x

5 Pemain Kunci Man City Dalam Merebut Gelar Liga Inggris Musim Ini

Minggu, 21 Mei 2023 15:02 WIB
Editor: Juni Adi
Selebrasi pemain Manchester City Julian Alvarez merayakan gol kedua mereka dengan Rodri di Liga Inggris, Minggu (30/04/23). (Foto: REUTERS/Dylan Martinez)

INDOSPORT.COM - Keberhasilan Manchester City mengkudeta Arsenal dari perburuan gelar juara Liga Inggris musim ini, tidak lepas dari penampilan apik lima pemain kuncinya.

Manchester City sudah memastikan diri menjadi juara Liga Inggris musim ini, menyusul kekalahan Arsenal dari Nottingham Forest di pekan ke-37 Liga Inggris, Sabtu (20/05/23) kemarin.

Meriam London menyerah 0-1 lewat gol tunggal Taiwo Awoniyi. Hasil itu membuat Arsenal tak bisa lagi mengejar Manchester City meski masih menyisakan satu pertandingan lagi.

Arsenal dipastikan hanya bisa finis di peringkat ke-2 dengan koleksi poin maksimal 84 poin jika mereka bisa memenangkan satu pertandingan lagi, saat ini mereka mempunyai 81 poin.

Sementara Manchester City memuncaki klasemen Liga Inggris saat ini dengan keunggulan 4 angka. Mereka mengumpulkan 85 poin dari 35 pertandingan. 

Baca Juga

Sehingga tiga pertandingan sisa yang dimiliki Manchester City tidak akan lagi berpengaruh, apapun hasilnya nanti terhadap status juara mereka.

Manchester City baru memainkan pertandingan akhir pekan ini menghadapi Chelsea di Etihad Stadium, Minggu (21/5/23) malam WIB.

Baca Juga

Pertandingan ini sekaligus menjadi kesempatan Kevin De Bruyne cs merayakan gelar juara di hadapan fans sendiri.

"Manchester City dimahkotai jawara Premier League untuk ketiga kalinya secara beruntun.

"Kekalahan Arsenal 0-1 di laga away kontra Nottingham Forest membuat City kini tak bisa lagi disalip dengan tiga laga tersisa," begitu isi pernyataan resmi Man City.

Gelar liga musim ini menjadi yang kelima bagi Man City dalam enam musim terakhir. Titel Liga Inggris musim 2022/2023 merupakan trofi ke-12 yang dipersembahkan Pep Guardiola sejak 2016.

Keberhasilan Manchester City mengkudeta Arsenal dari perburuan gelar juara Liga Inggris musim ini, tidak lepas dari penampilan apik lima pemain kuncinya. Siapa saja mereka?

Baca Juga

1. Ilkay Gundogan

Aksi Kevin De Bruyne di laga Liga Inggris antara Man City vs Arsenal. Reuters/Lee Smith

Kehebatan Manchester City dalam beberapa musim terakhir terletak di lini tengah yang solid. Salah satu pemain andalannya di sektor ini ada Ilkay Gundogan. 

Sejak didatangkan dari Borussia Dortmund pada 2016 lalu, Gundogan langsung nyetel di bawah arahan Pep Guardiola.

Hingga saat ini perannya cukup vital sebagai gelandang box to box Manchester City. Konsistensi permainannya juga membuat ia mengemban tugas ban kapten musim ini.

Kehadirannya jadi penyeimbang permainan Manchester City, dan juga sebagai pemeimpin tim.  Pemain asal Jerman ini sering memberikan motivasi besar bagi rekan setimnya sebelum dan selama pertandingan. 

Musim ini, Ilkay Gundogan telah tampil dalam 30 pertandingan untuk Manchester City di Liga Inggris berkontribusi dalam 8 gol dan 5 assist.

Kevin De Bruyne

Bukan hanya Ilkay Gundogan, gelandang penting lainnya dalam permainan Manchester City ada Kevin De Bruyne. Pemain asal Belgia itu sulit tergantinkan karena kerap menjadi nyawa taktikal Pep Guardiola.

Meski sudah tak muda lagi berusia 31 tahun dan beberapa kali diganggu cedera, kualitas De Bruyne ternyata tidak pudar. Umpan-umpannya masih terlihat memanjakan barisan pemain depan.

Baca Juga

Kreativitasnya dalam membagi dan mengalirkan bola membuat De Bruyne sangat diawasi oleh pemain dari pihak lawan. 

Hal serupa terjadi pada musim ini ketika De Bruyne hadir sebagai top assist, dengan 18 asssit dan mencetak 10 gol dari 30 pertandingan di Liga Inggris.

Riyad Mahrez

Rotasi membuat Riyad Mahrez terhitung jarang mendapatkan menit bermain. Akan tetapi, ia selalu bisa memberikan kontribusi signifikan ketika mendapatkan kesempatan. 

Tak heran jika Mahrez jadi salah satu pemain penting yang membawa Manchester City menjadi juara Premier League 2022/2023. Pemain asal Aljazair ini mencetak 5 gol dan 10 assist dari 1.669 menit sejauh ini.

Baca Juga

Phil Foden 

Selanjutnya ada  Phil Foden. Pemain berusia 22 tahun itu tampil cukup tajam di lini depan Manchester City musim ini. Ia jadi pencetak gol terbanyak kedua di tim dengan membukukan 10 gol di Liga Inggris.

Pergerakan tanpa bolanya untuk memberikan ruang mencetak gol kepada Erling Haaland, selalu merepotkan lawan. Performa Phil Foden pada akhir-akhir Premier League 2022/2023 jarang menarik perhatian. 

Namun jika dilihat pada awal musim, Foden memiliki peran yang sangat penting dalam membawa Manchester City menjuarai Liga Inggris musim ini.

Baca Juga

Erling Haaland

Bintang utama dari keberhasilan Manchester City pada musim 2022/2023 tentu saja datang dari sosok Erling Haaland. Meski berstatus sebagai pemain anyar, Haaland sudah bisa tampil padu dan menggila di lini serang. 

Pemain asal Norwegia ini telah mencetak 36 gol dan 7 assist dari 33 laga yang ia mainkan. Oleh karena itu, Haaland selalu mendapatkan pujian yang tinggi sepanjang musim ini.

ArsenalManchester CityPep GuardiolaLiga InggrisTRIVIAErling Braut Haaland

Berita Terkini