x

3 Momen Timnas Indonesia Bertemu Thailand di Final SEA Games, Hasilnya?

Selasa, 16 Mei 2023 09:03 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Timnas Indonesia U-22 akan bersua Thailand di final SEA Games 2023. Sebelum duel ini, sudah tiga kali kedua tim bertemu di partai puncak. Bagaimana hasilnya?

INDOSPORT.COM – Timnas Indonesia U-22 akan bersua Thailand di final SEA Games 2023. Sebelum duel ini, tercatat sudah tiga kali keduanya bertemu di partai puncak. Bagaimana hasilnya?

Final cabor sepak bola akan menghadirkan duel perebutan emas antara Timnas Indonesia U-22 vs Thailand di Olympic Stadium, Selasa (16/05/23) malam WIB.

Duel ini tersaji usai kedua tim berhasil mengalahkan lawan-lawannya di babak semifinal, yakni Vietnam dan Myanmar pada Sabtu (13/05/23).

Skuad Garuda Muda, julukan Timnas Indonesia, berhasil mengalahkan Vietnam secara dramatis di babak semifinal dengan skor 3-2, sehingga berhak melaju ke final.

Sedangkan Thailand berhasil mengalahkan Myanmar di babak empat besar secara meyakinkan dengan skor tiga gol tanpa balas.

Baca Juga

Keberhasilan itu membawa Timnas Indonesia U-22 dan Thailand ke final untuk memperebutkan medali emas di SEA Games edisi ke-32 ini.

Jelang pertemuan ini, kedua tim telah mempersiapkan diri secara matang, termasuk Timnas Indonesia U-22 yang siap tampil tanpa bek kiri andalannya, Pratama Arhan, akibat akumulasi kartu.

Baca Juga

Persiapan ini pun tak sekadar soal persiapan pemain, melainkan juga persiapan taktikal, usai menganalisa performa Thailand sepanjang turnamen ini.

Di final kali ini, peluang kedua tim untuk meraih medali emas sama-sama besar, yakni 50 berbanding 50. Apalagi jika melihat Head to Head keduanya di final.

Tercatat, Timnas Indonesia dan Thailand sudah tiga kali bertemu di final SEA Games sebelum edisi ke-32 ini. Bagaimana hasil pertemuan di tiga partai puncak itu?

Baca Juga

1. Banyak Berlanjut ke Adu Penalti

Laga Timnas Indonesia U-22 vs Vietnam pada partai semifinal SEA Games 2023. (Foto: CdM Indonesia SG 2023)

1. Indonesia 0-0 Thailand (Adu Penalti 4-2) (SEA Games 1991)

Pertemuan pertama Timnas Indonesia dan Thailand di final SEA Games terjadi pada tahun 1991 silam, saat turnamen itu digelar di Nusantara.

Pada final ini, Indonesia dan Thailand bertemu di final dengan status tak terkalahkan, baik di fase grup maupun di babak semifinal.

Saat bertemu di final, kedua tim bermain imbang 0-0 sepanjang 90 menit hingga babak Extra Time. Alhasil, laga berlanjut ke babak adu penalti.

Di babak adu penalti ini, kedua tim masing-masing mengirimkan enam eksekutor, di mana empat penendang Indonesia berhasil menuntaskan tugasnya, sedangkan dari Thailand hanya tiga penendang yang sukses.

Alhasil, Timnas Indonesia berhasil meraih medali emas yang menjadi medali emas perdananya dalam sejarah kesertaannya di SEA Games.

Baca Juga

2. Thailand 1-1 Indonesia (Adu Penalti 4-2) (SEA Games 1997)

Di SEA Games 1997, Timnas Indonesia kembali berhasil menembus final dan bersua Thailand saat ajang ini digelar kembali di Nusantara.

Dalam perjalanan ke final, Indonesia dan Thailand kembali bertemu dengan status tak terkalahkan sejak fase grup hingga babak semifinal.

Baca Juga

Di babak final, Indonesia dan Thailand kembali bermain imbang, dengan skor 1-1 sepanjang 90 menit hingga babak Extra Time lewat gol Kurniawan Dwi Yulianto dan Chaichan Kiewsen.

Karena laga berakhir dengan skor 1-1, final pun dilanjutkan ke babak adu penalti. Kali ini, giliran Thailand yang berhasil keluar sebagai pemenang.

Dari empat eksekutor masing-masing tim, empat penendang Thailand berhasil menuntaskan tugasnya. Sedangkan dari Indonesia hanya dua dari empat eksekutor yang bisa mencetak gol.

Baca Juga

2. Thailand Lebih Unggul

Yandi Sofyan (kanan) saat membela Timnas Indonesia vs Malaysia di SEA Games 2013

3. Thailand 1-0 Indonesia (SEA Games 2013)

Pertemuan terakhir Indonesia dan Thailand di final SEA Games terjadi pada 2013 lalu, saat pesta olahraga ini digelar di Myanmar.

Sejatinya, Indonesia dan Thailand telah bertemu di fase grup SEA Games 2013, saat keduanya tergabung di grup B bersama tuan rumah Myanmar, Timor Leste, dan Kamboja.

Di babak grup, Thailand mampu mengalahkan Indonesia dengan skor 4-1. Tapi kekalahan itu tetap membawa tim Merah Putih lolos ke semifinal bersama rivalnya itu.

Di semifinal, Indonesia bisa mengalahkan Malaysia lewat adu penalti. Sedangkan Thailand berhasil mengalahkan Singapura di semifinal.

Keberhasilan ini membuat Indonesia kembali bertemu Thailand di final dan harus menelan kekalahan dari rivalnya itu dengan skor 0-1.

Jika dihitung, maka dalam tiga pertemuan dengan Thailand di final SEA Games, Indonesia hanya menang sekali dan dua kali kalah.

Apakah Timnas Indonesia U-22 bisa meraih kemenangan dan membuat rekor pertemuannya di final SEA Games dengan Thailand menjadi seimbang?

ThailandTimnas U-22In Depth SportsTimnas ThailandTimnas Indonesia U-22SEA Games 2023

Berita Terkini