x

Genapi Kuota ASEAN, Persik Kediri Rekrut Bek Timnas Filipina

Rabu, 24 Mei 2023 19:50 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Prio Hari Kristanto
Persik Kediri memenuhi regulasi kuota pemain asing dengan merekrut bek Filipina, Simen Lyngbo.

INDOSPORT.COM - Persik Kediri mengambil kebijakan untuk memenuhi regulasi kuota pemain asing dengan jumlah maksimal pada kompetisi Liga 1 atau Liga Indonesia musim 2023/2024. Salah satunya dengan merekrut Simen Lyngbo. 

Sebagaimana diketahui, regulasi pada kompetisi musim ini memperbolehkan setiap klub untuk memiliki maksimal enam pemain asing dengan format 5+1.

Komposisi itu terdiri dari lima pemain asing yang bebas federasi. Artinya, klub boleh mengisi kuota ini dari para pemain yang berasal dari Eropa, Afrika, Asia hingga Amerika.

Kuota ini pun sudah terpenuhi, seiring keberadaan Renan Da Silva, Anderson Nascimento dan Pedro Paulo Alves (Brasil), Rohit Chand (Nepal) dan Flavio Silva (Portugal).

Sedangkan satu kuota lagi dikhususkan untuk pemain dari federasi sepak bola Asia Tenggara atau ASEAN. Untuk slot ini, Persik kemudian memilih Simen Lyngbo.

Baca Juga

Pemain bernama lengkap Simen Alexander Santos Lyngbo berstatus bagian dari Timnas Filipina saat ini. Dia berposisi bek kanan dan masih berusia 25 tahun.

"Tim pelatih merekomendasikan Simen Lyngbo untuk mengisi (kuota pemain asing dari ASEAN)," ujarDirektur Persik Kediri, Arief Syaifuddin Rabu (24/05/23).

Baca Juga

Kedatangan pemain yang lahir di Norwegia itu pun memastikan kuota pemain asing di skuat Tim Macan Putih telah terpenuhi dengan maksimal.

Dan menilik kualifikasinya, tentu tak akan sulit bagi Simen Lyngbo untuk beradaptasi dengan sepak bola Indonesia, yang masih satu kawasan dengan Filipina.

"Kami harapkan kedatangan Simen Lyngbo dapat meningkatkan performa tim ke depannya," tambah Arief Syaifuddin.

Baca Juga

1. Kedalaman Posisi

Logo Persiku Kudus.

Seiring hal itu, Persik Kediri juga melansir bahwa perekrutan Simen Alexander Santos Lyngbo memang tak lepas dari kebutuhan tim untuk menjaga kedalaman posisi.

Posisi aslinya memang berada di bek kanan. Namun, eks pemain United City FC Filipina itu juga cermat saat berperan sebagai bek tengah dan posisi lainnya.

Terlebih untuk posisi bek kanan, Divaldo Alves, pelatih tim musim lalu, kerap bertumpu pada Agil Munawar. Pelapisnya adalah Muhammad Fahad yang sudah dilepas.

Dalam beberapa kali kesempatan, Vava Mario Yagalo bahkan kerap berperan sebagai bek kanan. Padahal, posisi aslinya adalah bek tengah.

"Tentu tidak ideal jika hanya mengandalkan satu pemain (Agil Munawar) di posisi tersebut," Direktur Persik Kediri, Arief Syaifuddin, mengatakan.

Baca Juga

Maka dari itu, Tim Macan Putih sangat perlu untuk menjaga kedalaman di setiap posisi untuk mendukung skema permainan yang diusung Marcelo Rospide.

"Simen bisa bermain di sejumlah posisi lainnya. Sehingga, tim pelatih merekomendasikan untuk mengisinya," tambah Arief.

Baca Juga

Simen Lyngbo sebelumnya tercatat bermain untuk klub Liga Primer Filipina, United City FC, musim 2022/23. Dia mencatat 7 kali penampilan dengan 1 gol dan 2 assist.

Saat Piala AFF 2022 lalu, Simen Lyngbo tampil dalam tiga pertandingan untuk Timnas Filipina, termasuk saat menghadapi Indonesia (02/01/22) lalu.

Namun, Filipina hanya finis di urutan empat klasemen Grup A dengan 3 poin, di bawah Thailand dan Indonesia yang melaju ke babak semifinal dengan 10 poin.

Baca Juga
Persik KediriLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1

Berita Terkini