x

Cetak Gol dan Bawa Timnas Indonesia U-22 Raih Emas, Beckham Putra: Extra Time Malah Bawa Berkah!

Kamis, 18 Mei 2023 17:12 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Prio Hari Kristanto
Pemain Timnas Indonesia U-22, Beckham Putra dengan medali emasnya di SEA Games 2023 Kamboja, Selasa (16/05/23).

INDOSPORT.COM - Gelandang Persib Bandung, Beckham Putra Nugraha, bersyukur bisa berkontribusi dan membawa Timnas Indonesia U-22 meraih medali emas pada SEA Games 2023 di Kamboja.

Menurut pemain yang akrab disapa Etam ini, medali emas tersebut sangat dinantikan oleh pencinta sepak bola Tanah Air. Pasalnya skuad Garuda sudah cukup lama tidak menjadi juara di cabang olahraga sepak bola SEA Games.

Terakhir kali Timnas Indonesia meraih medali emas cabang olahraga sepak bola, terjadi pada SEA Games 1991 di Manila, Filipina. Sehingga, sudah sekitar 32 tahun Indonesia tidak menjadi juara.

Lebih lanjut Beckham menuturkan, hasil yang diraih pada SEA Games 2023 menjadi tambahan motivasi baginya, agar kariernya sebagai pemain sepak bola profesional bisa semakin berkembang.

"Ya Alhamdulillah bisa mempersembahkan emas setelah 32 tahun, ini satu kebanggaan dan bisa jadi motivasi untuk lebih baik," ungkap Beckham.

Baca Juga

Pada pertandingan final SEA Games 2023, Timnas Indonesia berhadapan dengan Thailand di Stadion Nasional Olimpiade, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/05/23) malam.

Skuad Garuda berhasil menaklukkan Thailand dengan skor 5-2. Lima gol kemenangan Timnas Indonesia ke gawang Thailand dicetak oleh Ramadhan Sananta (20’ dan 45+4’), Irfan Jauhari (91’) Fajar Fathur Rahman(107') Beckham Putra (120').

Baca Juga

Sedangkan gol untuk Thailand pada pertandingan final SEA Games 2023 ini dicetak oleh Anan Yodsangwal (64’), Yotsakor Burapha (90+8).

Sebelumnya, Indonesia sempat unggul lebih dulu 2-0 pada babak pertama melalui Ramadhan Sananta (20’ dan 45+4’). Namun, di babak kedua Thailand berhasil menyamakan kedudukan menjadi 2-2, sehingga dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Saat perpanjangan waktu, Timnas Indonesia justru berhasil mencetak tiga gol melalui Irfan Jauhari (91’) Fajar Fathur Rahman(107') dan ditutup oleh gol Beckham Putra (120').

Baca Juga

1. Beckham: Sudah Jalan Tuhan

Selebrasi pemain Timnas Indonesia, Beckham Putra merayakan golnya di laga Kamboja U-22 vs Timnas Indonesia U-22, SEA GAMES 2023. (Foto: PSSI)

Beckham menuturkan, sebagai pemain yang turut menyumbangkan gol pada pertandingan final SEA Games 2023, dia merasa bersyukur dan senang. Apalagi, gol tersebut tercipta di laga final.

Selain itu, Beckham juga mengucapkan terima kasih kepada pelatih sudah memberikan kesempatan bermain padanya. Sehingga, dia bisa menjawab kepercayaan tersebut dengan menampilkan permainan terbaiknya dan menyumbangkan satu gol.

Sebagai informasi, pada pertandingan tersebut Beckham masuk sebagai pemain pengganti di babak perpanjangan waktu. Dia masuk menggantikan Muhammad Haykal Alhafiz. 

"Ya Alhamdulillah bisa jadi gol penutup, bisa dipercaya bermain di laga final," ucap pemain jebolan Diklat Persib ini.

Baca Juga

"90 menit Beckham tidak bermain, tapi kalau misal 90 menit selesai Beckham enggak main, tapi ternyata sampai perpanjangan waktu. Jadi ini jalan Allah untuk Beckham main dan bisa cetak gol," tegas Beckham.

Sementara itu, pelatih Indra Sjafri menyebut, keberhasilan anak asuhnya meraih medali emas pada SEA Games 2023 bakal jadi momen bangkitnya sepak bola Indonesia.

"Ya pertandingan yang sangat menegangkan dan saya pikir kami bisa memenangkan pertandingan dengan skor yang sangat luar biasa, 5-2," ungkap Indra Sjafri.

Baca Juga

Lebih lanjut Indra Sjafri menuturkan, prestasi yang diraih Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023 ini diharapkan menjadi obat untuk pencinta sepak bola Tanah Air, lantaran sebelumnya Indonesia batal menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

"Ini saya berharap kemenangan ini menjadi pengobat duka yang kita enggak jadi tuan rumah," ungkap Indra Sjafri.

"Tapi jauh lebih penting itu, (adalah) bagaimana kemenangan emas ini jadi momentum untuk kebangkitan sepak bola Indonesia ke depan," ujar pelatih Timnas Indonesia U-22 di SEA Games 2023, Indra Sjafri.

Baca Juga
Persib BandungThailandTimnas IndonesiaBola InternasionalBeckham Putra NugrahaBerita Timnas IndonesiaSEA Games 2023

Berita Terkini