x

Liga 1: Dandani Stadion Gajayana, Berapa Biaya yang Mesti Digelontorkan Arema FC?

Selasa, 23 Mei 2023 12:35 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Indra Citra Sena
Kondisi terkini Stadion Gajayana, markas Arema FC yang belum juga dibenahi 1 bulan jelang kick off kompetisi.

INDOSPORT.COM - Arema FC sudah menetapkan Stadion Gajayana Malang sebagai markas utama untuk menggelar semua jadwal laga kandang di Liga 1 Indonesia 2023-2024.

Keputusan yang tentu mengandung konsekuensi, bahwa klub berlogo kepala singa mesti siap untuk melakukan pembenahan sejumlah fasilitas Stadion Gajayana.

General Manager Arema FC, Yusrinal Fitriandi, sebelumnya sudah menyebut tiga aspek yang menjadi prioritas dalam renovasi Stadion Gajayana agar bisa lolos verifikasi.

Kualitas lapangan jelas perlu dirombak, beserta kekuatan daya lampu untuk penerangan, lalu memasang kursi untuk posisi single seat menjadi syarat terakhir.

Lantas, berapa estimasi biaya yang perlu digelontorkan Arema FC maupun Pemkot Malang selaku pemilik aset dan pihak pengelola Stadion Gajayana?

Baca Juga

1. Rombak Lapangan

Kualitas pada lapangan di Stadion Gajayana memang tak pernah berubah sejak satu dasawarsa terakhir, bahkan lebih. Baik rumput hingga ukuran, tetap tak berubah.

Bila mengacu kepada sejumlah referensi, perbaikan hingga perawatan rumput kemungkinan membutuhkan anggaran hingga puluhan juta rupiah.

Baca Juga

Sebagai gambaran, Pemerintah Kabupaten Sidoarjo mesti menganggarkan dana Rp20 juta untuk memperbaiki rumput di Stadion Gelora Delta (Suara Semarang, 11 Februari 2023).

Artikel yang sama bahkan menyebutkan bahwa anggaran untuk membuat lapangan sepak bola sesuai standar Liga 1 bisa lebih dari Rp20 juta.

Sebagaimana yang terjadi di Stadion Joyokusumo Pati, Jawa Tengah. Pemerintah Kabupaten Pati mesti menganggarkan Rp3-5 Miliar sejak tahap penanaman rumput lapangan.

Baca Juga

1. 2. Lampu Penerangan

Kondisi terkini Stadion Gajayana, markas Arema FC yang belum juga dibenahi 1 bulan jelang kick off kompetisi.

Aspek ini menjadi prioritas lanjutan Arema FC maupun Pemkot Malang, dalam membenahi fasilitas Stadion Gajayana, agar sesuai dengan standar regulasi.

Arema FC sebelumnya menyatakan kondisi lampu penerangan pada empat tiang Stadion Gajayana dalam kondisi bagus. Hanya pencahayaan saja yang perlu ditingkatkan.

Baca Juga

Saat ini, lampu yang terpasang masing-masing berjumlah 32 pada setiap tiangnya. Sehingga, jika ditingkatkan sampai 40 buah lampu, maka ada penambahan dengan total 24 lampu di semua tiang.

Dalam sejumlah referensi yang tercantum di marketplace online, harga lampu berjenis halogen dengan kekuatan 1.000 watt dibanderol Rp4,5 juta.

Baca Juga

Sehingga, jika semua tiang ditambahkan 24 bola lampu, dibutuhkan anggaran mencapai Rp108 juta. Namun, kisaran angka itu hanya untuk satu jenis produk lampu, tergantung kualitasnya.


2. 3. Kursi Single Seat

Stadion Gajayana home base Arema.

Arema FC sebelumnya juga menyatakan bahwa akan ada pemasangan kursi single seat, sehingga kapasitas Stadion Gajayana mencapai 10.000 penonton.

INDOSPORT lantas menghitung estimasi biaya yang bisa digelontorkan Arema FC untuk mematuhi regulasi ini. Kisaran anggarannya antara Rp1,2 sampai Rp4 miliar.

Angka itu muncul dengan mengacu pada harga satu kursi dengan material fiberglass yang tercantum pada beberapa marketplace online.

Dari referensi itu, satu kursi untuk single seat paling murah dibanderol Rp120.000 dan termahal sampai Rp400.000, sedangkan kebutuhannya mencapai 10.000 kursi.

Estimasi biaya lantas muncul dengan hasil perkalian di antara angka itu. Yang pasti dengan pemasangan kursi single seat sebanyak 10.000, dibutuhkan biaya miliaran rupiah.

MalangStadion GajayanaArema FCLiga 1Bola IndonesiaBerita Liga 1One Football

Berita Terkini