x

Setelah Argentina, PSSI Jalin Komunikasi dengan Timnas Brasil, Portugal dan Maroko di FIFA Match Day

Rabu, 24 Mei 2023 17:30 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Juni Adi
Selebrasi pemain Timnas Brasil saat unggul atas Korea Selatan di babak 16 besar Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Annegret Hilse).

INDOSPORT.COM - Ketua umum PSSI, Erick Thohir mengatakan Argentina bukan jadi satu-satunya lawan kuat yang bakal dihadapi Timnas Indonesia di FIFA match day. Dia sudah berkomunikasi dengan empat negara tangguh yang bisa jadi lawan di masa depan.

Erick Thohir menyampaikan sudah dapat respon positif dari Brasil, Portugal, Maroko dan Rusia. Semuanya bisa diundang untuk bertemu skuad Garuda, tapi tidak dalam waktu dekat.

Ketum PSSI menjelaskan, negara-negara incaran itu tidak mungkin didatangkan dalam satu tahun kalender FIFA match day. Jika demikian, maka akan merugikan Timnas Indonesia karena akan kesulitan menaikan ranking FIFA

"Saya rasa friendly match dengan beberapa ngara besar kita alokasikan. Tahun ini dengan Argentina lalu fokus dulu ke Piala Asia 2023," kata Erick Thohir.

"Tahun depan kita alokasikan. Saya sudah dapat respons positif dari Brasil, Portugal, Rusia, Maroko. Tapi kita hanya bisa undang satu negara besar setiap tahun. Kalau selalu undang negara besar, kapan naiknya ranking kita," imbuhnya.

Baca Juga

Brasil merupakan negara yang paling banyak koleksi trofi Piala Dunia yakni lima kali. Lalu Portugal adalah juara Eropa dan UEFA Nations League dan Maroko adalah semifinalis Piala Dunia 2022.

Sedangkan Rusia baru-baru ini jadi kandidat setelah Menpora Dito Ariotedjo bertemu Dubes Rusia untuk Indonesia, Lyudmila G Vorobieva.

Baca Juga

Dalam pertemuan keduanya, ada pembahasan soal rencana uji coba timnas sepak bola kedua negara tersebut.

"Waktu itu Dubes Rusia menemui saya dan mereka mem-propose apakah mungkin dilakukannya pertandingan-pertandingan persahabatan antara Timnas Indonesia dan juga Timnas Rusia,” ujar Dito.

"Saya juga harus mengoordinasikan dulu kepada PSSI dan juga Kemenlu,” jelas Menteri berusia 32 tahun itu.

Baca Juga

1. Agar Kualitas Timnas Indonesia Meningkat

Laga antara Timnas Indonesia vs Nepal di Kualifikasi Piala Asia. Foto: PSSI

Menurut Erick Thohir, PSSI menargetkan lawan-lawan yang tangguh agar kualitas Timnas Indonesia meningkat. Datangnya negara langganan Piala Dunia akan memberikan pengalaman dan mengangkat mental para pemain.

"Boleh Garuda terbang lebih tinggi? Jadi kalau boleh, seperti yang saya sering sampaikan diawal kita harus serius membangun tim nasional kita.

"Karena itu sejak awal saya, pak Zainudin Amali dan para exco bilang, bagaimana FIFA match day itu salah satunya kita untuk memperbaiki juga keberadaan timnas kita," ujar Ketum PSSI.

Baca Juga

"Karena hal itu kenapa kita di tahun ini dan tahun depan, kita benar-benar mempersiapkan timnas untuk FIFA match day," lanjut Erick Thohir.

Agar agenda Timnas Indonesia berjalan lancar, PSSI telah menjalin kesepakatan dengan klub agar melepas pemain saat FIFA match day.

Baca Juga

Sebagai informasi, laga Timnas Indonesia vs Argentina akan digelar 19 Juni mendatang di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta. Pihak federasi Argentina juga sudah mengirim utusan untuk melihat langsung venue pertandingan.

ArgentinaFIFAPSSIErick ThohirTimnas IndonesiaBola Internasional

Berita Terkini