x

SEA Games: Media Vietnam Bawa 'Kabar Duka' Jelang Kamboja vs Timnas Indonesia

Rabu, 10 Mei 2023 16:27 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Sebuah ‘kabar duka’ disampaikan oleh media Vietnam jelang laga Kamboja vs Timnas Indonesia U-22 di laga pemungkas fase grup sepak bola SEA Games 2023. Foto: PSSI.

INDOSPORT.COM – Sebuah ‘kabar duka’ disampaikan oleh media Vietnam jelang laga Kamboja vs Timnas Indonesia U-22 di laga pemungkas fase grup sepak bola SEA Games 2023.

Dua pertandingan pamungkas Grup A cabor sepak bola putra SEA Games 2023 akan dilangsungkan secara bersamaan pada hari ini, Rabu, 10 Mei 2023, pukul 19.00 WIB.

RSN Stadium akan menjadi venue pertandingan Filipina vs Myanmar, sedangkan Olympic National Stadium akan jadi saksi Kamboja melawan Timnas Indonesia U-22.

Timnas Indonesia U-22 sudah lebih dulu memastikan lolos ke semifinal sebagai juara Grup A. Oleh karenanya, dua laga ini akan jadi ajang perebutan status runner-up grup.

Secara matematis, Myanmar dan Kamboja memiliki kesempatan yang sama untuk lolos ke semifinal sebagai runner-up. Namun, media Vietnam, Soha, malah membuat tuan rumah berkecil hati.

Baca Juga

Dalam ulasannya yang terbit pada Rabu pagi WIB, Soha menyatakan Timnas Kamboja U-22 harus menerima “akhir yang menyedihkan” karena akan tersingkir dari turnamen.

“Kemungkinan besar, hanya dengan meluncurkan pemain pelapis, Indonesia U-22 sudah cukup mampu mengalahkan Kamboja, dan langsung membuat lawan tersingkir dari SEA Games ke-32,” tulis Soha pada headline beritanya.

Baca Juga

Menurut Soha, Kamboja sudah tidak bisa menentukan nasibnya sendiri untuk bisa lolos ke semifinal jika kalah dari Indonesia, dan Myanmar kalah dari Filipina.

Kemungkinan dua skenario tersebut terjadi juga sangat kecil, sehingga Kamboja hanya berharap keajaiban mengingat kecilnya peluang untuk lolos dari fase grup.

Saat ini, Timnas Indonesia U-22 dominan di puncak klasemen Grup A dengan 9 poin, sedangkan Myanmar ada di tempat kedua dengan 6 poin, sedangkan Kamboja di tempat ketiga dengan 4 poin.

Filipina menghuni juru kunci Grup A dengan mengoleksi satu poin dari tiga pertandingan yang dilakoni dengan raihan sekali imbang dan dua kali kalah.

Baca Juga

1. Media Vietnam: Kamboja Kalah Mental dari Indonesia

Selebrasi pemain Timnas Indonesia, Ramadhan Sananta, usai mencetak gol dengan tandukan ke gawang Timor-Leste, Minggu (07/05/23). Foto: PSSI.

Dalam ulasannya, Timnas Kamboja U-22 besutan Keisuke Honda dan Ryu Hirose masih kalah segalanya dari Garuda Muda besutan Indra Sjafri.

Mulai dari performa, komposisi pemain hingga mental jadi faktor yang bisa membuat Kamboja bakal dihancurkan oleh Timnas Indonesia U-22. Poin lainnya yakni keberanian.

“Jelas, keberanian adalah sesuatu yang kurang dimiliki Kamboja U-22 meskipun mereka pernah berambisi memperebutkan gelar juara sebelum SEA Games berlangsung,” tulis Soha.

Indonesia saat ini menjadi tim dengan catatan produksi gol terbanyak, yakni 11 gol dari tiga pertandingan yang dijalani, dan yang belum pernah kebobolan sejauh ini.

Indra Sjafri juga sudah mengutarakan kemungkinan akan menurunkan pemain pelapis karena ingin mengistirahatkan skuad utama untuk menatap laga semifinal.

Baca Juga

Namun dengan kedalaman skuad yang dibawa, Indonesia mungkin tetap tidak akan kesulitan menghadapi Kamboja, atau setidaknya menaham imbang tuan rumah.

“Peluang Kamboja U22 semakin sempit karena di laga sisa, Myanmar bakal sulit dikalahkan Filipina, tim tersebut sudah pasti tersingkir dan tampil sangat buruk,” lanjut Soha.

Baca Juga

Myanmar merupakan tim yang tampil cukup baik di SEA Games 2023. Di laga sebelumnya, kemenangan atas Kamboja membuktikan bahwa mereka layak merebut tiket ke babak semifinal.

Menghadapi Filipina yang tampil buruk dan tidak lagi punya misi tersembunyi membuka kesempatan Myanmar meraih kemenangan lagi sebelum percaya diri menatap semifinal.

Soha pun menyimpulkan, laga melawan Timnas Indonesia U-22 mungkin hanya akan membuat Kamboja kehilangan martabatnya di depan para pendukungnya jika kalah.

Baca Juga

Sumber: Soha

VietnamKambojaMyanmarBola InternasionalTimnas Indonesia U-22SEA Games 2023

Berita Terkini