x

Bakal Bawa Pulang Messi, Para Menteri Penting Barcelona Justru Satu Persatu Pergi!

Kamis, 4 Mei 2023 00:10 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Mateu Alemany tidak sendirian dalam rencananya meninggalkan kursi direktur raksasa Liga Spanyol (La Liga), Barcelona, musim depan. (Foto: REUTERS/Albert Gea/File Photo)

INDOSPORT.COM - Mateu Alemany tidak sendirian dalam rencananya meninggalkan kursi direktur raksasa Liga Spanyol (La Liga), Barcelona, musim depan.

Jordi Cruyff pun diklaim tengah memperhitungkan untuk pergi dari Camp Nou usai 2022/2023 berakhir yang mana akan membuat Los Cules kehilangan banyak figur penting di balik layar.

Akan cabutnya Alemany dari posisi direktur sepakbola sudah dipastikan oleh Barcelona pada Rabu (03/05/23). Kontraknya masih tersisa hingga Juni 2024 namun keputusannya untuk hengkang sudah bulat.

Belum diketahui kemana nantinya eks manajer Valencia itu pergi namun dugaan terkuat ia mendapatkan tawaran untuk memegang posisi penting di Aston Villa.

Info tersebut dibocorkan oleh Fabrizio Romano. Saat ini detil kontrak dengan The Villans terus dikebut dan Mateu Alemany tidak sabar memulai petualangan baru di Liga Inggris.

Baca Juga

Selain tentunya gaji yang tinggi, Alemany tergoda dengan tawaran Villa karena ia akan punya wewenang yang lebih besar ketimbang di Barcelona.

Mundo Deportivo dan Sport mengabarkan jika Cruyff yang saat ini menduduki posisi direktur olahraga diproyeksikan akan menjadi pengganti namun ia justru ingin ikut mengosongkan lokernya di Camp Nou.

Baca Juga

Putra dari legenda klub Johan Cruyff tersebut memang belum dibuatkan pernyataan resminya oleh Barcelona namun sejak lama ia memang hanya ingin menandatangani kontrak tahunan agar bisa lebih bebas menentukan kemana akan melangkah.

Motivasi Jordi Cruyff untuk pergi tidak jauh berbeda yang minimnya kekuasaan sebagai direktur.

Barcelona sepertinya tidak keberatan harus ditinggal dua figur tadi dengan dirumorkan kata setuju sudah keluar dari mulut manajer tim, Xavi Hernandez, dan Joan Laporta selaku presiden.

Baca Juga

1. Dua Nama Kandidat Pengganti

Jordi Cruyff.

Jordi Cruyff dan terutama Mateu Alemany adalah dua sosok yang jasanya amat besar terutama dalam perjuangan Barcelona memerangi kebangkrutan.

Kepandaian dalam bernegosiasi membuat Alemany bisa tetap membuat La Blaugrana mendatangkan banyak pemain berkualitas meski di dalam rekening klub nyaris tidak ada dana transfer lagi.

Sebut saja Franck Kessie, Andreas Christensen, Marcos Alonso, atau Eric Garcia yang masing-masing punya peran sendiri dalam sukses tim menjadi calon kuat juara Liga Spanyol 2022/2023.

Alemany juga memulai kultur yang lebih sehat dalam menggaji pemain agar tidak ada kebocoran anggaran lagi. Sesuatu yang cukup krusial karena salah perhitungan bisa membuat Barcelona dilarang melakukan registrasi pemain atau bahkan degradasi dan kini mimpi untuk memulang lagi Lionel Messi mulai bisa terwujud karenanya.

Barcelona berharap bisa menemukan lagi figur yang bisa bekerja sama baiknya seperti Alemany dan Cruyff dan pilihan mereka bisa jadi adalah 'orang dalam'.

Baca Juga

Ia adalah Deco yang tidak lain merupakan eks pemain era 2004-2008. Saat ini pria berpaspor Portugal kelahiran Brasil itu bekerja untuk Barcelona sebagai pemandu bakat.

Deco yang juga berstatus sebagai agen dari Raphinha dan banyak pemain lainnya tersebut dianggap cocok menjadi direktur baru karena paham dengan kultur klub.

Baca Juga

Namun Barcelona sebenarnya tidak anti membawa orang baru ke Camp Nou. Hal ini dibuktikan dengan dibicarakannya nama Antonio Cordon, sosok yang menjadi direktur saat AS Monaco juara Liga Prancis 2016/2017 dan Real Betis memenangi Copa del Rey 2021/2022.

Ia punya hubungan baik dengan Jordi Cruyff karena pernah bekerja sama di tim nasional Ekuador sehingga jika pria Belanda itu bertahan maka kans Barcelona mendapatkannya akan semakin besar.

Bukan pekerjaan mudah menggantikan figur sehebat Mateu Alemany bagi siapapun yang direkrut nanti terutama setelah musim ini terutama di Liga Spanyol standar tinggi telah dipasang.

Baca Juga

Sumber: Sport, Mundo Deportivo

BarcelonaDecoJordi CruyffLiga SpanyolMateu Alemany

Berita Terkini