dari berbagai sumber, simak secuil profilnya yang telah disusun redaksi INDOSPORT berikut.

Baca Juga

1. Profil Santiago Rublico

Timnas Indonesia U-22 bakal bersua Filipina di laga perdana sepak bola putra SEA Games 2023.

Santiago Rublico merupakan pemain Atletico Madrid yang saat ini masih berusia 17 tahun. Posisinya saat ini adalah bek.

Sebelumnya, ia pernah menimba ilmu di akademi Atletico Madrid selama 2011-2017 dan pindah ke Rayo Vallecano junior pada 2017-2022.

Dari sana, ia kembali ke Atletico Madrid pada 2022 dan bergabung dengan tim U-18 mereka sampai sekarang.

Pemain bernama lengkap Santiago Rublico Colminas ini pun masih tercatat sebagai pemain di skuad Atletico Madrileno Juvenil A.

Lahir pada 16 Agustus 2005, ia merupakan pemain keturunan Spanyol-Filipina. Meski masih berusia muda, profil dan CV-nya terbilang cukup lumayan.

Baca Juga

Sebelum SEA Games 2023, ia sudah pernah dipanggil ke tim senior Filipina untuk menghadapi Kuwait di agenda FIFA Match Day bulan Maret lalu.

“Pemain muda Santi Rublico akan bergabung dengan timnas Filipina untuk laga persahabatan lawan Kuwait dan Yordania,” tulis Mundo Deportivo saat itu.

Baca Juga

Sayangnya, Timnas Filipina gagal memetik kemenangan baik kontra Kuwait maupun Yordania, meski berisikan Santi Rublico dan sejumlah pemain klub Eropa lainnya.

Sebagai pemain keturunan, nampaknya mudah saja bagi Santi Rublico untuk memilih Timnas Spanyol, yang selama ini sudah dikenal dengan deretan pemain mudanya.

Akan tetapi, ia pada akhirnya memilih Filipina dan hanya tinggal menunggu waktu sampai dirinya jadi bintang besar di skuad The Azkals.

Baca Juga

2. Yang Harus Diwaspadai Timnas Indonesia U-22

Acara pelepasan Timnas Indonesia U-22 ke SEA Games 2023 Kamboja oleh Ketum PSSI, Erick Thohir, di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat (21/04/23). Foto: PSSI.

Saat ini, Santiago Rublico Colminas butuh pengalaman dan jam terbang yang lebih banyak. SEA Games 2023 bersama Timnas Filipina U-22 pun bisa jadi salah satu jalannya.

Yang Harus Diwaspadai Timnas Indonesia U-22

Berdasarkan laporan dari WorldWideScouting, Santi Rublico dideskripsikan sebagai produk akademi Atletico Madrid yang sangat potensial.

Ia mampu mengisi setiap titik di area sayap, dan menampilkan detail yang apik baik saat membawa maupun tidak membawa bola.

Masih dalam paparan yang sama, Santi Rublico disebut memiliki kualitas berupa kecepatan, work rate yang bagus, dan kelincahan.

Tentu patut dinanti akan seperti apa sepak terjang pemain muda Atletico Madrid yang satu ini di SEA Games 2023 nanti.

Timnas Filipina U-22 di SEA Games 2023 ditangani oleh eks Cambridge United, Rob Gier. Pelatih asal Inggris ini pun menargetkan anak-anak asuhnya sampai ke semifinal.

Jadwal Timnas Indonesia U-22 Sepak Bola SEA Games 2023 Grup A

Sabtu, 29 April 2023 - Indonesia vs Filipina

Kamis, 4 Mei 2023 - Indonesia vs Myanmar

Minggu, 7 Mei 2023 - Timor-Leste vs Indonesia

Rabu, 10 Mei 2023 - Kamboja vs Indonesia

Jadwal Timnas Filipina U-22 Sepak Bola SEA Games 2023 Grup A

Sabtu, 29 April 2023 - Indonesia vs Filipina

Selasa, 2 Mei 2023 - Filipina vs Kamboja

Kamis, 4 Mei 2023 - Timor-Leste vs Filipina

Rabu, 10 Mei 2023 - Filipina vs Myanmar

Sumber: en.atleticodemadrid.com, transfermarkt, worldwidescouting

Atletico MadridSEA GamesFilipinaFilipina U-23Timnas IndonesiaBola InternasionalTimnas Indonesia U-22Berita Timnas IndonesiaSEA Games 2023

Berita Terkini