x

Ingin Pemain Elit Tapi Ekonomi Sulit, 'Sesepuh' Manchester City Jadi Solusi Barcelona

Senin, 15 Mei 2023 15:12 WIB
Penulis: Yudha Riefwan Najib | Editor: Isman Fadil
Klub Liga Spanyol (LaLiga), Barcelona, ingin menjadikan sesepuh Manchester City sebagai solusi di tengah-tengah masalah keuangan yang belum konsisten.Foto: Reuters/Jason Cairnduff

INDOSPORT.COM - Klub Liga Spanyol (LaLiga), Barcelona, ingin menjadikan sesepuh Manchester City sebagai solusi di tengah-tengah masalah keuangan yang belum konsisten.

Sosok yang dimaksud akan menjadi solusi bagi Barcelona di bursa transfer selanjutnya adalah gelandang Manchester City berusia 32 tahun, Ilkay Gundogan.

Meskipun memiliki usia lebih dari 30 tahun, tetapi Ilkay Gundogan masih mampu menunjukkan performa yang impresif bersama Manchester City.

Oleh sebab itu, Barcelona tertarik untuk memboyong Ilkay Gundogan ke Spotify Camp Nou pada jendela bursa transfer musim panas.

Seperti diketahui, saat ini Barcelona sedang mengalami masalah dalam bidang ekonomi, mengingat mereka masih memiliki hutang dan denda.

Baca Juga

Barcelona belum lama ini dituntut membayarkan denda sebesar 15,7 juta euro (Rp 252,5 miliar), kepada pihak Otoritas Pajak Spanyol, El Confidencial.

Hal tersebut dikarenakan Barcelona lalai dalam melaporkan biaya peminjaman mobil Audi, penggelapan dana penerbangan, serta menyelewengkan kompensasi Arda Turan dan Alex Song.

Baca Juga

Selain itu, Barcelona masih harus mematuhi Financial Fair Play (FFP) yang diterapkan oleh Federasi Sepak Bola Spanyol, RFEF. Hal itu perlu dilakukan agar situasi ekonomi Barcelona segera stabil.

Di sisi lain, Barcelona juga dituntut untuk menambah kedalaman skuat di musim depan, demi menambah pundi-pundi trofi.

Lantas, mengapa Barcelona memilih mendatangkan Ilkay Gundogan di bursa transfer musim panas sebagai solusi ekonomi yang sulit?

Baca Juga

1. Gundogan Pemain Elit

Ilkay Gundogan saat laga Liga Champions antara Manchester City vs Borussia Dortmund

Ilkay Gundogan menjelma menjadi salah gelandang selit sejak memutuskan bergabung dengan Manchester City pada 2016 lalu.

Tercatat, Ilkay Gundogan telah menampilkan 300 pertandingan bersama Manchester City di semua ajang. Serta, mempersembahkan 58 gol dan 40 assist.

Catatan itu berbeda ketika Ilkay Gundogan masih membela Borussia Dortmund. Pasalnya, dia hanya mencetak 15 gol dan 20 assist dalam 157 laga yang dilakoni.

Tentunya banyak pertanyaan yang timbul mengenai kualitas Gundogan di musim depan, mengingat usianya berada di atas kepala tiga.

Meskipun begitu, gelandang kelahiran Gelsenkirchen tersebut dianggap masih bisa meneruskan performa apiknya di musim selanjutnya.

Baca Juga

Terbukti, Ilkay Gundogan menjadi salah satu pemain yang berperan ketika Manchester City mampu mengalahkan Everton dengan skor 3-0.

Dalam pertandingan tersebut, Gundogan mampu menyumbangkan torehan 2 gol. Bahkan, dia memberikan assist kepada Erling Haaland dalam gol kedua Manchester City.

Baca Juga

Melansir dari The Hard Tackle, Ilkay Gundogan hingga saat ini masih membiarkan proposal kontraknya bersama Manchester City.

Itu artinya, Ilkay Gundogan bisa didatangkan secara gratis oleh Barcelona di jendela bursa transfer musim panas mendatang.

Hal tersebut dikarenakan kontrak Ilkay Gundogan bersama dengan Manchester City akan berakhir pada 30 Juni 2023.

Baca Juga

Sumber: The Hard Tackle

Bursa TransferManchester CityBarcelonaIlkay GundoganBerita Bursa Transfer

Berita Terkini