x

Siapa Arne Slot? Kandidat Kuat Pelatih Tottenham yang Dianggap Penerus Ten Hag

Sabtu, 20 Mei 2023 12:02 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Klub Liga Inggris, Tottenham Hotspur, dikabarkan kian dekat merekrut juru taktik Feyenoord, Arne Slot, sebagai pelatih barunya musim depan.

INDOSPORT.COM – Klub Liga Inggris, Tottenham Hotspur, dikabarkan kian dekat merekrut juru taktik Feyenoord, Arne Slot, sebagai pelatih barunya musim depan.

Dilaporkan oleh The Telegraph, petinggi klub berjuluk The Lilywhites itu sejatinya punya dua kandidat sebagai pelatihnya musim depan.

Selain Arne Slot, masih ada nama Luis Enrique yang tengah didekati oleh klub asal London Utara tersebut jelang musim ini berakhir.

Meski memiliki dua kandidat, tapi rumor kencang justru mampir ke Arne Slot, yang diyakini akan jadi pilihan Tottenham musim depan.

Apalagi pelatih asal Belanda itu telah memastikan dirinya akan meninggalkan Feyenoord dan melanjutkan kariernya di Liga Inggris.

Baca Juga

“Jadi langkah selanjutnya adalah berkarier di luar negeri dan saya selalu katakan bahwa liga terbaik di dunia adalah Liga Inggris,” tutur Arne Slot dikutip dari Metro UK, Sabtu (20/05/23).

Pernyataan itu kian menegaskan bahwa Arne Slot kemungkinan akan meninggalkan Feyenoord dan menjadi pelatih baru Tottenham Hotspur selepas Antonio Conte.

Baca Juga

Tottenham sendiri tertarik pada CV mentereng yang dimiliki pelatih berusia 44 tahun itu. Pasalnya, ia baru saja membawa Feyenoord menjadi juara Liga Belanda atau Eredivisie musim ini.

Prestasi ini terbilang apik, mengingat Feyenoord menjadi juara meski kehilangan banyak bintangnya dan musim lalu tercecer di peringkat ketiga klasemen.

Lalu, seperti apa sepak terjang Arne Slot sebelum membawa Feyenoord menjadi juara dan menarik minat Tottenham Hotspur?

Baca Juga

1. Profil Arne Slot

Pelatih Feyenoord, Arne Slot, di laga kontra AS Roma (21/04/23). (Foto: REUTERS/Claudia Greco)

Arne Slot tercatat belum lama melatih. Ia baru terjun ke dunia kepelatihan di kancah sepak bola profesional pada 2019 atau empat tahun silam.

Tapi, sepak terjangnya di sepak bola telah berlangsung cukup lama. Pasalnya, pria kelahiran Bergentheim pada 17 September 1978 ini dulunya adalah pemain profesional.

Semasa aktif bermain, Arne Slot berposisi sebagai gelandang tengah. Ia menghabiskan kariernya sebagai pemain di sepak bola Belanda.

Sepanjang kariernya, pria bernama lengkap Arend Martijn Slot ini pernah membela FC Zwolle, NAC Breda, Sparta Rotterdam, dan PEC Zwolle dari 1995 hingga 2013.

Usai gantung sepatu, Arne Slot mendalami dunia kepelatihan di tim muda PEC Zwolle pada 2013 dan menjadi asisten pelatih Cambuur pada 2017.

Baca Juga

Arne Slot pun sempat menjadi asisten pelatih AZ Alkmaar. Namun, pada 2019 ia dipromosikan sebagai pelatih tim utama menggantikan John van de Brom.

Di musim pertamanya, Arne Slot tak bisa menukangi AZ Alkmaar secara penuh, usai kompetisi dihentikan akibat pandemi Covid-19.

Baca Juga

Meski begitu, Arne Slot bisa membawa AZ Alkmaar duduk di peringkat kedua di belakang Ajax arahan Erik ten Hag dengan poin sama, yakni 56 poin.

Pada Desember 2020, AZ Alkmaar memutuskan memecat Arne Slot yang dianggap tak loyal karena bernegosiasi dengan Feyenoord.

10 hari pasca pemecatannya, Arne Slot kemudian resmi menjadi pelatih Feyenoord, di mana kariernya di klub ini kian meroket, sehingga dirinya dicap sebagai penerus Erik ten Hag.

Baca Juga

2. Penerus Erik ten Hag

Arne Slot merayakan trofi Liga Belanda bersama Feyenoord. (Foto: REUTERS/Piroschka Van De Wouw)

Klaim bahwa Arne Slot dianggap sebagai penerus Erik ten Hag karena karier mirip kedua pelatih tersebut sebagai pelatih.

Arne Slot dan Ten Hag sama-sama merupakan mantan pemain profesional, dan mengawali kariernya sebagai pelatih di tim muda dan asisten pelatih.

Jika Arne Slot melatih tim muda PEC Zwolle dan menjadi asisten di Cambuur serta AZ Alkmaar, Ten Hag menukangi tim muda Bayern Munchen dan menjadi asisten FC Twente.

Lalu saat melatih sebagai pelatih utama, kedua pria berkepala plontos ini sama-sama membawa tim gurem Belanda finis di papan atas sebelum hijrah ke tim besar dan juara.

Arne Slot membawa AZ Alkmaar finis di peringkat kedua sebelum ke Feyenoord, dan Ten Hag membawa FC Utrecht finis di peringkat kelima klasemen sebelum ke Ajax.

Keduanya sama-sama membawa Feyenoord dan Ajax menjadi kampiun Eredivisie di musim keduanya saat melatih tim-tim tersebut dan meraih gelar pelatih terbaik Belanda atau Rinus Michels Award.

Perbedaan hanya terlihat dari taktik keduanya, di mana Ten Hag mengedepankan permainan menyerang, sedangkan Arne Slot menggunakan sepak bola pragmatis yang mengedepankan pertahanan.

Akankah karier Arne Slot akan mengikuti Ten Hag dengan meninggalkan Belanda dan melatih di Liga Inggris?

Tottenham HotspurFeyenoordIn Depth SportsprofilErik ten HagOne FootballArne Slot

Berita Terkini