x

Cadangkan Legenda Barcelona, Vissel Kobe Bangkit dan Jadi Calon Kuat Juara Liga Jepang

Rabu, 3 Mei 2023 15:43 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Andres Iniesta jarang dimainkan oleh Vissel Kobe pada Liga Jepang (J1 League) musim 2023.

INDOSPORT.COM - Vissel Kobe hancur lebur pada musim lalu, namun kini mereka bangkit dan menjadi penguasa klasemen sementara Liga Jepang (J1 League) musim 2023.

Salah satu perubahan besar yang dilakukan pelatih Takayuki Yoshida adalah mengandalkan darah lokal dalam formasi utama Vissel Kobe musim ini.

Pemain-pemain asing ternama hampir tak mendapat tempat di tim utama. Andres Iniesta contohnya yang baru bermain dua kali musim ini dengan total 12 menit bermain.

Bahkan Phelipe (Brasil), Sergi Samper (Spanyol), dan Lincoln (Brasil) belum pernah bermain sama sekali, sedanhkan Stefan Mugosa (Montenegro) baru bermain dua menit sepanjang musim.

Pelatih Takayuki Yoshida lebih mengandalkan nama-nama lokal dalam formasi 4-3-3 andalannya.
Kiper Daiya Maekawa dibentengi kuartet Gotoku Sakai, Tetsushi Yamakawa, Yuki Honda, dan Ryo Hatsuse di lini belakang.

Baca Juga

Di tengah ada trio Mitsuki Saito, Hotaru Yamaguchi, dan Haruya Ide yang hampir selalu jadi andalan. Yamaguchi jadi kapten tim ketika Iniesta tak bermain.

Di depan, trisula Jepang rasa Eropa, Yoshinori Muto, Yuya Osako, dan Koya Yuruki, melengkapi tim Vissel Kobe yang tampil luar biasa musim ini.

Yoshinori Muto pernah bermain di Mainz 05, Newcastle United, hingga Eibar. Sedangkan Yuya Osako pernah bermain untuk 1860 Munich, FC Koln, hingga Werder Bremen.

Baca Juga

Yuya Osako jadi top skor tim musim ini dengan enam gol, hanya tertinggal satu gol dari top skor sementara liga, Anderson Lopes (Yokohama F. Marinos).

Sedangkan Yoshinori Muto punya lima assist dan kiper Daiya Maekawa mencatat lima nirbobol, keduanya jadi yang terbanyak di Liga Jepang musim ini.

Baca Juga

1. Vissel Kobe Pimpin Klasemen Sementara

Vissel Kobe musim ini menjadi salah satu calon juara Liga Jepang (J1 League) musim 2023.

Usai melakoni 11 pertandingan Vissel Kobe semakin kokoh di puncak klasemen sementara J1 League musim 2023.

Tim yang diperkuat legenda Barcelona, Andreas Iniesta, itu berhasil menahan imbang tuan rumah Nagoya Grampus dengan skor 2-2 di Toyota Stadium, Rabu (03/05/23).

Gol tim asuhan Takayuki Yoshida tersebut disumbangkan oleh Yuya Osaka dan Daiju Sasaki, sedangkan gol tuan rumah dicetak oleh Kasper Junker dan Haruya Fujii.

Hasil tersebut membuat Vissel Kobe tetap kokoh di puncak klasemen sementara J1 League musim 2023.

Vissel Kobe meraih 7 kemenangan, 2 imbang, dan hanya 2 kalah, dengan total perolehan 23 poin dari 11 pertandingan.

Baca Juga

Vissel sejauh ini mencatat 23 gol dan jadi tim tersubur di J1 League, sekaligus jadi tim dengan kebobolan tersedikit dengan baru kebobolan 8 gol saja.

Prestasi musim ini jelas berbanding terbalik dengan musim lalu, di mana dari 11 pertandingan pertama J1 League musim 2022, Vissel Kobe menjadi juru kunci dengan catatan 4 poin.

Beruntung pada klasemen akhir J1 League musim 2022 lalu, Vissel Kobe lolos dari degradasi dengan finish di posisi ke-13 dengan torehan 40 poin dari 34 laga.

Baca Juga
Andres IniestaJ1 LeagueBola InternasionalLiga JepangVissel Kobe

Berita Terkini