x

Intip! Ada 3 Fakta Unik di Daftar Top Skor Sepak Bola Putra SEA Games 2023

Jumat, 5 Mei 2023 10:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Salah satu suasana pertandingan sepak bola putra SEA Games 2023 antara Timnas Indonesia U-22 menghadapi Myanmar, Kamis (04/05/23). Foto: PSSI.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-22 baru saja melumat Myanmar di pertandingan Grup A sepak bola putra SEA Games 2023, Kamis (04/05/23) kemarin.

Tidak tanggung-tanggung, tim asuhan Indra Sjafri menang besar dengan menggempur lawannya lima gol tanpa balas.

Masing-masing gol tersebut dicetak oleh Marselino Ferdinan (19’), Ramadan Sananta (29’, 60’), Fajar Fathur Rahman (74’), dan Titan Agung (88’).

Kemenangan 5-0 ini pun membuat Timnas Indonesia U-22 berjaya di klasemen Grup A dengan raihan poin penuh (6), yang diraih dari dua pertandingan.

Sebelumnya, mereka juga menang 3-0 atas Filipina pada matchday pertama. Bahkan sampai detik ini, Timnas Indonesia U-22 juga belum pernah kebobolan sau gol pun.

Baca Juga

Tentu saja ini sebuah kabar baik bagi para suporter dan segenap rakyat Indonesia, yang berharap tim nasional sepak bola putra bisa melaju jauh di SEA Games 2023.

Dengan hasil ini, Timnas Indonesia U-22 sudah berada di jalur yang tepat untuk meraih tiket semifinal, terlebih tidak ada lawan yang terlampau berat di Grup A.

Baca Juga

Setelah laga kontra Myanmar, Marselino Ferdinan dkk masih menyisakan dua pertandingan sebelum putaran grup sepak bola putra SEA Games 2023 berakhir.

Mereka dijadwalkan bersua Timor-Leste U-22 pada 7 Mei pukul 16.00 WIB dan yang terakhir Kamboja U-22 pada 10 Mei pukul 19.00 WIB.

Tentu patut dinanti sepak terjang Timnas Indonesia U-22 di Grup A sepak bola putra SEA Games 2023, mengingat status mereka saat ini sebagai penguasa klasemen.

Baca Juga

1. Melihat Fakta-Fakta Unik di Daftar Top Skor

Salah satu suasana pertandingan sepak bola putra SEA Games 2023 antara Timnas Indonesia U-22 menghadapi Myanmar, Kamis (04/05/23). Foto: PSSI.

Menjadi penguasa klasemen dengan poin penuh, seabrek gol, dan belum kebobolan pun tidak ayal menjadi catatan tersendiri bagi Timnas Indonesia U-22.

Bahkan, raihan tersebut juga memengaruhi situasi di klasemen sementara top skor, di mana ada tiga fakta unik nan menarik yang layak dibahas. Apa saja?

Timnas Indonesia U-22 Mendominasi

Salah satu hal menarik dari daftar top skor sepak bola putra SEA Games 2023 sejauh ini adalah nama-nama di dalamnya yang dikuasai pemain Indonesia.

Bahkan, tiga dari lima daftar teratas berhasil dikuasai Garuda Muda dengan menempatkan Marselino Ferdinan, Ramadhan Sananta, dan Fajar Fathur Rahman.

Tiga pemain ini masing-masing punya andil menciptakan gol pada matchday pertama dan kedua, yang membuat mereka berhasil bertengger di papan atas.

Baca Juga

Dengan torehan dua gol, Marselino Ferdinan, Ramadhan Sananta, dan Fajar Fathur Rahman kini pun memimpin daftar top skor bersama dua pemain lainnya.

Mereka adalah Chou Sinti dari Kamboja dan Nguyen van Tung dari Vietnam. Jumlah ini tentu masih bisa bertambah karena pertandingan di fase grup masih berlangsung.

Baca Juga

Namun nama pemain Indonesia di daftar top skor sepak bola SEA Games 2023 ternyata tidak berhenti pada tiga sosok tersebut saja.

Skuad Garuda Muda masih memiliki Irfan Jauhari dan Titan Agung yang telah mencatatkan satu gol. Mereka pun bersaing dengan sejumlah pemain dari tim lain.

Sebut saja beberapa di antaranya Syahir Bashah, Najmudin Akmal dari Malaysia, Ky Rina dari Kamboja. 

Baca Juga

2. Fakta-Fakta Unik Lainnya

Salah satu suasana pertandingan sepak bola putra SEA Games 2023 antara Timnas Indonesia U-22 menghadapi Myanmar, Kamis (04/05/23). Foto: PSSI.

Vietnam ‘Sepi’

Berstatus juara edisi lalu, Timnas Vietnam U-22 pun auto diunggulkan sebagai calon juara di sepak bola SEA Games 2023.

Sejauh ini, mereka berhasil menjawab ekspektasi itu dengan cukup baik, yakni berada di posisi puncak klasemen sementara Grup B.

Mereka memenangkan dua laga perdananya masing-masing dengan kemenangan atas Laos U-22 (2-0) dan Singapura U-22 (3-1). Mereka pun telah kebobolan satu kali.

Hasil ini, tidak hanya membawa Timnas Vietnam U-22 ke puncak klasemen, tetapi juga menempatkan beberapa pemain mereka di daftar top skor.

Hanya saja, baru ada satu nama yang bertengger di daftar teratas menyaingi trio pemain Indonesia yakni Nguyen Van Tung.

Selebihnya, tim muda Vietnam menempatkan dua pemainnya masing-masing di daftar pencetak satu gol.

Mereka adalah Nguyen Quoc Viet dan Nguyen Thai Son. Sementara itu, satu dari lima gol Vietnam U-22, berasal dari ‘sumbangan’ pemain Singapura, Mohamed Ilhan bin Mohamed Noor.

Ramai Gol Bunuh Diri

Selain bicara soal siapa-siapa saja penghuni daftar top skor sepak bola putra SEA Games 2023, rasanya juga menarik jika membahas para pemain yang mencetak gol bunuh diri.

Pasalnya, fenomena ini ternyata sudah sering terjadi sepanjang dua pertandingan pertama grup. Ada lima gol bunuh diri!

Selain Mohamed Ilhan bin Mohamed Noor, ada sejumlah pemain yang telah ‘mencetak’ satu gol tapi ke gawangnya sendiri di laga grup.

Uniknya lagi, semua insiden ini terjadi di Grup B! Sebut saja Ubaidullah Shamsul (Malaysia), Vu Tien Long (Vietnam), Sonexay Phanhthaxay dan Anantaza Siphongphan (Laos).

Bola InternasionalTimnas Indonesia U-22Top SkorMarselino FerdinanBerita Timnas IndonesiaFajar FaturrahmanRamadhan SanantaSEA Games 2023

Berita Terkini