x

Cerita Rachmat Irianto dan Kambuaya Sebelum ke Persib, Sama-sama Ditawari Persija

Rabu, 3 Mei 2023 06:40 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Rachmat Irianto, sudah satu musim bergabung dengan tim Persib Bandung. Namun ada cerita menarik dibalik proses kepindahannya dari Persebaya Surabaya.

INDOSPORT.COM - Rachmat Irianto, sudah satu musim bergabung dengan tim Persib Bandung. Namun ada cerita menarik dibalik proses kepindahannya dari Persebaya Surabaya ke skuad Maung Bandung.

Sebagai informasi, Rachmat Irianto bergabung dengan Persib untuk persiapan mengarungi kompetisi Liga 1 2022-2023, saat itu dia direkrut bersama Ricky Kambuaya.

Kedua pemain tersebut, diumumkan bergabung dengan skuat Maung Bandung melalui akun media sosial tim salah satunya di Instagram @persib, Rabu (06/04/22) pagi.

Menurut Rian sapaan akrab Rachmat Irianto, sebelum bergabung dengan Persib, rekan setimnya di Persebaya Ricky Kambuaya bertanya kepadanya terkait tawaran dari skuad Maung Bandung.

"Ricky yang tanya ke saya, Ricky tanya ke saya di waktu latihan, Rian kamu dapat tawaran gak dari Persib?, iya saya dapat tawaran," kata Rian dikutip dari akun YouTube Persib.

Baca Juga

Selain itu, saat itu Rian juga balik bertanya mengenai tim mana saja yang berminat untuk merekrutnya. Saat itu, Ricky Kambuaya mengaku selain dari Persib dia juga mendapatkan tawaran dari Persija.

Sama seperti Ricky Kambuaya, Rian juga mengaku mendapatkan tawaran dari Persija, namun saat itu ia memutuskan untuk memilih skuad Maung Bandung. 

Baca Juga

"Kamu dapat tawaran dari mana?, dia jawab saya ada dari Persija, saya juga jawab saya juga dapat dari Persija, cuma saya lebih ke Persib," ungkapnya.

Rian menuturkan, saat itu Ricky Kambuaya akhirnya mengikuti jejaknya untuk bergabung dengan tim kebanggaan Bobotoh guna persiapan menghadapi kompetisi Liga 1 musim 2022-2023.

"Kalau Kakak terserah, mau ke Persija apa ke Persib, kalau saya ke Persib. Saya sudah jawab seperti itu, akhirnya Ricky juga ya sudah saya ikut ke Persib saja," jelasnya

Baca Juga

1. Jalani Proses Cukup Berat

Pemain Persib, Rachmat Irianto.

Lebih lanjut Rian menuturkan, prosesnya untuk bergabung dengan Persib cukup panjang, bahkan dia tak menampik cukup berat untuk menentukan masa depan guna menghadapi kompetisi Liga 1 2022-2023.

Pasalnya, sebagai pemain asli Surabaya, sejak kecil Rian memiliki keinginan untuk bermain untuk tim asal kota kelahirannya Persebaya.

"Separuh nyawa saya menghilang rasanya, karena saya lahir di Surabaya besar di Surabaya dan cita-cita kecil saya bermain untuk Persebaya," ungkapnya.

Saat itu, sang Ayah yang merupakan legenda Persebaya, Bejo Sugiantoro, memintanya untuk bertahan. Namun, Ibunya memberikan saran kepadanya untuk mencari klub baru.

Sehingga, akhirnya bek Timnas Indonesia ini memutuskan untuk menerima tawaran dari tim Persib untuk persiapan menghadapi kompetisi Liga 1 musim 2022-2023.

Baca Juga

"Awal saya memilih Persib ya itu tadi, pertama karena ibu saya, diantara bapak yang ingin mempertahankan saya di Persebaya dan ibu yang ingin menyarankan saya lebih baik mencari tim baru, seperti itu," jelasnya.

Sementara itu, Manajemen Persib, saat itu mengikat kontrak dengan durasi cukup panjang dan berbeda satu sama lain, Ricky Kambuaya selama dua tahun sedangkan Rachmat Irianto tiga musim.

Baca Juga

Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Teddy Tjahjono menuturkan, ada beberapa pertimbangan yang membuat manajemen Persib memberikan kontrak dengan durasi yang cukup panjang bagi kedua pemain tersebut.

Selain kualitas yang dimiliki Ricky Kambuaya dan Rachmat Irianto, kedua pemain tersebut usianya masih cukup muda. Sehingga, manajemen Persib memilih untuk menjalin kerjasama dengan durasi lebih dari satu musim.

Saat itu, Ricky Kambuaya berusia 25 tahun dan bersama Persebaya dia tampil dalam 18 laga serta menyumbangkan enam gol. Sedangkan Rachmat Irianto, berusia 22 tahun dan bermain bersama tim Bajul Ijo dalam 21 pertandingan.

Baca Juga
Persib BandungPersija JakartaLiga IndonesiaLiga 1Rachmat IriantoBerita Liga 1Ricky Kambuaya

Berita Terkini