x

Liga 1: Kinerja Bagus, Persik Kediri Kembali Pakai Jasa Eks Kiper Timnas U-23

Minggu, 7 Mei 2023 10:35 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Indra Citra Sena
Persik Kediri pertahankan Kartika Ajie utk posisi kiper. (Foto: MO Persik Kediri)

INDOSPORT.COM - Persik Kediri terus mengumpulkan satu per satu kepingan lini kekuatan tim dalam persiapan mengarungi Liga 1 Indonesia 2023-2024.

Posisi penjaga gawang kini menjadi atensi utama tim berjulukan Macan Putih tersebut. Mereka kembali memberi kepercayaan terhadap Kurniawan Kartika Ajie.

Eks kiper timnas Indonesia U-23 saat berlaga di SEA Games 2017 itu diberi perpanjangan kontrak selama semusim ke depan. Artinya, Ajie bertahan di Persik.

Kurniawan Kartika Ajie lantas menjadi kiper kedua yang masa depannya sudah dipastikan tetap berlaga di Stadion Brawijaya Kediri musim ini.

Satu nama lain adalah Dikri Yusron Afafa. Baik dia maupun Kartika Ajie seringkali menjadi andalan Persik di bawah mistar gawang selama Liga 1 musim lalu.

Baca Juga

Sementara itu, klub baru merilis satu kiper yang tak lagi dipertahankan, yakni Geril Kapoh yang dipinjam dari Sulut United pada pertengahan musim lalu.

Geril menjadi proyeksi tim yang ketika itu ditangani Divaldo Alves, sebagai pengganti Adi Satryo yang pindah ke PSIS Semarang pada paruh musim kompetisi.

Baca Juga

Persik Kediri pun menjelaskan situasi yang terjadi saat ini terhadap para pemainnya, termasuk tiga nama yang mengisi pos penjaga gawang.

"Untuk perpanjangan (kontrak) pemain, tentu kami berkoordinasi dengan jajaran pelatih. Termasuk asisten pelatih kiper yang memang mengetahui sisi teknis dan kebutuhan tim ke depan," ucap Direktur Persik Kediri, Arief Syarifuddin, Sabtu (6/5/23).

Baca Juga

1. Kontribusi Mumpuni

Persik Kediri pertahankan Kartika Ajie utk posisi kiper. (Foto: MO Persik Kediri)

Seiring hal itu, kebijakan Persik Kediri mempertahankan Kurniawan Kartika Ajie dipandang sebagai langkah yang tepat untuk menguatkan sektor kiper.

Selama 34 pekan Liga 1 2022-2023, kiper kelahiran Balikpapan berusia 26 tahun itu memberi kontribusi mumpuni. Dia tampil dalam 14 pertandingan, 13 di antaranya terpilih sebagai starter alias pilihan utama.

Dari jumlah caps itu, gawang Ajie kebobolan dengan 12 gol dalam 7 pertandingan Liga 1. Namun, dia mencatat tujuh clean sheet menjaga gawangnya.

Persik lantas menaruh harapan tinggi terhadap kiper yang juga sempat menjalani peminjaman di Liga 2 bersama Rans Nusantara FC tersebut.

Baca Juga

"Kami berharap ke depan, Kurniawan Kartika Ajie dapat terus memberikan kontribusi maksimal dan prestasi lebih baik lagi," ujar Arief Syarifuddin.

Munculnya nama Kurniawan Kartika Ajie memang tak lepas dari performanya saat membela timnas U-23 di Sea Games Kuala Lumpur pada 2017 lalu.

Bersama Satria Tama, Kartika Ajie bergantian mengawal ketangguhan lini pertahanan timnas Indonesia U-23 hingga mampu meraih medali perunggu di sana.

Baca Juga

Faktor itulah yang membuat Arema FC memboyongnya pada 2018. Kartika Ajie lantas ikut merasakan trofi juara Piala Presiden 2019.

Persaingan kiper yang kompetitif membuat Kartika Ajie dipinjamkan ke Rans Nusantara FC pada 2021 dan berlanjut ke Barito Putera, sebelum akhirnya berlabuh di Persik Kediri sejak 2022.

Persik KediriLiga IndonesiaLiga 1Kurniawan Kartika AdjieBola IndonesiaBerita Liga 1One Football

Berita Terkini