x

Terus Berbenah di Bursa Transfer Liga 1, Madura United Eks Pelatih Kiper Persipura

Jumat, 2 Juni 2023 13:05 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Indra Citra Sena
Pelatih kiper Madura United asal Brasil, Gerson Rodrigues Rios. (Foto: MO Madura United)

INDOSPORT.COM - Komposisi staf kepelatihan Madura United akhirnya lengkap seiring penunjukan Gerson Rodrigues Rios. Dia mengisi pos pelatih kiper untuk Liga 1 Indonesia 2023-2024.

Posisi ini sebelumnya lowong menyusul mundurnya Valdir Bardi yang tadinya sudah diplot sebagai pelatih kiper dalam staf kepelatihan Madura United.

Valdir yang didatangkan Laskar Sape Kerrab di era kepelatihan Fabio Araujo Lefundes awal musim 2022/2023, mengundurkan diri pada Senin (22/5/23).

Posisi pelatih kiper lantas diisi oleh Remedy Gallan Putra. Sports terapis Madura United itu melatih Satria Tama dkk. selama pencarian sosok baru.

Kini, klub kebanggaan masyarakat Pulau Garam semakin mantap menggelar persiapan menyambut Liga 1 2023-2024. Gerson Rodrigues Rios ditunjuk menggantikan koleganya sesama Brasil, Valdir Bardi, di posisi pelatih kiper.

Baca Juga

"Tentu, saya senang bisa kembali ke Indonesia," ucap Gerson Rodrigues saat menjalani sesi latihan perdananya Madura United Training Ground Pamekasan, Kamis (1/6/23).

"Terima kasih telah diberikan kesempatan untuk menjadi bagian dari keluarga besar Madura United. Salah satu klub hebat di Indonesia," sambungnya.

Baca Juga

Dengan demikian, staf kepelatihan Madura United yang dipimpin Mauricio Souza telah komplet. Rakhmat Basuki menjadi satu-satunya wajah lokal di tengah kepungan asisten pelatih asal Brasil.

Mereka adalah Claudio Luzardi (penerjemah), Joao Pedro Rayol (pelatih fisik), Italo Resende (video analis), Adriel Santos (fisioterapis), dan Gerson Rodrigues Rios (pelatih kiper).

Baca Juga

1. Pernah di Persipura

Pelatih kiper Madura United asal Brasil, Gerson Rodrigues Rios. (Foto: MO Madura United)

Gerson Rodrigues Rios sejatinya bukan pelatih kiper pendatang baru di kompetisi Indonesia. Pasalnya, dia pernah menangani Persipura Jayapura.

Gerson didatangkan Jacksen F. Tiago selaku pelatih Persipura kala itu untuk melengkapi staf kepelatihan tim di Liga 1 2020. Debutnya justru terhalang pandemi covid-19 lantaran kompetisi distop permanen selepas pekan ke-3.

"Kesempatan ini memang saya tunggu selama karier saya. Akhirnya saya mengambil peluang untuk kembali ke Indonesia," ungkap Gerson Rodrigues.

Ada faktor penting di balik keputusan menerima tawaran Madura United, yakni karena Gerson sudah pernah merasakan bagaimana kultur sepak bola Indonesia. 

Baca Juga

"Kenapa saya memilih kembali ke Indonesia? Karena sifat masyarakat disini sangat ramah dan menerima siapa pun yang datang," tambahnya.

Gerson Rodrigues juga mengaku bahwa relasinya bersama pelatih tim saat ini, Mauricio Souza, sudah terbangun dengan baik dalam beberapa tahun terakhir di Brasil.

"Saya pernah bersama Mauricio ketika dia menangani Vasco Da Gama. Sehingga saya antusias ketika mendapat kesempatan bersama dia lagi," beber dia.

Baca Juga

Sebelum berlabuh di Madura United, Mauricio Souza tercatat pernah melatih Vasco Da Gama yang kala itu berkompetisi di Serie B Brasil.

Pelatih berusia 49 tahun itu lantas berandil mengantarkan Vasco Da Gama kembali promosi ke Serie A. Mereka finis di 4 besar klasemen pada akhir musim 2022.

Bursa TransferBrasilPersipura JayapuraMadura United FCBola IndonesiaOne Football

Berita Terkini