x

Bikin Macet, Konvoi Timnas Indonesia Usai Juara SEA Games Tuai Pro - Kontra

Jumat, 19 Mei 2023 14:07 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Prio Hari Kristanto
Sejumlah supporter bersiap menyambut rombongan Timnas Indonesia U-22 di spot akhir arak-arakan, VIP Barat Stadion Utama GBK, Jakarta, Jumat (19/05/23).

INDOSPORT.COM – Arak-arakan yang dilakukan oleh Timnas Indonesia usai meraih medali emas di SEA Games 2023 menuai pro dan kontra.

Sebagaimana diketahui Timnas Indonesia U-22 berhasil menjadi juara cabor sepak bola SEA Games 2023 di Kamboja setelah kalahkan Thailand dengan skor 5-2 Selasa (16/05/23) di National Olympic Stadium, Phnom Penh.

Kemenangan Timnas Indonesia pun menuai beragam pujian serta apresiasi dari pemerintah maupun masyarakat Indonesia.

Apalagi ini merupakan medali emas pertama sepak bola Indonesia setelah 32 tahun menunggu. Terakhir, cabor sepak bola naik podium pertama pada SEA Games 1991 di Filipina.

Untuk merayakan kemenangan sekaligus apresiasi kepada Timnas Indonesia, PSSI mengadakan konvoi atau arak-arakan pada Jumat (19/05/23).

Baca Juga

Konvoi kemenangan ini akan dimulai pukul 08.00 WIB, start dari gedung Kemenpora yang dilepas oleh Ketum PSSI, Erick Thohir dan Menpora, Dito Ariotedjo.

Awalnya rute arak-arakan akan dimulai dari Monumen Nasional (Monas) lalu patung kuda, selanjutnya melalui Bundaran Hotel Indonesia (HI) dan Jalan Sudirman, lalu berhenti di Stadion Utama Gelorang Bung Karoni (SUGBK).

Baca Juga

Akan tetapi, rutenya kini diubah menjadi dari GBK, ke Jalan Sudirman, menuju Bundaran HI, dan bakal finis kembali di SUGBK nantinya.

Perubahan rute konvoi pun sempat menuai pro dan kontra dari kalangan netizen di media sosial.

Pasalnya, acara arak-arakan ini membuat jalanan macet sehingga mengganggu masyarakat yang hendak berangkat kerja. Di sisi lain ada juga netizen yang tetap mendukung dan menikmati konvoi kemenangan Timnas Indonesia di SEA Games 2023.

Baca Juga

1. Konvoi Timnas Tuai Pro dan Kontra

Sejumlah supporter bersiap menyambut rombongan Timnas Indonesia U-22 di spot akhir arak-arakan, VIP Barat Stadion Utama GBK, Jakarta, Jumat (19/05/23).

Kontroversi pro dan kontra soal konvoi Timnas Indonesia usai meraih medali emas di SEA Games 2023 ramai menjadi perbincangan hangat netizen termasuk yang dibahas di akun @txtdrjkt.

Beberapa di antaranya merasa terganggu karena membuat kemacetan sehingga membuat para pekerja aktivitasnya terhambat.

Di sisi lain, ada sejumlah netizen yang merasa terhibur maupun memberikan apresiasi soal konvoi Timnas Indonesia di sejumlah ruas jalan.

“Jadi kasihan yang kerja ga sih jadinya ga bisa lewat” @la****

“Dikira semua orang pada seneng kali ya, , ini pada mau masuk kerja pada marah-marah semua”@ja*****

Baca Juga

“Area kantorku yg deket GBK... Ngerti sih ini selebrasi tapi y buat EO mbok logikanya dipake, acara gini jangan pas rush hour hari kerja. Lagipula menurutku kalau mau lebih tepat sasaran mending appresiasi ke atlet"nya, dikasih bonus atau bikin show wawancara khusus mereka gitu” @us****

“Justru pas lagi rame ini jadi sebanyak mungkin yg liat parade ini. Jadi para pejuang rupiah ini bisa berhenti dan lihat pemuda2 terbaik bangsa ini menunjukkan prestasi gemilangnya utk memotivasi mereka supaya mulai hari kerja mereka dengan bahagia dan penuh semangat” @wa******

“Gak papa lah..kan gak tiap hari juga!!! Udh bawa nama baik Indonesia masa kalian cela” @ca****

Baca Juga

“Ini semua cabor untuk apresiasi untuk keseluruhan atlet bukan sepak bola saja sama bukan yg dapet piagam aja tapi ini keseluruhan yg jadi atlet yg ikut berjuang jadi ya kali kali jangan menggerutu lah ga tiap hari juga minimal bangga dong jangan nyinyir atau mencemooh” @hi******

Sekadar informasi, Indonesia sendiri berhasil berada di posisi ketiga dengan mengantongi total 276 medali, dengan rincian 87 emas, 80 perak, dan 109 perunggu.

Sementara Vietnam sendiri menjadi negara dengan torehan medali terbanyak di SEA Games 2023 (355 medali) yakni 136 emas, 105 perak dan 114 perunggu. Disusul oleh Thailand (312 medali) yakni 108 emas, 96 perak dan 108 perunggu.

Baca Juga
Timnas IndonesiaBola InternasionalBerita Timnas IndonesiaSEA Games 2023

Berita Terkini