x

3 Pemain Bergaji Besar yang Bisa Dikorbankan Barcelona untuk Memulangkan Messi

Sabtu, 20 Mei 2023 18:08 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Klub Liga Spanyol, Barcelona, berhasrat ingin memulangkan Lionel Messi di musim panas. Namun kepulangan ini bisa terkendala soal finansial.

INDOSPORT.COM – Klub Liga Spanyol, Barcelona, berhasrat ingin memulangkan Lionel Messi di musim panas. Namun kepulangan ini bisa terkendala soal finansial.

Adapun permasalahan finansial yang mengganjal kepulangan pemain berjuluk La Pulga itu adalah gaji atau bayarannya yang begitu masif.

Sekadar informasi, Messi dipastikan tak akan memperpanjang kontraknya yang akan habis pada Juni 2023 ini bersama Paris Saint-Germain.

Alasan dirinya tak ingin memperpanjang kontrak karena klub berjuluk Les Parisiens itu ingin melakukan regenerasi di skuadnya dan mengurangi deretan bintang di tubuh tim.

Apalagi Messi menjadi salah satu bintang yang punya bayaran besar. Sehingga PSG akan melegonya demi menghormati Financial Fair Play (FFP).

Baca Juga

Kondisi ini kemudian dimanfaatkan Barcelona untuk memulangkan kembali Lionel Messi yang akan pergi meninggalkan Paris Saint-Germain.

Tapi usaha Barcelona ini terganjal besarnya gaji mantan pemainnya itu, yang saat ini mengantongi 35 juta euro (Rp565 miliar) per tahunnya.

Baca Juga

Barcelona pun kabarnya bersedia menawarkan gaji hanya 25 juta euro (Rp404 miliar) saja untuk pemain berusia 35 tahun tersebut.

Kecilnya tawaran ini membuat Messi bisa saja menerima pinangan Al Hilal yang menawarinya bayaran 400 juta euro (Rp6,5 triliun). Apalagi Barcelona juga terlilit masalah gaji hingga 200 juta euro (Rp3,2 triliun) dalam anggarannya.

Karenanya, agar bisa memulangkan Lionel Messi, Barcelona pun wajib melego para pemain dengan gaji besar di tubuh tim. Siapa saja para pemain bergaji besar ini?

Baca Juga

1. Bintang Utama Wajib Dikorbankan

Pemain FC Barcelona, Aubameyang merayakan mencetak gol pertamanya dengan Jordi Alba REUTERS-Vincent West

1. Frenkie de Jong

Usai melepas Sergio Busquets dan Gerard Pique yang pensiun, Barcelona bisa melego Frenkie de Jong untuk memfasilitasi kepulangan Lionel Messi.

Pasalnya, pemain berusia 26 tahun itu menjadi pemain dengan bayaran termahal saat ini di Barcelona, yakni gaji kotor sebesar 37,5 juta euro (Rp606 miliar) per tahunnya.

Dengan gaji sebesar itu, Barcelona pun bisa mengalihkannya sebagian bayaran De Jong ke Messi, agar bisa menerima bayaran yang sama saat di PSG.

Kebetulan, De Jong punya banyak peminat. Salah satunya adalah Manchester United yang tengah membutuhkan gelandang baru.

Dengan penjualan De Jong, Barcelona bisa menghemat gaji sebesar 37,5 juta euro dan mendapatkan dana minimal 70 juta euro, yang bisa dialokasikan untuk membeli gelandang baru.

Baca Juga

2. Jordi Alba

Jordi Alba merupakan salah satu pemain veteran di kubu Barcelona yang punya bayaran selangit, yakni gaji kotor sebesar 20,8 juta euro (Rp336 miliar) per tahunnya.

Bayaran sebesar itu bisa dipangkas oleh Barcelona dengan melepasnya, meski dirinya masih memiliki kontrak hingga tahun 2024 mendatang.

Baca Juga

Dengan kontrak tersisa satu tahun itu, Barcelona bisa menjual Jordi Alba dengan harga murah agar mendapat dana belanja pemain baru.

Perginya Jordi Alba diyakini tak akan memusingkan Barcelona sama sekali, karena hadirnya sosok Alejandro Balde dan Marcos Alonso untuk mengisi pos bek kiri.

Nantinya, penjualan Jordi Alba bisa dialokasikan untuk mendatangkan pemain lainnya sekaligus membuat gajinya dialokasikan untuk memfasilitasi kembalinya Messi.

Baca Juga

2. Pemain Tak Berguna dengan Bayaran Besar

Ferran Torres saat pertandinga LaLiga Spanyol antara Barcelona vs Celta Vigo

3. Ferran Torres

Ferran Torres memang memiliki gaji yang lebih kecil ketimbang Ansu Fati, Jules Kounde, Raphinha, dan bahkan Ousmane Dembele.

Tapi gajinya sendiri di Barcelona cukup menguras dompet karena ia mengantongi gaji kotor sebesar 10 juta euro (Rp161 miliar) per tahunnya.

Gaji kotor tersebut terbilang besar karena eks pemain Manchester City ini tak punya banyak kontribusi ke tim yang bermarkas di Camp Nou itu.

Dengan kontraknya yang tersisa hingga 2027, maka Barcelona lebih baik melegonya di musim panas nanti dengan harga mahal, agar tetap bisa mengembalikan biaya saat mendatangkannya pada 2022 lalu.

Selain itu, gaji Ferran Torres bisa sepenuhnya diberikan ke Messi, dan meningkatkan daya tawar Barcelona yang akan menawarkan gaji sebesar 35 juta euro, sama seperti saat La Pulga membela PSG.

BarcelonaLionel MessiParis Saint-GermainJordi AlbaIn Depth SportsFrenkie de JongFerran Torres

Berita Terkini