x

Timnas U-22 Singkirkan Vietnam dengan 10 Pemain, Begini Komentar Erick Thohir

Minggu, 14 Mei 2023 15:10 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
Timnas Indonesia singkirkan Vietnam pada babak semifinal SEA Games 2023 di National Olympic Stadium, Sabtu (13/05/23).

INDOSPORT.COM - Ketua umum PSSI, Erick Thohir memberikan acungan jempol untuk penampilan Timnas Indonesia U-22 di babak semifinal SEA Games 2023 melawan Vietnam di National Olympic Stadium, Sabtu (13/05/23) sore di Kamboja. Skuad Garuda menang dengan skor 3-2.

Laga Timnas U-22 vs Vietnam berlangsung sangat ketat. Indonesia dua kali memimpin lewat gol Komang Teguh ('9) dan Muhammad Ferrari ('55), tapi bisa disamakan oleh Vietnam, sebelum akhirnya Muhammad Taufany Muslihuddin mencetak gol kemenangan pada menit 90+5.

Sebelum gol penentu Taufany, Timnas U-22 terus dikurung Vietnam. Penyebabnya adalah Indonesia hanya bermain dengan 10 setelah Pratama Arhan dikartu merah (kartu kuning kedua) pada menit ke-60.

Laga tersebut juga disaksikan langsung Ketua umum PSSI, Erick Thohir. Pria yang juga Menteri BUMN itu memuji penampilan Timnas U-22 yang pantang menyerah, meski hanya diperkuat 10 pemain pada 30 menit terakhir.

Erick Thohir menyebut, pemain Timnas U-22 punya nyali yang besar dan dia berterima kasih. Hal itu jadi kunci kemenangan atas Vietnam.

Baca Juga

"Terima kasih kepada pemain-pemain kita di lapangan, yang saya selalu ingatkan bahwa kita punya mental, punya nyali, ada hari ini. Itu yang membuat kita menang," katanya.

"Dengan 10 pemain, kita kebobolan karena kita terus lawan terus lawan, tinggal dua menit, kita menggolkan. Itulah Indonesia yang kita mau," tambah Erick Thohir.

Baca Juga

Ketua umum PSSI juga tak lupa mengucapkan terima kasih atas dukungan langsung suporter Indonesia di Kamboja. Ribuan suporter yang datang mampu membakar semangat Marselino Ferdinan dan kolega.

"Terima kasih masyarakat Indonesia, terima kasih pencinta sepak bola Indonesia yang terus berdoa, terus percaya bahwa tim kita ada. Terima kasih pada pemain yang membuktikan kita punya nyali, kita punya mental," ujarnya.

Baca Juga

1. Hadir Langsung

Ketum PSSI Erick Thohir hadir menyaksikan laga Timnas Indonesia vs Vietnam pada babak semifinal SEA Games 2023 di National Olympic Stadium, Sabtu (13/05/23).

Erick Thohir datang langsung ke stadion bersama pelatih Timnas senior Indonesia, Shin Tae-yong. Nama terakhir bahkan sempat berdiskusi dengan pelatih Timnas U-22, Indra Sjafri menjelang kick off babak kedua.

Sementara itu, Indra Sjafri mengaku laga kemarin sore membuat 'darahnya mendidih'. Itu karena tensi tinggi kedua tim di dalam lapangan.

Menurut Indra Sjafri, kunci sukses kemenangan yakni serangan balik yang terorganisir dengan baik. Padahal, Indonesia bermain dengan 10 pemain usai Pratama Arhan mendapat kartu kuning kedua di pertengahan babak kedua.

Baca Juga

"Beberapa kali kita melakukan banyak persiapan good counter, Vietnam terperangkap dengan taktik tersebut dan mereka menggebu-gebu menyerang dan tidak siap menyerang balik. Hanya 30 menit kita melakukan itu pada saat latihan dan itu taktik yang bisa membunuh Vietnam," tutup Indra Sjafri

Di partai final SEA Games 2023, Indonesia akan melawan Thailand di yang dijadwalkan berlangsung pada Selasa (16/05/23). Thailand berhak ke partai puncak usai mengalahkan Myanmar dengan skor 3-0.

Baca Juga
Indra SjafriErick ThohirVietnamBola InternasionalTimnas Indonesia U-22SEA Games 2023Muhammad Taufany

Berita Terkini