x

Gokil! Eks Striker Tertajam Liga 1 Sylvano Comvalius Jadi Pelatih AZ Alkmaar

Rabu, 31 Mei 2023 11:21 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Lama tak terdengar kabarnya, mantan striker paling tajam di Liga 1 Indonesia, Sylvano Comvalius resmi menjadi pelatih klub Belanda, AZ Alkmaar. Foto: Ian Setiawan/INDOSPORT.

INDOSPORT.COM - Lama tak terdengar kabarnya, mantan striker paling tajam di Liga 1 Indonesia, Sylvano Comvalius, resmi menjadi pelatih klub Belanda, AZ Alkmaar.

Mantan penggawa Bali United dan Persipura tersebut diumumkan sebagai asisten pelatih akademi pemain muda AZ Alkmaar atau tim U-17, AZ Jeugdopleiding.   

Kabar mengejutkan tersebut diungkapkan langsung oleh akun resmi AZ Jeugdopleiding di Instagram pada hari Selasa (30/05/23) waktu setempat.

Sylvano Comvalius berjabat tangan dengan salah satu petinggi AZ Jeugdopleiding setelah menandatangani kontrak kerja sama hingga pertengahan 2024 mendatang.

Sylvano Comvalius bergabung dengan AZ Alkmaar. Foto: instagram/azjeugd.

“Spesialis trainer Sylvano Comvalius, resmi menandatangani kontrak profesional hingga pertengahan 2024,” tulis AZ Jeugdopleiding.

Baca Juga

Mantan pesepak bola berusia 35 tahun tersebut dianggap memiliki pengalaman mumpuni di berbagai negara di dunia, termasuk di Indonesia.

Bahkan, Sylvano Comvalius mampu menorehkan catatan rekor yang belum terpecahkan selama mengarungi karier bersama klub Liga 1 Indonesia, Bali United.

Baca Juga

Diketahui, Sylvano Comvalius mampu menggelontorkan 37 gol dalam 34 pertandingan dalam satu musim Liga 1 2017 silam.

Catatan itu mematahkan rekor mantan pemain Bandung Raya, Peri Sandria, pada kompetisi 1994-1995, dengan 34 gol.

Sylvano juga pernah bermain untuk Arema pada 2019 sebelum beralih ke Persipura pada musim 2020. Namun, performanya bersama kedua klub tersebut menurun dibanding di Bali United.

Baca Juga

1. Netizen Indonesia Heboh Sylvano Gabung AZ Alkmaar

Sylvano Dominique Comvalius saat bermain untuk Bali United.

Di Arema, Sylvano hanya mampu mengemas 5 gol dari 27 penampilan sedangkan di Persipura dia hanya belum berhasil mencetak satu pun gol dari hanya dua penampilan dalam satu musim.

Mantan pemain Ajax Amsterdam tersebut akhirnya memutuskan hengkang dari Indonesia pada 2020 ketika dirinya masih berseragam Persipura Jayapura.

Pembatasan masuknya Warga Negara Asing (WNA) terkait kondisi pandemi yang membuat Comvalius mau tak mau mengambil keputusan itu.

Apalagi, keluarganya saat itu tak memegang KITAS yang menjadi salah satu syarat wajib buat WNA masuk ke Indonesia.

Setahun berselang, Sylvano Comvalius yang sempat kembali gabung klub lamanya di Belanda, Quick Boys, akhirnya memutuskan gantung raket.

Baca Juga

Keputusan Sylvano Comvalius melanjutkan baktinya pada sepak bola dengan jadi pelatih di tim akademi AZ Alkmaar mendapatkan sambutan hangat para pendukungnya di Indonesia.

“Gak ada yang coment orang Indo. Padahal dia pencetak sejarang goal terbanyak satu musim di Liga Indonesia, akan selalu dikenang, khususnya warga Bali,’" tulis akun @sudiarta_jbk.

Baca Juga

“Bravo brat moj… Proud on you. congratulation for new job,” tambah akun @zeljkodekic

“Produk bali united @nickvandervelden23official and @sylvanocomvalius good luck,” tulis akun @wndiiiiiiiii

Selain Indonesia, Sylvano juga pernah bermain di beberapa negara seperti Malta, Skotlandia, Kuwait, Kazakhstan, Tiongkok, Ukraina, Thailand, hingga Jerman.

Baca Juga
AZ AlkmaarBali UnitedLiga IndonesiaLiga 1Sylvano Comvalius

Berita Terkini