x

Dosa-dosa Anthony Taylor, Wasit Sevilla vs Roma yang Bikin Mental Mourinho Terganggu

Kamis, 1 Juni 2023 08:08 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Dosa-dosa Anthony Taylor, wasit pertandingan final Liga Europa 2022/2023 antara Sevilla vs AS Roma, yang bikin mental Jose Mourinho terganggu. FOTO: REUTERS/Alberto Lingria

INDOSPORT.COM - Dosa-dosa Anthony Taylor, wasit pertandingan final Liga Europa 2022/2023 antara Sevilla vs AS Roma, yang bikin mental Jose Mourinho terganggu.

Sevilla berhasil keluar sebagai juara Liga Europa 2022-2023, setelah memenangkan babak final pada Kamis (01/06/23) dini hari WIB, lewat babak adu penalti atas AS Roma.

Padahal, AS Roma unggul lebih dahulu lewat gol Paulo Dybala pada babak pertama (34'), dalam laga yang dihelat di Puskas Arena, Budapest, Hungaria tersebut.

Namun, gol bunuh diri Gianluca Mancini pada menit ke-55 membuat kubu Sevilla berhasil menyamakan kedudukan, dan menjaga asa juara.

Skor imbang 1-1 hingga peluit babak kedua berbunyi, sehingga final berlanjut ke babak perpanjangan waktu. Namun masih belum ada gol tercipta dalam rentang 2x15 menit.

Baca Juga

Pemenang Liga Europa musim ini pun ditentukan lewat babak adu penalti. Nahas, dua penendang AS Roma gagal menjebol gawang, dan empat pemain Sevilla gacor.

Dengan begitu, Sevilla resmi melanjutkan supremasi mereka di Liga Europa dengan kemenangan 4-1 atas AS Roma, sehingga membuat Jose Mourinho harus gigit jari.

Baca Juga

Selepas pertandingan final, Jose Mourinho ngamuk pada wasit berkebangsaan Inggris, Anthony Taylor. The Special One merasa Roma banyak dirugikan oleh Taylor.

Bukan lantaran rekornya tak pernah kalah di final sejak 20 tahun jadi tercoreng, tapi Mou mengaku mati rasa saat melihat raut wajah anak asuhnya setelah diculasi oleh Taylor.

"Kami sangat lelah secara fisik, sangat lelah secara mental, (serasa) mati karena kami pikir ini kekalahan yang tidak adil, dengan banyak insiden yang bisa diperdebatkan."

Baca Juga

1. Dosa-dosa Anthony Taylor

Jose Mourinho melakukan konfrontasi pada wasit Anthony Taylor di arena parkir, setelah AS Roma kalah dari Sevilla di final Liga Europa. (Foto: REUTERS/Alberto Lingria)

Ada fakta mencengangkan yang terjadi di final Liga Europa, antara Sevilla vs Roma. Wasit Anthony Taylor asal Inggris berani mengeluarkan total 13 kartu kuning.

Sevilla mengantongi 6 kartu kuning, dan AS Roma mencetak rekor saat diganjar 7 kartu kuning. Ini adalah jumlah kartu terbanyak dalam pertandingan Liga Europa.

Pelatih AS Roma, Jose Mourinho mengaku Anthony Taylor lebih condong ke Sevilla, bahkan menuding jika wasit Inggris itu sebenarnya berkebangsaan Spanyol.

"Final Liga Eropa kali ini adalah laga yang intens, maskulin, dan bersemangat, dengan wasit yang tampak seperti orang Spanyol (memihak Sevilla)," ucap Mourinho sinis.

Salah satu keputusan kontroversial dari Anthony Taylor adalah ogah memberikan kartu merah kedua bagi gelandang Sevilla, Erik Lamela.

Baca Juga

"Lamela seharusnya mendapat kartu kuning kedua, tapi dia (Taylor) tidak melakukannya, dan dia mengonversi penalti untuk menjadi penentuan gelar juara," cecar Mourinho.

Dilansir dari Daily Mail, Jose Mourinho bahkan coba melakukan konfrontasi pada wasit Anthony Taylor saat sama-sama ada di tempat parkir di Puskas Arena, Budapest.

Baca Juga

Sang pelatih berjuluk The Special One itu juga melontarkan kata-kata kasar pada sang wasit asal Inggris, sehingga banyak yang menganggap Mourinho 'kena mental' usai final Liga Europa Sevilla vs Roma.

Baca Juga
Jose MourinhoLiga EuropaSevillaAS RomaWasitAnthony TaylorBerita Liga Europa

Berita Terkini